Industri obat-obatan selalu berinovasi setiap waktu guna menjawab tuntutan dunia kesehatan yang semakin kompleks. Bahan-bahan baku berkualitas selalu dicari oleh perusahaan farmasi untuk memproduksi obat yang efektif. Negara tropis seperti Indonesia pun menjadi incaran karena memiliki bahan alami unik yang tidak ditemukan di tempat lain.

Untuk menambah wawasan, berikut bahan obat yang hanya ada di Indonesia yang perlu Klepusher tahu.

-1. Temulawak-

Temulawak – hellosehat.com

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman asli Indonesia. Orang luar negeri sering menyebutnya sebagai jahe asal Jawa. Temulawak memiliki umbi akar berwarna kuning gelap hingga cokelat muda. Baunya sangat khas dan telah lama digunakan sebagai obat tradisional.

Dari berbagai riset ilmiah, temulawak diketahui mengandung senyawa aktif kurkumin serta antioksidan yang tinggi. Kandungan ini terbukti dapat menurunkan lemak darah, mengurangi nyeri sendi, serta mengobati penyakit mag.

Tak hanya digunakan oleh industri jamu dan obat tradisional dalam negeri, temulawak juga dilirik dunia barat. Apalagi tren mengenai pengobatan herbal semakin diminati. Produsen obat asal Indonesia akhirnya mulai beramai-ramai membudidayakan temulawak.

-2. Buah Merah-

Buah Merah – goodnewsfromindonesia.id

Buah merah (Pandanus conoideus lamk) merupakan salah satu tanaman endemik Papua yang tumbuh di daerah ketinggian hingga 2.300 dpl, seperti dilembah Baliem, Arfak, dan pegunungan Bintang. Masyarakat lokal memang telah lama menggunakannya untuk mencegah penyakit mata, cacingan, serta menjaga stamina tubuh.

Kandungan dalam tanaman ini sangat kaya seperti karotenid dan tokoferol yang kandungannya mencapai 35 persen dari keseluruhan berat buah. Tak hanya itu, buah merah juga kaya akan mineral, diantaranya Fe, Mg, Ca, dan Zn. Khasiatnya dipercaya dapatmenyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan imunitas seperti HIV/AIDS serta berbagai jenis kanker. Tak hanya itu, masalah vitalitas pria juga dapat disembuhkan.

Karena merupakan bahan obat yang hanya ada di Indonesia, banyak industri di mancanegara yang mengincar buah merah. Agar langsung dikonsumsi, kamu dapat membeli ekstrak minyak buah merah atau kapsul yang banyak dipasarkan.

-3. Sarang Semut-

Sarang Semut – okchyao.com

Satu lagi tumbuhan asli Indonesia yang merupakan bahan obat yang banyak dicari yakni Sarang Semut (Myrmecodia pendans).MungkinKlepusher bertanya-tanya mengapa nama tanaman ini sangat unik. Disebut sarang semut karena tumbuhan iniberasosiasi dengan jenis semut tertentu sehingga menghasilkan banyak senyawa aktif berkhasiat. Tumbuhan ini dapat dijumpai di Papua dan Kalimantan.

Sebut saja, Alfa-tokoferol yang merupakan senyawa antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas. Kemudian kandungan flavonoid glikosida serta inhibitor histone deacetylase (HDAC) terbukti dapat menunda perkembagan sel kanker dan tumor.

Sejak dipublikasikan, bahan obat ini mendapat respons yang sangat bagus dari masyarakat lokal. Bahkan kini peminatnya semakin menyebar ke mancanegara. Selain menyeduh sendiri, kini kamu dapat membeli bentuk kapsul agar lebih praktis.

-4. Pala-

Pala – 4.bp.blogspot.com

Rempah asal Maluku ini sudah menjadi primadona sejak dulu. Sejak kedatangan bangsa Eropa, pala telah menyebar dan dibudidayakan di Pulau Jawa dan Sumatera. Selain bermanfaat sebagai bahan penyedap masakan, kandungan bahan aktif didalamnya juga membuat pala dicari sebagai bahan dasar obat-obatan alami.

Pala diklaim memiliki kandungan yang bisa menstimulasi kinerja otak sehingga cocok digunakan sebagai obat depresi. Selain itu, minyak atsiri yang dihasilkan pala juga mampu meredakan sakit sendi, nyeri otot, gangguan pencernaan, hingga menjaga kesehatan kulit.

Bagi penderita kanker, pala membawa harapan baru. Berdasarkan penelitian, senyawa metanol dalam pala dapat memicu kematian sel leukemia sehingga kemungkinan sembuh semakin besar.

Demikianlah empat bahan obat yang hanya ada di Indonesia. Ditengah majunya industri farmasi barat, bahan alami ini masih menjadi favorit karena tidak menimbulkan efek samping ketika dikonsumsi. Sebagai generasi penerus, kita bertanggungjawab untuk melestarikan tumbuhan istimewa ini demi kinclongnya Indonesia.

Referensi:

www.goodnewsfromindonesia.id

www.knepublishing.com

http://www.tribunnews.com

http://www.nanotechherbal.com

http://corporate.kimiafarmaapotek.co.id

http://nationalgeographic.co.id

Share yuk...!
Read more:
8 Tempat Wisata Alam di Aceh yang Wajib Masuk Daftar Kunjungan

Apakah anda sudah pernah ke Aceh Singkil?, iya, Aceh singkil merupakan kabupaten yang ada di provinsi Aceh. Daerah ini memiliki...

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Klepusher Dapatkan dari Budaya Gugon Tuhon Masyarakat Jawa

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Klepusher Dapatkan dari Budaya Gugon Tuhon Masyarakat Jawa - Budaya gugon tuhon berisi nasihat masyarakat...

Close