Mengenal Lebih Dalam Lagi Tanda Awal Kanker Payudara

Mengetahui tanda awal kanker payudara menjadi sangat penting sebab pengobatan kanker payudara sejak dini peluang sembuhnya lebih besar.

Apabila kanker payudara ini sudah dapat terdeteksi sejak stadium awal, selain pengobatannya lebih mudah juga potensi kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh dapat dicegah.

Umumnya gejala awal kanker payudara berupa benjolan atau adanya penebalan jaringan kulit pada payudara.

Namun perlu dipahami juga bahwa tidak semua benjolan pada payudara ini merupakan tanda awal penyakit kanker payudara.

Baca juga

Langkah Awal Pengobatan Kanker Payudara

Kenali Manfaat Daun Pepaya Biar Kamu Nggak Kudet

Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1
Menjadi begitu penting untuk mengetahui ciri awal kanker payudara, supaya kamu tidak terlambat untuk mengobatinya.

Sedangkan untuk ciri-ciri yang umumnya terjadi pada kanker payudara stadium 1 adalah sebagai berikut:

  1. Muncul Benjolan pada Payudara
    Munculnya benjolan merupakan pertanda awal yang pasti dialami oleh wanita yang terkena kanker payudara. Benjolan ini tidak menimbulkan rasa sakit. Meskipun demikian, tidak semua benjolan pada payudara merupakan pertanda bahwa kamu sedang terkena kenker payudara.
  2. Warna Kulit Payudara Berubah
    Banyak yang mengira bahwa perubahan warna kulit pada payudara ini diakibatakan oleh infeksi. Jika kulit payudara berubah menjadi kemerah-merahan, tekstur kulit menyerupai kulit jeruk. Permukaan kulit yang ada benjolannya tampak berlekuk-lekuk ditambah penebalan kulit pada area benjolan, kamu patut mewaspadainya.
  3. Puting Terasa Sakit
    Gejala awal penyakit kanker payudara lainnya ditandai dengan adanya perubahan pada puting disertai dengan rasa nyeri. Selain itu, umumnya ditandai juga dengan keluarnya cairan yang tidak normal dari puting atau biasanya puting menjadi melesak.
  4. Adanya Benjolan di Ketiak
    Meskipun kanker ini yang diserang adalah payudara, bukan berarti adanya benjolan pada ketiak tidak ada hubungannya dengan kanker payudara. Perlu Anda ketahui bahwa jaringan dari payudara ini meluas sampai di bawah ketiak. Itulah kenapa kanker ini dapat meluas sampai ke bawah ketiak dengan melalui kelenjar getah bening.

Ingat, mengetahui tanda awal kanker payudara menjadi sangat penting karena peluang untuk sembuh menjadi semakin besar jika kanker payudara ini ditangani sejak dini.