Makassar merupakan pusat bisnis dan hiburan di kawasan Indonesia Timur sehingga tak pernah sepi dari pengunjung. Bila Klepusher tengah berkunjung kesana, jangan lupa mencicipi kuliner lezat di Kota Makassar. Yuk simak deretan kuliner yang bisa memanjakan lidahmu.

-1. Coto Makassar-


Coto Makassar – umiresep.com

Berada di urutan pertama adalah coto Makassar. Meskipun telah dijajakan di hampir seluruh daerah, tetapimenyantapnya di daerah asal akanmemberikan sensasi berbeda. Kuah coto ini khas karena terbuat dari campuran 40 macam rempah serta kacang goreng yang dihaluskan untuk membuat kuah kental.

Biasanya,hidangan ini dimakan bersama ketupat atau buras. Daging yang digunakan yakni dagingsapi sertajeroan sapi. Beberapa tempat coto lezat yang bisa kamu kunjungi yakni terletak di Jalan Nusantara, Sultan Alauddin dan Gagak.

-2. Pallu Basa-


Pallu Basa – fakirliburan.files.wordpress.com

Kuliner lezat berikutnya dari Kota Daeng adalah pallu basa. Kuahnya menggunakan kelapa parut sangrai yang ditumbuk sehingga mengeluarkan aroma khas. Daging yang digunakan dalam kuah adalah jeroan sapi. Semangkok pallu basa biasanya dimakan bersama nasi. Sebagai pelengkap, kuahdihidangkan bersama kuning telur ayam kampung yang masih mentah. Tempat makan pallu basa yang biasanya direkomendasikan berada di Jalan Serigala dan Onta Lama.

-3. Pisang Ijo-


Pisang Ijo – i1.wp.com

Ketika menghadapi cuaca panas di Makassar, Klepusher pasti ingin makan sesuatu yang segar.Semangkuk pisang ijo sangat cocok untuk menyegarkan tenggorokan. Sajian ini terbuat dari pisang raja yang sudah dibalut tepung berwarna hijau. Kemudian ditambah bubur sumsum, sirup merah, vla santan, susu kental manis serta es serut. Tempat-tempat pisang ijo yang sering direkomendasikan yakni dari Rumah Makan Bravo, Rumah Makan Muda Mudi serta Kedai Pisang Ijo Amanda.

-4. Jalangkote-


Jalangkote – 2.bp.blogspot.com

Bagi kamu yang gemar menyantap camilan, kuliner lezat di Kota Makassarini jangan sampai dilewatkan. Jalangkote berbentuk seperti pastel, namun memiliki kulit yang lebih tebal. Isian yang umumnya digunakan merupakan perpaduan tumisan wortel, kentang, taoge, dan bihun.Beberapa penjual juga menambahkan daging cincang, irisan telur rebus, jamur serta sosis.

Biasanya kudapan ini dinikmati bersama sambal cair hasil campuran cuka dan cabai. Harganya relatif murah tergantung besar serta isi yang ditawarkan. Selain dijual di toko kue, kamu juga bisa menemukan penjual jajanan ini di tepi jalan menjelang sore hari.

-5. Pisang Epe-


Pisang Epe – bello.id

Bila berkunjung ke Makassar, jangan lupa menyusuri ikon kota yakni pantai Losari. Sambil menikmati keindahan laut, sahabat Klepusher bisa sekaligus menikmati kuliner lokal, yaitupisang epe yang menggoyang lidah.

Proses pembuatannya yakni pisang dibakar di atas arang kemudian dijepit menjadi gepeng atau di-epe (bahasa lokal). Selanjutnya, pisang dilumuri cairan gula merah. Bila ingin menikmati rasa berbeda, kamu dapat memilih pisang yang ditaburi kacang, keju, meses bahkan durian. Jenis pisang yang biasanya digunakan adalah pisang raja atau kepok yang belum terlalu masak.

-6. Sop Konro-


Sop Konro – 3.bp.blogspot.com

Konro merupakan sop tradisional asal Makassar yang kaldunya terbuat dari iga atau daging sapi kemudian dicampur rempah. Kuahnya berwarna gelap karenadiberi tambahansari buah kluwak. Biasanya konro disajikan bersama iga bakar berpadu dengan bumbu kacang.

Salah satu warung populer bernama Sop Konro Karebosi milik Haji Hanafi. Terletakdi Jalan Gunung Lompobattang, tidak jauh dari Lapangan Karebosi.Untuk mencicipi satu porsi lengkap, kamu harus merogoh kocek sebanyak Rp80 ribu, belum termasuk minuman.

Enam kuliner lezat di Kota Makassar ini membuktikan bahwa menikmati yang unik tak perlu melancong ke luar negeri. Kekayaan rempah Indonesia telah memberi cita rasa khas yang bahkan digemari oleh wisatawan asing. Klepusher tentu berkewajiban merawat warisan budaya ini. Promosikan juga kuliner lokal ini agar dunia melihat kinclongnya Indonesia.


Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/

https://beritagar.id

https://travel.detik.com/

https://makassar.merdeka.com

https://travel.detik.com


%d bloggers like this:
Read more:
maribaya resort bandung
Maribaya Resort Bandung: Curug yang Kini Makin Indah Dan Lengkap Sebagai Destinasi Wisata

Maribaya Resort Bandung: Curug yang Kini Makin Indah Dan Lengkap Sebagai Destinasi Wisata - Sejak direnovasi menjadi lebih baik, Curug Maribaya...

Das Park Pipe Hotel Unik Yang Patut Anda Kunjungi

Hotel merupakan sebuah bangunan yang memiliki banyak ruangan dan tiap ruangan itu disewakan untuk orang-orang yang sedang dalam melakukan perjalanan...

Close