Alternatif Rujak Belut Enak Selain di Cigedog Brebes.

Kuliner Rujak Welut (baca: Belut) memang sangat enak dan bisa dibilang salah satu menu makanan yang harganya merakyat.

Welut dalam bahasa jawa ngapak atau diluar ngapak, adalah salah satu ikan yang bentuknya panjang dan tanpa sirip.

Selain enak dimakan, Belut juga kaya gizi lho.

Gak percaya?

Berikut tabel data dari direktorat gizi Depkes

Zat Gizi Belut
Kalori (cal) 303
Protein (gr) 14
Lemak (gr) 27
Karbohidrat (g) 0
Fospor (mg) 200
Kalsium (mg) 20
Zat besi (mg) 20
Vitamin A (SI) 1600
Vitamin B (mg) 0,1
Vitamin C (mg) 2
Air (gr) 58

Ada kabar gembira juga nih bagi kamu yang ingin terhindar dari kanker payudara.

Dilansir dari manfaat.co.id, Belut ternyata mengandung zat arginin yang baik dikonsumsi bagi para penderita Kanker Payudara.

Selain baik dikonsumsi bagi penderita kanker payudara, Zat Arginin juga bagus dikonsumsi bagi jantung.

Apakah zat arginin?

Alternatif Rujak Welut Enak Selain di Cigedog Brebes
Gambar 1. Susunan Arginin. Foto wikipedia

Zat Arginin adalah zat sejenis asam amino yang bisa didapat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.

Soal makanan yang mengandung protein penghasil Agrinin ini, Alodokter menjelaskan sumber pangannya.

Diantaranya daging merah, daging ayam, ikan, produk olahan susu, kedelai, gandum utuh, dan kacang-kacangan.

Nah, Belut juga ikan, dan belut adalah salah satu ikan yang kaya kandungan Arginin.

Jadi, selain makan rujak belut itu enak, juga menyehatkan.

Pertanyaan: “trus, di sekitar brebes, mana aja sih yang ada rujak belutnya?

Rujak belut yang paling terkenal di Brebes adalah rujak belutnya Mbah Ribut di Cigedog.

Rujak Belut Mbah Ribut merupakan salah satu kuliner khas Brebes yang perlu kamu sambangi.

Lokasi Warung Makan Rujak Belut Mbah Ribut nggak begitu sulit dicari.

Pakai saja pencarian lokasi dengan kata kunci Rujak Belut Mbah Ribut di google map.

Pencarian akan langsung ditemukan.

Dan berikut adalah lokasi Rujak Belut Mbah Ribut Cigedog.

Gimana?

Gampang, kan?

tinggal klik “directions” aja kok repot.

Tapi, apakah kuliner rujak belut di Brebes cuma ada di Cigedog?

Ternyata nggak…!

Setidaknya ada 2 tempat yang pernah saya sambangi untuk santap makanan penuh gizi ini.

  1. Rujak Belut Mba. Dewi
  2. Rujak Belut Bu. Aminah
Alternatif Rujak Welut Enak Selain di Cigedog Brebes
Gambar 2. Rujak Belut Mba Dewi

Lokasi Rujak Belut Mba Dewi ada di antara jalan provinsi Ketanggungan – Slawi.

Tepatnya di Dukuh Rantam, Rengaspendawa, Kec. Larangan, Kab. Brebes.

Tempatnya sangat gampang di lihat.

Kalo kamu pas lagi mampir sholat di Masjid Jami Baitul Muttaqin Dukuh Rantam maka di sebelah utaranya.

Warung makan lesehan ini mulai buka sekitar jam 4 sore hingga malam.

Selain rujak belut, sebenarnya ada juga menu lainnya, yaitu ayam kremes.

Tapi, menurut (objektifitas) saya, menu yang paling enak adalah Rujak Belutnya.

Sambal nya sangat gurih bertabur bawang goreng yang menambah rasa dan aroma.

Aroma kacang begitu terasa dalam masakan Rujak Belut Mba. Dewi.

Tempatnya cukup rame pembeli, meskipun belum se-ramai Rujak Belut Mbah Ribut yang sudah duluan masyhur.

Nah, jika kamu kebetulan melewati jalan ini dan kebetulan lapar “menyergap”, berhenti aja sejenak dan makan di sini.

Berikut ini denah lokasinya berdasarkan google map

Nah, itulah salah satu Alternatif Rujak Belut Enak Selain di Cigedog Brebes yang sangat terkenal itu.

Pilihan berikutnya adalah di desa Sidamulya, Wanasari Brebes.

Di sini juga ada warung makan yang menyediakan menu Rujak Belut, lho…!

Tepatnya 2 ruko setelah Puskesmas Sidamulya, Wanasari, Brebes.

Berikut ini lokasi google maps-nya:

Tempat ini memang tidak berada di jalur jalan Provinsi seperti Warung Makan Rujak Belut Mba Dewi.

Tapi tempat ini punya halaman yang lumayan luas (Ya, nggak luas-luas amat sih).

Se-enggak-enggaknya, cukup buat markirin mobil MPV. Dan posisi mobilnya yang nggak terlalu mepet dengan badan jalan.

Beda dengan warung makan Rujak Belut Mba. Dewi yang bisa bikin hatimu harap-harap cemas tidak tersenggol.

Meskipun warung makan Rujak Belut Mba. Dewi terlihat terlalu mefet dengan badan jalan namun tetap ada solusi.

Parkirkan saja “kuda besi”-mu di halaman masjid Jami Baitul Muttaqin Dukuh Rantam yang area parkirnya sudah cukup luas.

Tempat makan rujak belut Sidamulya Wanasari Brebes punya ruang yang lebih luas.

Nggak cuma luas,

Di salah satu pojoknya sudah disediakan wastafel untuk cuci tangan sebelum dan atau sesudah makan.

Jadi, lebih higienis.

Alternatif Rujak Belut Enak Selain di Cigedog Brebes
Gambar 3. a. Hidangan Rujak Belut; b. Foto Depan Warung; c. Foto Dalam Warung

Nama pemilik warung makan ini namanya Bu. Aminah.

Warung makannya Bu. Aminah menyajikan menu Rujak Belut juga sesuai dengan topik posting kali ini.

Dimana kali ini saya sharing informasi tentang Alternatif Rujak Belut Enak Selain di Cigedog Brebes.

Pada Gambar 3.a. itulah penampakannya.

Sementara, untuk luas halaman depan warung, memang Warung Makan Rujak Belut Bu. Aminah lebih unggul.

Begitu juga dengan ruang makan di dalam warung, lebih luas.

Bahkan, sewaktu didatangi, tempat ini dikunjungi rombongan murid sekolah SD + guru-guru yang usai lomba.

Soal rasa, Warung Makan Rujak Belut Bu. Aminah cukup enak dan mengenyangkan :D.

Jadi, bagi klepusher yang ingin melampiaskan lapar dan berburu menu Rujak Belut, di sini bisa jadi sasaran.

Ya, Sasaran pemuas lapar maksudnya 😀 !

Selain berbalut sambal kacang yang warnanya didominasi oleh kecap, Rujak Belut Ibu. Aminah juga bertabur potongan tomat dan bawang.

Bukan bawang goreng seperti Rujak Belut Mba. Dewi.

Sensasi makan bawang merah mentah itu, Hmmmm, susah diungkapkan dengan kata-kata.

Kalau pas kebetulan lagi ada, di sini lalapannya bisa dapet daun kemangi.

Kalau nggak ada (kemangi), biasanya sih diganti sama kol putih.

Bicara soal harga, keduanya relatif terjangkau.

Baik di Bu. Aminah atau pun di Mba. Dewi, Harganya sama-sama ramah di saku.

Jadi, bagi kamu yang ingin icip-icip kuliner Rujak Belut, nggak perlu ragu.

2 warung makan rujak belut ini bisa jadi alternatif pilihan untuk makan siang atau makan malam.

Inilah salah satu makanan sehat karena kandungan gizi dalam ikan belut sangat bagus bagi tubuh.

Selain mengandung Arginin, ada 4 zat yang diperlukan tubuh yang dapat dipenuhi dengan makan belut.

  1. Fosfor
  2. Zat Besi
  3. Vitamin
  4. Kalori

Fosfor, sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Khususnya tulang. Fosfor dapat memperkuat dan memperkokoh tulang.

Zat Besi. Baik untuk pembentukan sel darah merah. Pencegah Anemia.

Vitamin. Diperlukan tubuh untuk mencegah pembekuan darah, perkembangan saraf, Hormon, tekanan darah pada otak dan sistem reproduksi tubuh. khususnya Vitamin A.

Kalori diperlukan tubuh untuk stamina, ya, stamina untuk aktifitas sehari-hari biar nggak loyo.

Itulah manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah makan belut.

Selain itu masih banyak lagi yah.

Dan, makanan olahan dari ikan belut ini nggak cuman Rujak Belut aja.

Berikut ini daftar olahan belut yang nggak kalah enak.

  1. Rendang Belut
  2. Sate Belut
  3. Sop Belut
  4. Spagheti Belut
  5. Belut Panggang
  6. Belut Lada Hitam
  7. Nugget Belut
  8. Pepes Belut
  9. Rica-rica Belut
  10. Kripik Belut
  11. Babak Belut ?>,;@# 😀 😛

Itulah 2 warung makan Alternatif Rujak Belut Enak Selain di Cigedog Brebes menurut versi Sparklepush.com.

Saya yakin masih ada tempat/warung lain yang menjajakan menu yang sama.

Dan jika kamu punya informasi warung makan yang menyajikan kuliner rujak belut, silahkan tambahkan informasi tersebut di kolom komen yah.


Sumber:
https://manfaat*co*id/5-manfaat-daging-belut
https://www.alodokter.com/arginine
https://www.brilio.net/kuliner/tak-melulu-dijadikan-keripik-10-olahan-belut-ini-tak-kalah-lezat–160518g.html

2 thoughts on “Alternatif Rujak Belut Enak Selain di Cigedog Brebes”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this:
Read more:
Tomat itu buah atau sayur?
Tomat Itu Buah atau Sayur? KBBI Menjawab…!

Tomat itu buah atau sayuran? Nah berikut Artikel yang membahas pertanyaan apakah tomat itu buah atau sayuran.

Aja Klalen, Mampir Di Kedai Soto dan Bakso Pak. Gimin Depan SMPN 3 Brebes.

Di Indonesia ada berbagai macam soto. Biasanya nama soto itu tidak jauh-jauh dari bahannya dan juga daerah asalnya. Yang paling...

Close