Cara Efektif Mencegah dan Mengobati Infeksi karena Jamur Candida di Miss V

Klepusher, pernahkah merasa gatal tak tertahankan pada miss V? Rasa gatal yang  sangat mengganggu dan semakin menjadi ketika digaruk atau dibersihkan?

Bila kamu sedang mengalaminya saat ini, bisa jadi itu adalah gejala infeksi jamur. Penyebabnyaialah berlebihnya pertumbuhan jamur candida di area organ kewanitaanmu.

Penyebab Infeksi Jamur Candida di Miss V

Sebuah penelitian dilakukan tahun 2017 oleh Vita Nur Fatimah, dkk., dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika, Jombang. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa pada urine wanita lansia positif mengandung jamur candida albicans.

Mereka mengalami infeksi jamur candida yang sudah menyebar ke seluruh bagian organ intim. Ini diakibatkan kurang terjaganya kebersihan organ intim.Pada lansia sering terjadi buang air kecil yang tidak disadari atau tidak terkontrol.

Sebenarnya masalah infeksi jamur candida pada organ intim bisa menyerang wanita di usia berapapun, tidak hanya pada lansia.

Misalnya karena penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat. Bisa juga disebabkan terlalu lama mengenakan baju renang basah, atau membiarkan area Miss V dalam keadaan lembap setelah buang air.

Infeksi jamur bisa terjadi sebagai efek samping dari antibiotik yang dikonsumsi. Jika Klepusher memang tengah menjalani pengobatan yang mengharuskan mengonsumsi antibiotik.

Kandungan pada antibiotik mengganggu pH alami di area organ kewanitaan. Hal tersebut membuat pertumbuhan jamur candida meningkat sehingga mengakibatkan infeksi jamur candida di Miss V.

Wanita hamil dan ibu menyusui juga rentan terserang infeksi jamur candida. Penyebabnya adalah kadar estrogen yang relatif lebih tinggi,membuat Miss V menghasilkan glikogen lebih banyak  sehingga jamur tumbuh subur.

Penggunaan alat kontrasepsi juga berpotensi meningkatkan risiko terkena infeksi jamur candida di Miss V. Tambahan hormon estrogen dan progesteron yang berasal dari alat kontrasepsi bisa lebih menyuburkan populasi jamur di Miss V. Oleh karenanya sebelumnya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk mengetahui kontrasepsi hormonal yang cocok.

Bagi Klepusher yang memiliki riwayat diabetes harus lebih berhati-hati. Kadar gula darah yang melonjak naik dapat menyebabkan pertumbuhan jamur yang berlebih pada Miss V, yang kemudian menimbulkan infeksi jamur.

Cara Efektif Mencegah Infeksi karena Jamur Candida

Setelah mengetahui sebab-sebab terjadinya infeksi jamur candida di Miss V, relatif lebih mudah untuk melakukan pencegahan.

Memelihara kebersihan Miss V menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan. Usahakan area organ intim selalu dalam keadaan bersih dan tidak lembap.

Menjaga kebersihan Miss V bukan berarti harus mencucinya dengan sabun ya, Klepusher. Sebenarnya organ intim memiliki mekanismenya sendiri untuk membersihkan diri. Mencuci dengan sabun hanya akan mengganggu keseimbangan pH Miss V.

Seperti dikutip dari KOMPAS.com, Melissa Goist, MD, seorang ahli kebidanan. Beliau menyebutkan bahwa organ intim wanita laksana oven yang membersihkan diri sendiri. Oleh karena itu tidak dibutuhkan cairan pembersih untuk membersihkannya.

Produk pembersih justru dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada organ kewanitaan. Alih-alih membantu mencegah infeksi, malah membuat lebih rentan terkena infeksi jamur.

Jika memang membutuhkan produk pembersih kewanitaan, pilihlah yang mengandung bahan aktif povidone iodine. Hindari produk yang berpewangi atau ada kandungan sabun di dalamnya.

Mengobati Infeksi karena Jamur Candida

Lalu jika sudah terlanjur terkena infeksi jamur bagaimana cara mengobatinya?

Langkah pertama ketika merasakan gejala infeksi yang disebabkan jamur candida adalah berkonsultasi ke dokter, agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Karena ada kemiripan antara gejala infeksi jamur dengan gejala penyakin kelamin lain. Dikhawatirkan organ intim kamu terancam penyakit yang membahayakan jika dibiarkan tanpa penanganan ahlinya.

Jika pernah mengalami infeksi ini sebelumnya dan enggan untuk pergi ke dokter lagi, pengobatan menggunakan bahan alami  bisa menjadi  pilihan.

Berikut beberapa bahan alami dan cara pemanfaatannya untuk mengobati infeksi yang disebabkan jamur candida :

  • Minyak esensial selain dapat mempertahankan keseimbangan bakteri pada organ kewanitaan, juga dapat dipakai untuk menyembuhkan infeksi jamur. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan minyak kelapa kemudian dioleskan ke dalam Miss V. Minyak esensial bisa didapatkan di apotek atau dibeli secara daring.
  • Penggunaan minyak kelapa murni untuk pengobatan infeksi jamur candida di miss V, terbukti efektif lewat penelitian Burhannudin, IW., dkk., 2017. Dari hasil penelitian diketahui bahwa minyak kelapa mampu menghambat pertumbuhan jamur candida albicans. Caranya cukup dengan merendam tampon bersih pada minyak kelapa murni sebelum dimasukkan ke dalam Miss V.

  • Cuka apel yang dicampur dengan air memiliki khasiat membunuh bakteri dan jamur berbahaya. Tuang ½ cangkir cuka apel ke dalam air hangat, lalu gunakan untuk mandi.
  • Konsumsi vitamin C setiap hari untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.
  • Tambahkan bawang putih dalam masakan untuk menjaga Miss V dari infeksi jamur candida.
  • Dari hellosehat.com, sebuah studi tahun 2012 menunjukkan bahwa campuran madu dan yogurt dapat mengobati 87,7% kasus infeksi.

Kandungan probiotik lactobacillus pada yogurt menghasilkan asam laktat yang mempertahankan keasaman di area Miss V. Selain itu, lactobacillus juga memproduksi hidrogen peroksida yang menghambat pertumbuhan jamur candida.

Yogurt yang dapat digunakan hanya yogurt murni tanpa perasa, pemanis, maupun pewarna, dan juga memiliki kandungan lemak yang rendah. Cara penggunaanya bisa sebagai krim oles atau langsung dikonsumsi satu gelas setiap hari.

Infeksi jamur merupakan hal umum yang dialami wanita. Karena jamur hidup di kulit dan sekitar area organ intim wanita. Memeriksakan ke dokter adalah hal yang harus dilakukan ketika merasakan gejala infeksi jamur di Miss V. Dengan berkonsultasi secara medis, Klepusher akan tahu pasti penyebab gejala tersebut.

%d bloggers like this:
Read more:
7 Villa Dengan Design Yang Sangat Memanjakan Mata Di Pulau Bali (PART 2)

Sparklepush – Setelah membahas habis satu dari 7 villa dengan design yang sangat memanjakan mata di Pulau Bali yaitu Villa...

Wisata Budaya dan Sejarah Candi Cangkuang Jawa Barat

Wisata Budaya dan Sejarah Candi Cangkuang Jawa Barat - Pesona peninggalan sejarah masih banyak dicari oleh para pelancong. Mereka masih sangat...

Close