Berapakah saya harus minum air putih sehari

Berapakah Saya Harus Minum Air Putih Sehari?

Berapakah saya harus minum air putih sehari? – Memperbanyak minum air putih merupakan anjuran yang paling umum diucapkan oleh seorang dokter atau praktisi kesehatan.

Anjuran yang disebutkan oleh dokter ini pastinya tidak mungkin tanpa guna melainkan begitu utamanya tubuh ini memerlukannya.

Sering kali kita mempertanyakan, sebenarnya berapa jumlah air putih yang harus kita minum setiap harinya. Jumlah air putih yang kita minum tentunya bukan jumlah maksimal yang harus diminum. Namun jumlah konsumsi air minum dalam jumlah yang standar atau batas minimum asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh.

1. Berbagai sumber literatur yang ada di internet ataupun non-internet memberikan batasan yaitu secukupnya dan seperlunya. Hal ini senada dengan apa yang disarankan oleh International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) lebih menyarankan untuk mengkonsumsi air putih hanya disaat kita merasa haus saja. Bahkan lebih detail dijelaskan bahwa jumlah air di badan kita tidak lebih dari 0.003 liter per berat badan kita. Hal ini membuat kita berfikir jika berat badan kita hanya 50 kg maka sebenarnya tubuh kita memerlukan asupan air putih tidak lebih dari 1.5 liter per hari.

2. Pertanyaan “Berapakah saya harus minum air putih sehari?” jangan samapi menggiring mindset anda bahwa kebutuhan air bagi tubuh kita hanya dapat dipenuhi dengan meminum air putih secara langsung.

Anjuran untuk meminum air sebanyak 2 liter perhari memang benar adanya. Namun bukan berarti 2 liter air yang diperlukan tubuh kita ini hanya bersumber dari air minum saja. 2 liter air yang dimaksud adalah kumulatif, artinya, bisa didapat dari sumber yang lain seperti makanan dan buah-buahan.

3. Secara normal, tubuh kita memang membutuhkan 0.03 liter per kilogramnya atau jika dirata-rata 2 liter air perhari. Tapi perlu diingat, jika kita dalam keadaan normal, sehat, tidak berpenyakit.

Anjuran minum air putih sebanyak 2 liter per hari tentunya akan berbeda dengan mereka yang menderita suatu penyakit. Bisa jadi disarankan untuk menkonsumsi air putih sedikt dari narmal atau lebih dari normal.

Contohnya, penderita ginjal. Penderita ginjal mungkin akan dibatasi karena hal ini dapat mengganggu kinerja ginjal dan akan memberatkan kerja ginjal. Hal ini tentunya akan memperburuk keadaan dan tidak mendapatkan manfaat meminum air putih.

4. Meminum air putih sehari dalam jumlah 2 liter bukan berarti harus meminumnya sekaligus dalam waktu yang relatif bersamaan.

Meminum air putih sehari 2 liter hendaknya diminum secara bertahap. Anda bisa membaginya pada sebelum dan sesudah makan besar, pada saat istirahat dan pada saat sebelum atau setelah tidur. Kondisional dan situasional.

5. Meminum air putih 2 liter sehari bukan sebuah patokan atau tolok ukur yang rigid. Akan tetapi tetap harus melihat kondisi yang ada pada individu. Orang yang melakukan aktivitas ekstra mestinya akan banyak mengeluarkan cairan tubuh melalui keringat dan tentunya akan membutuhkan air lebih banyak dibanding mereka yang hanya duduk-duduk saja atau yang aktivitas fisiknya sedikit.

Nah. Itulah beberapa jawaban dari pertanyaan berapakah saya harus minum air putih sehari?

Merawat dan menjaga tubuh agar senantiasa berada dalam kondisi yang prima merupakan kewajiban bagi setiap individu. Sejatinya tubuh kita adalah sebuah titipan dari Tuhan yang harus kita jaga dan harus dirawat sebagai wujud dalam menjalankan amanah dan perwujudan dari syukur kita kepada sang pencipta.

Semoga artikel mengenai pertanyaan berapakah saya harus minum air putih sehari? ini bermanfaat.

Ilustrasi gambar: hemaviton.com