Cara Pengobatan Penyakit yang Hanya Ada di Indonesia – Ketika kamu sakit, alangkah baiknya memeriksakan diri ke dokter.Namun di Indonesia, berobat ke dokter bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan kesembuhan. Berikut beberapa cara pengobatan penyakit di Indonesia yang tergolong unik karena tidak ditemukan di negara lain.

-1. Kerokan-


Kerokan – cdn2.tstatic.net

Kerokan biasanya dilakukan untuk mengobati penyakit masuk angin. Istilah masuk angin sangat populer di kalangan orang Indonesia. Apalagi ketika mereka mengalami gejala seperti pegal-pegal, perut kembung atau mual dan flu.

Kerokan umumnya dilakukan pada area punggung dengan menggunakan media uang logam atau benda tumpul lainnya. Untuk mencegah terjadinya iritasi kulit, biasanya orang menggunakan pelicin seperti minyak telon, minyak zaitun, hingga losion.Kamu bahkan tidak memerlukan tenaga terlatih untuk melakukan kerokan.

Selain mengobati berbagai gejala masuk angin, teknik pengobatan kuno inikonon juga dapat meredakan migrain, sakit leher, serta pembengkakan payudara pada wanita menyusui. Memang secara medis, metode ini belum dianjurkan. Meskibegitu, tidaksedikitmasyarakat yang memilih kerokan sebagaialternatifselainpergikedokter.

-2. Pijat-


Pijat – cdns.klimg.com

Selain kerokan, Klepusher pasti akrab dengan pijat yang juga merupakancara pengobatan penyakit di Indonesia. Tradisi pijat bahkan telah ada kira-kira seribu tahun lalu. Bukti keberadaannya bahkan dapat kamu amati pada relief Candi Borobudur serta dalam tembang kesusastraan.

Adapun penyakit yang dapat disembuhkan dengan pijat adalah penyakit karena peredaran darah yang tidak lancar,seperti sakit kepala, asma, insomia, sakit punggung, bahkan masalah impotensi. Ketika seseorang dipijat, simpul pembuluh darah akan terbuka sehingga aliran darah menjadi lancar.

Karena menjadi metode pengobatan alternatif favorit, tempat yang menyediakan jasa pijat menjamur dimana-mana. Bilakamu mengalami gangguan kesehatan dan ingin berobat, sebaiknya pilih terapis yang profesional sehingga nantinya kondisi penyakittidak semakin parah.

-3. Gurah-



Gurah – 3.bp.blogspot.com

Cara pengobatan lainnya yang hanya ada di Indonesia adalah gurah. Pengobatan ini merupakan tradisi asal Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Gurah bertujuan mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan menggunakan berbagai ramuan herbal.Pada awalnya, herbal yang digunakan adalah daun Srigunggu (Clerodendron serratum). Kini,dedaunan lain yang berkhasiat juga digunakan.

Metode ini dilakukan dengan memasukkan ekstrak herbal kedalam organ yang akan dibersihkan. Misalnya dimasukkan melalui mulut atau hidung untuk membersihkan tenggorokan. Bagi wanita yang memiliki keputihan berlebih, kamu juga bisa melakukan gurah organ kewanitaan. Jenis pengobatan ini tidak menimbulkan efek samping, asalkan herbal yang digunakan tidak sembarangan.

-4. Konsumsi Jamu-


Konsumsi Jamu – pedava.com

Mungkin sebagian besar orang beranggapan mengonsumsi jamu hanya untuk merawat kecantikan. Padahal, jamu sudah sejak lama dipercaya untuk mengobati beragam penyakit.

Misalnya, jamu beras kencur yang merupakan campuran dari beras serta ekstrak kencur, jahe, dan asam dipercaya dapat menghilangkan pegal linu. Bila Klepusher menderita radang lambung, bisa mencoba jamu sinom. Jamu ini memiliki bahan utama berupa daun asam Jawa yang masih muda dan ditambah dengan ekstrak temulawak, kunyit, dan kayu manis.

Kamu dapat memperolehnya di penjual jamu gendongan yang biasanya berkeliling setiap pagi, atau membeli ramuan di pasar tradisional. Namun bila ingin yang lebih praktis, kamu bisa memilih jamu instan yang diproduksi olehberbagai perusahaan obat.

Demikianlah empat cara pengobatan penyakit di Indonesiayang tidak bisa kamu dijumpai bila berkunjung ke negara lain. Sudahsepatutnyakita melestarikan warisan berharga ini. Dengan masih bertahannya kearifan lokal ditengah majunya dunia medis, membuktikan kinclongnya Indonesia yang menghargai budaya sendiri.

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170224193603-277-196056/indonesia-negara-kaya-akan-pijat/

http://repository.unair.ac.id/32100/

http://health.liputan6.com/read/3104929/4-manfaat-hebat-kerokan-selain-usir-masuk-angin

https://health.detik.com/read/2011/01/05/160159/1539838/775/apa-itu-pengobatan-gurah

https://www.brilio.net/news/inilah-10-jenis-jamu-tradisional-dan-manfaatnya-kamu-harus-coba-1601075.html


Share yuk...!
Read more:
Inilah Bedanya Hotel, Resort, Villa dan Penginapan Lainnya

Inilah Bedanya Hotel, Resort, Villa dan Penginapan Lainnya - Kita sering dengar kata Hotel, Resort, Villa, Hostel hingga Apartemen. Namun...

Selain Pemesanan Hotel Diwaktu Genting, Apa Manfaat Lain Last Minute Hotel?

Hotel yang murah dan berkualitas adalah tempat menginap paling ideal bagi para traveler. Ya selain hemat, traveler juga tetap dapat...

Close