Cukupi Kebutuhan Fosfor dan Kalsium Dengan Tomat

By on December 7, 2016
tomat-bermanfaat

Buah tomat pastinya buah yang tidak asing bagi kita, terutama bagi kalangan para ibu yabg biasa memasak pasti sangat hafal dengan buah yang satu ini.

Dilihat dari ciri fisik. Buah tomat berbentuk bulat dan kulitnya mengkilap. Buah tomat ada yang berwarna hijau, ada pula yng berwarna merah. Buah tomat juga memiliki ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan jenis varietasnya. Namun yang paling banyak digunakan adalah buah tomat yang berwarna merah.

Tahu nggak sih kalau tonat itu bukan hanya untuk dijadikan bahan makanan saja?

Ya, ternyata buah yang banyak kandungan airnya ini dapat menjadi obat-obatan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia lho!

Nah, mau tahu apa saja manfaat buah tomat bagi kesehatan, simak yuk!

Tomat kaya akan kandungan fosfor,kalsium, zat besi, belerang, protein, vitamin A, C, dan B.

Bahayanya tubuh kamu jika kekurangan fosfor.

Fosfor merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh manusia. Jika kita kekurangan zat fosfor ini maka tubuh kita akan mengalami beberapa hal sebagai berikut.

Anorexia. Kondisi biasa juga disebut hilangnya nafsu makan.
Dampak yang paling terasa dari Anorexia adalah otot akan menjadi lemah dan tubuh menjadi mudah lelah. Jika ini terjadi, tentunya akan mengurangi produktifitas kamu.

Kerusakan tulang. Tahukah kamu bahwa tubuh kita memiliki 85% fosfor yang ada pada tulang dan gigi!? Jadi, bisa dibayangkan jika tubuh kita kekurangan fosfor, tentu tulang dan gigi kita akan menjadi lebih rentan.

Hipofosfatemia. Ini adalah sebuah kondisi dimana dalam darah kita konsentrasi fosfat yang ditemukan di dalam tubuh adalah kurang dari 2,5 mgr/dL darah. Akibat dari kondisi ini hampir mirip dengan Anorexia yaitu mengalami otot yang terasa lemas namun diiringi pula dengan tulang yang terasa nyeri.

Solusi untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada tubuh kita karena kekurangan fosfor adalah dengan mengkonsumsi tomat.

Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa tomat kaya akan kandungan fosfor didalamnya sehingga jika kita sering mengkonsumsi tomat maka beberapa masalah kekurangan fosfor bisa dicegah.

Ini akibatnya jika kamu kekurangan kalsium

Osteoporosis. Kondisi ini dikarenakan kekurangan kalsium yang dapat mengakibatkan tulang menjadi sangat lemah. Efeknya tulang mudah patah saat jatuh, postur tubuh juga menjadi terlihat semakin membungkuk terutama pada saat batuk kuat. Daerah yang paling sering terkena dampak osteoporosis adalah pergelangan tangan, tulang belakang dan panggul.

Kondisi ini terjadi akibat dari tulang tua yang terus menerus mengalami pelemahan namun tidak ada penggantian tulang muda yang mengakibatkan penderita Osteoporosis semakin rawan menderita patah tulang dan sakit tulang belakang.

Buah tomat bisa memberikan anda asupan kalsium yang cukup. Sehingga bagi anda yang mengalami Osteoporosis lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi buah tomat yang cukup untuk mencegah kekurangan kalsium dalam jumlah banyak.

Osteomalacia. Kondisi ini juga disebabkan oleh kekurangan kalsium dalam tubuh kita. Dimana pada kondisi ini tulang penderita Osteomalacia akan melunak. Nyeri sendi merupakan salah satu gejalanya.

Rakhitis. Kondisi ini disebebkan karena kekurangan kalsium pula. Dampaknya adalah kerusakan bentuk dasar tulang sehingga pertumbuhan menjadi terganggu. Hal ini akan sangat mengganggu pertumbuhan anak jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Dampak terburuknya adalah pertumbuhan tubuh tidak sesuai dengan usia normal. Bahkan dapat membentuk kaki menjadi O.

Hipokelsemia. Kondisi ini terjadi dimana jumlah kalsium yang kurang sehingga mengakibatkan keseimbangan elektrolit dalam tubuh terganggu. Gejala Hipokelsemia ini dapat mengakibatkan kejang saraf dan otot tubuh. Sering mengalami kesemutan pada kaki dan tangan. Mudah emosi, depresi dan mengalami sedih.

Semua penyakit atau dampak kekurangan zat seperti fosfor dan kalsium ini dapat diatasi dengan memakan makanan yang mengandung fosfor dan kalsium. Tomat adalah salah satunya.

Jadi, inilah salah satu manfaat Tomat yang sangat berguna bagi tubuh kamu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Tips Menjadi Wanita Karier
Menjadi Wanita Karier, Siapa Takut?

Menjadi Wanita Karier, Siapa Takut? - Tidak semua orang mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tapi jika kita renungkan, justru kita...

Obyek Wisata Alam Puncak Gunung Bromo
Wisata Alam Paling Banyak Diminati di Indonesia

Sebagian orang menganggap berwisata adalah kegiatan liburan yang menyenangkan. Tentunya harus dibarengi dengan hal-hal lain seperti siapa saja yang akan...

Close