Aceh memang memiliki berbagai macam tempat wisata. Ragam tempat wisata yang dimiliki oleh Aceh ini seyognya bisa menjadi sumber pemasukan asli daerah Aceh dari sektor pariwisata. Tempat wisata yang bertema edukasi seperti tempat wisata sejarah pun ada, sparklepush.com pernah membahas ini sebelumnya di “10 Tempat Wisata Di Aceh Paling Banyak Dikunjungi http://sparklepush.com/2016/09/18/10-tempat-wisata-di-aceh-paling-banyak-dikunjungi/” yang sedikit mengulas tentang Museum Tsunami dimana anda dapat menikmati kilas balik kejadian bencana alam dahsyat di tahun 2004 silam yang menelan ribuan korban jiwa dan Aceh mengalami kerugian materi hingga milyaran rupiah.

Sebenarnya  Aceh memiliki tempat wisata yang sangat banyak. Rangkuman daftar tempat wisata Aceh kali ini pun sebenarnya melengkapi daftar tempat wisata aceh yang pernah termuat di “10 Tempat Wisata Di Aceh Paling Banyak Dikunjungi” dan “Informasi Wisata Dan Hotel di Banda Aceh“.

Nah, bila anda sedang ada rencana liburan, nggak ada salahnya pula kan mengunjungi tempat wisata Aceh. Selain dapat menambah wawasan nusantara secara langsung, anda juga turut mendukung pariwisata Indonesia. Jika anda sedang ada keperluan bisnis baik meeting dengan client atau ada rapat besar dan kebetulan di Aceh, sempatkan berkunjung ke daftar tempat wisata Aceh berikut ini.

Pantai Iboih

Tak dipungkiri jika Aceh dianugerahi dengan tempat-tempat wisata pantai yang indah dan cantik. Pantai Iboih adalah salah satu dari daftar tempat wisata Aceh dengan alam pantai tercantik di sini. Pantai dengan pasir putih dan laut yang begitu jernih berwarna hijau toska atau biru cerah, ditambah dengan suasananya yang tenang akan menyempurnakan liburan anda.

Pantai Iboih menawarkan keindahan tempat wisata bawah laut Aceh yang dapat anda nikmati tanpa harus berenang sekalipun. Di sini anda bisa snorkeling dan diving. Saat anda snorkeling, siap-siap anda akan terkesima dengan airnya yang bening. Jika anda belum puas bermain di dalam air, anda masih bisa menghabiskan waktu berpiknik di tepian pantai, di bawah nyiur yang begitu menyejukkan atau berjemur di bawah cahaya mentari.

Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar adalah salah satu dari daftar wisata Aceh yang merupakan sebuah danau dan kawasan yang berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di sebelah barat danau ini terdapat kota Takengon yang merupakan ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Suku yang mendiami daerah tersebut adalah Suku Gayo. Menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar, panjang 17 km, dan lebar 3.219 km. Disebut Danau Laut Tawar karena wilayah perairan danau ini sangat luas, dan air yang ada di danau ini juga merupakan air tawar.

Rumah Cut Nyak Dien

Di Aceh banyak sekali pahlawan yang berjasa dalam melawan penjajah kolonial belanda. Salah satu pahlawan yang berjasa dalam melawan penjajah adalah Cut Nyak Dien. Dahulu baik kaum pria maupun wanita berlomba-lomba untuk bisa mengusir penjajah dari daerahnya masing-masing. Sayangnya karena masih bersifat individualis dan kedaerahan, perlawanan terhadap penjajah belum membuahkan hasil.

Tempat wisata ini akan menjadi salah satu daftar tempat wisata Aceh yang mengingatkan wisatawan terhadap perjuangan para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Nilai positif yang bisa diambil jika berkunjung di tempat wisata sejarah ini adalah memupuk rasa nasionalisme terhadap tanah air Indonesia.

Tempat wisata Rumah Cut Nyak Dien termasuk dalam tempat wisata bersejarah. Hal itu dikarenakan di rumah tersebutlah Cut Nyak Dien bersembunyi dari tentara penjajah Belanda. Sayangnya rumah tersebut hanya replika karena rumah aslinya telah terbakar di tahun 1896. Ada bagian yang masih asli diantaranya adalah sumur tinggi dimana bibir sumur itu bisa sampai ke lantai dua Rumah Cut Nyak Dien. Meski hanya replika anda akan tetap menemukan nilai positif saat berada di tempat wisata sejarah ini.

Gunung Selawah Agam di Aceh Besar

Gunung Seulawah Agam terletak di Kabupaten Aceh Besar. Seulawah Agam memiliki keaneka ragaman Flora dan Fauna yang sangat tingi. Sebut saja Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatraensis), Kedih (Presbytis Thomasi), Burung Rangkong (Buceros Rhinocerous), dan Jamur (Fungi) berbagai species serta satwa-satwa lainnya. Menurut kabar, nantinya Seulawah Agam dan kembarannya Seulawah Inong akan dijadikan sebagai kawasan konservasi. Itu penting (kawasan konservasi), mungkin saja mengingat ilegal logging kian marak saja di sana.

Gunung Borni Telong ( Bener Meriah )

Gunung Burni Telong adalah gunung yang terletak di Kabupaten Bener Meriah dan telah menjadi ciri khas dari Kabupaten Tersebut. Gunung Burni Telong adalah gunung berapi Aktif dan pernah meletus pada Tanggal 7 Desember 1924 menyebabkan kerusakan hebat lingkungan sekitarnya termasuk lahan pertanian dan perkampungan. Burni Telong yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan gunung yang terbakar, berada di ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut. Gunung ini hanya berjarak lima kilometer dari Redeolong, ibu kota Kabupaten Bener Meriah dan Bandar Udara Rembele (RBL). Untuk mencapai gunung yang sering disebut Burni Cempege (gunung yang penuh belerang–red), ada beberapa jalur. Salah satunya, melalui Jalur Edelwais. Dinamakan Edelwais karena di sepanjang jalur itu ditumbuhi bunga Edelwais yang oleh masyarakat Gayo dipercayai sebagai bunga abadi. Jalur ini diawali dengan jalan aspal mulai dari simpang jalan utama Takengon-Bireun sampai ke lereng Burni Telong tepatnya di desa Bandar Lampahan Kecamatan Timang Gajah yang berjarak 3 km. Bila mau melakukan Pendakian sebaiknya berkonsultasi dulu dengan pemuda-pemuda setempat atau mengajak satu dua orang dari mereka turut serta, kecuali anda sudah mengenal betul medan dan jalur pendakian Gunung Burni Telong. Kondisi lapangan untuk mencapai ke ketinggian puncak memang agak terjal. Tapi, jalur dari Bandar Lampahan menuju lereng gunung merupakan pilihan favorit para pecinta alam atau pendaki gunung. Setelah melewati medan terjal, kita menemukan sebuah gua, yang sering digunakan pendaki sebagai tempat menginap bila ingin bermalam untuk beberapa hari. Di ketingian Burni Telong, hamparan pohon pinus memanjakan mata Anda Inilah satu-satunya gunung berapi aktif di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah dan Bener Meriah.

%d bloggers like this:
Read more:
Belajar Saling Menghormati dari Tradisi Buka Luwur di Kudus

Belajar Saling Menghormati dari Tradisi Buka Luwur di Kudus - Tradisi buka luwur merupakan acara rutin yang digelar setiap tanggal...

Tanaman Hias Gantung Indah dan Murah

Tanaman Hias Gantung Indah dan Murah - Tanaman bukan hanya memiliki fungsi sebagai suplyer oksigen bagi kehidup manusia. Pemanfaatan tanaman...

Close