Keindahan Tanaman Hias Philodendron Yang Menghijaukan Halaman – Tanaman Philodendron merupakan salah satu tanaman hias yang unik.

Keunikan yang dimiliki Tanaman Hias Philodendron adalah bentuk daunya yang tidak seperti tanaman hias lainnya.

Lebar daunnya mengikuti tulang-tulang daunnya sehingga membentuk seperti jari jemari.

Ada banyak tanaman yang memiliki daun jari seperti ini.

Ya, kalau contoh yang paling gampang sih daun singkong 😁.

Tapi antara daun singkong dan daun Philodendron sangat jauh berbeda kan 🤔.

Selain keindahan tanaman hias Philodendron yang menghijaukan halaman, ada juga nih manfaat lainnya.

Daun Philodendron itu banyak dipakai untuk pajangan.

Jika kamu seorang pemula yang lagi belajar dekorasi, daun ini sangat bagus untuk membuat berbagai pajangan atau hiasan.

Acara-acara seperti pernikahan, exhibition dan ceremonial yang lainnya dapat memanfaatkan daun Philodendron sebagai bahan dekorasi.

Daunnya yang mekar sangat cocok untuk dirangkai dengan berbagai bunga lain yang match untuknya.

Tinggal ide-ide segar lain yang perlu kamu tambahkan sebagai pemanisnya.

Buat pajangan aja sangat bagus, apalagi kalo ditanem depan rumah.

Pasti bikin rumah kamu jadi lebih fresh dan natural.

Menambahkan berbagai tanaman hias di rumah memang bukan hanya menambah supply oksigen di rumah.

Tapi,

Dapat memperindah rumah dengan menghadirkan nuansa alam berkat hadirnya tanaman hias Philodendron.

Tanaman Hias Philodendron termasuk tanaman hias yang menurut saya baik ditempatkan di dalam atau di luar ruangan.

Mengenai kebutuhan intensitas cahaya, tanaman hias philodendron ini sebaiknya diletakkan pada tempat yang terang.

Meskipun diletakkan ditempat yang terang, bukan berarti di bawah sinar matahari langsung yah 🌞.

Sebaiknya diletakkan di tempat yang terang tapi nggak kena sinar matahari langsung.

Jadi, Philodendron lebih disarankan diletakkan di luar/dalam ruangan yang terang namun sedikit paparan matahari langsung.

Dibawah jendela (luar/dalam), dekat pintu, pojok teras rumah, di bawah pohon rindang adalah beberapa pilihan menempatkan Philodendron.

Peletakan tanaman hias Philodendron yang tepat, bukan cuma memperindah taman/halaman/ruangan tapi juga menjaga kualitasnya.

Saya yakin, kamu yang punya hobi tanaman hias sepakat dengan quote di atas.

Keindahan dan kemewahan itu ada harganya.

Pastilah ya…!

Nah, bagi kamu yang masih nyoba-nyoba hobi baru, menurut hemat saya, cobalah yang harganya murah dulu.

Sebab, jika diawal-awal hobi ini kamu langsung beli yang mahal bakal keteteran.

Selain dapat menghemat keuangan, kamu tidak terlalu rugi jika masih dalam taraf belajar memulai hobi tanaman hias Philodendron.

Apa benar tanaman hias Philodendron Mahal?

Memang benar, ada jenis Tanaman hias Philodendron mahal. Tapi bukan berarti tidak ada Philodendron yang murah.

Salah satu jenis yang tidak mahal adalah Philodendron Selloum. Saya dapetin di salah satu penjual bunga di Pasar Pagi Tegal.

Berikut ini peta lokasi berdasarkan google map dan juga dokumentasinya.

Gambar 1. Penjual Tanaman Hias di Pasar Pagi, Tegal. Dokumentasi Sparklepush.com

Jika dibandingkan tanaman hias gantung yang pernah saya beli di toko tanaman hias Gumayun, Slawi, iya!

Tapi jenis ini (Philodedron Selloum) bukan Philodendron mahal.

Sebenarnya, mahal atau murah itu relatif ya.

Terlepas dari Philodendron Mahal atau Murah, tetep ada jenis Philodendron yang cukup terjangkau, kok.

Dan salah satunya adalah Philodendron Selloum ini.

Didalam mukodimah artikel ini disebutkan bahwa manfaat tanaman philodendron adalah untuk memperindah halaman.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada juga lho manfaat tanaman philodendron bagi kesehatan.

Menurut Didik Setiawan Lie dan Drs. Agus Andoko dalam Menanam & Merawat Philodendron, 2007, menjelaskan hasil penelitian NASA.

NASA (National Aeronautics Space Administration) telah meneliti tanaman yang terbukti memiliki kemampuan menyerap racun dan atau polutan.

Dalam penelitian tersebut dimasukkan pula 50 jenis tanaman hias, termasuk Philodendron.

Hasilnya, NASA menyebutkan bahwa tanaman jenis Philodendron Red Emerald (Philo Daun Merah) yang paling kuat menyerap racun di udara.

Keindahan Tanaman Hias Philodendron Yang Menghijaukan Halaman
Gambar 2. Penampakan Red Emerald (Philo Daun Merah). Foto planten-kopen.com

“Sekali tepuk dua lalat”, Selain indah dan bikin asri, tanaman hias Philodendron juga jadi pembersih udara terbaik.

Kemampuan menyerap atau menetralisir racun pada tanaman adalah suatu kemampuan yang tidak dimiliki mesin pembersih udara.

Bahkan penyaring udara tercanggih saat ini pun belum bisa menandingi kemampuan tanaman.

Karena, mesin penyaring udara tidak bisa melakukan foto sintetis seperti yang dilakukan oleh para tanaman hias ini.

Manfaat tanaman Philodendron jika ditaruh di dalam ruangan maka akan menetralisir gas-gas beracun untuk proses metabolisme selnya.

Kemampuan mengubah gas-gas beracun tersebut untuk proses metabolisme sel pada tanaman hias Philodendron.

Manfaat Tanaman Philodendron yang seperti ini sebenarnya bukan satu-satunya yah.

Maksudnya, ada tanaman lain yang memiliki kemampuan jauh lebih baik meskipun mereka bukan tanaman hias dari keluarga Philo.

Nah, di awal artikel ini sedikit dijelaskan tentang ciri-ciri tanaman Philodendron.

Sekarang, mari kita cermati ciri-ciri tanaman Philodendron secara lengkap supaya pemula seperti saya dan Klepusher kenal lebih dekat.


Ciri-ciri Tanaman Philodendron bagian akarnya

Tanaman ini sama seperti sirih gading yang pernah saya sebutkan di artikel “Mengenal Tanaman Hias Gantung

Yaitu terdapat 2 akar pada bagian anatomi. Ciri-ciri tanaman Philodendron dari akarnya yang tertanam dalam tanah dan yang diluar tanah.

Ciri-ciri tanaman Philodendron dari akar luarnya yaitu akar luar ini ada pada setiap ruas batangnya.

Akar luar yang sama ada juga di tanaman hias Sirih Gading. Akar ini untuk menyerap unsur hara dari udara.

Selain akar luar yang tidak tertancap di dalam tanah, ada juga akar dalam (yang menancap di dalam tanah).

Philo adalah tanaman monocotil yang berakar serabut. Akar digunakan untuk mencari nutrisi dalam tanah, juga untuk menopang batang.

Jadi, ciri-ciri tumbuhan Philodendron memiliki bagian akar yang tertanam di dalam tanah dan muncul di setiap ruas batang.

Pada beberapa jenis, akar luar yang menjuntai terkadang berfungsi untuk mencengkram inang.

Philodendron memang ada yang hidupnya seperti tanaman epifit (menempel pada inang tapi bukan benalu)

Contoh tanaman hias philodendron yang hidup secara epifit adalah Philodendron Red Emerald. Lihat Gambar 2.

Ciri-ciri Philodendron dilihat dari bentuk batangnya.

Batang tanaman hias philodendron beruas-ruas dan setiap ruas batangnya terdapat 1 batang daun.

Pada tanaman hias Philodendron jenis Selloum, ruas-ruas batang yang sudah tinggi sangat terlihat. Bahkan jenis Red Emerald justru ruas-ruas batang lebih panjang.

Selain batangnya jadi tempat nempelnya tangkai daun, tiap-tiap ruas batang juga tumbuh akar (baca akar udara) yang fungsinya sudah dijelaskan.

Mata tunas juga bisa muncul di tiap-tiap ruas batang tanaman philo ini.

Jadi, pada batangnya ada 3 hal yang dapat diketahui dari ciri-ciri tanaman Philodendron yaitu:

  1. tempat nempelnya tangkai daun
  2. tumbuhnya akar udara
  3. tempat mata tunas.

Ciri-ciri tumbuhan Philodendron dari daunnya.

Keindahan tanaman hias philodendron lebih pada bentuk dan warna daunnya.

Semakin indah bentuk dan warnanya biasanya akan membuatnya menjadi tanaman hias kelas atas yaitu pada kelas philodendron mahal.

Oleh karena itu, sebagai pemula, kita harus tahu pula ciri-ciri tumbuhan philodendron dari segi akar, batang dan daunnya pula.

Hal ini perlu kita ketahui agar bisa membedakan antara philodendron dengan tanaman hias lainnya.

Terkadang, pemula “terjebak” dengan bentuk philodendron yang sekilas nampak seperti tanaman talas, padahal keduanya adalah jenis yang berbeda.

Ciri-Ciri Tanaman Philodendron
Gambar 3. Perbedaan Philodendron vs Anthurium Vs Talas

Bentuk daun pada Gambar 3 di atas menunjukkan jenis Philodendron Melanodii, Philodendron Marble, Anthurium dan Talas Varigata.

Kempat-empatnya punya daun yang hampir mirip dengan satu sama lain.

Bagi pemula seperti saya pun bisa “terlena” dengan bentuknya dan “gelap mata” sampe menganggap semua sama (satu jenis tanaman).

Padahal, TIDAK…!

Bagai mana ciri-ciri tanaman Philodendron dari bunganya?

Bunga tanaman hias Philodendron nggak seindah mawar, bougainvillea atau tanaman hias bunga lainnya.

Bunga pada tanaman hias Philodendron katanya sih lebih mirip sama saudara terdekatnya yaitu Aglaonema.

Nah, dilema kemiripan ini bisa terjawab dengan gambar berikut:

Bunga Tanaman Hias Philodendron
Gambar 4. Bagian-bagian Bunga Philodendron dengan Anthurium. Pic source exoticrainforest.com

Udah jelas kan perbedaan antara bunga pada tanaman hias Anthurium dengan bunga pada tanaman hias Philodendron?

Persamaan:

Sama-sama terdiri dari dua bagian yaitu Spadix (Bhs. Indonesia: Tongkol) dan Spathe (Bhs. Indonesia: Seludang)

Sama-sama tanaman berumah satu. Maksudnya kelamin jantan (serbuksari) dan betina (putik) dalam satu bunga.

Perbedaan:

Pada Bunga Philodendron, kelamin jantan ada pada bagian atas spadix sedangkan kelamin betina berada dibawahnya.

Berbeda dengan saudaranya (Aglaonema), Kelamin jantan dan betina berdampingan satu sama lain.


Kesimpulan:

Tanaman hias Philodendron adalah tanaman hias yang dapat menambah keindahan taman atau halaman rumah.

Selain itu, dibalik keindahannya terdapat manfaat yang bagus dalam meningkatkan kualitas udara suatu lingkungan.

Semoga bermanfaat dan salam gardening…

%d bloggers like this:
Read more:
Antara Lada Perdu dan Tanaman Hias Gantung Noname

Antara Lada Perdu dan Tanaman Hias Gantung Noname! Pencarian nama tanaman hias gantung Noname yang pernah saya bahas sebelumnya masih...

Daftar Tempat Wisata Di Jogja Terbaru

Mencari Tempat Wisata di Jogja sangatlah mudah. Ini karena di Jogja memiliki tempat wisata yang sangat banyak jadi jika kamu...

Close