Sayangi Otakmu Dengan Hindari Kebiasaan Merokok Saat Ini Juga

By on December 6, 2016

Pernahkah kamu bayangkan otak yang mengendalikan anggota tubuhmu mengalami kerusakan? Kamu akan mengalaminya kalau tidak segera menghentikan kebiasaan merokok.

Bahaya merokok memang tidak kecil, tidak hanya untuk perokok saja, namun juga yang berada disekitar perokok.

Jika begini, ga ada untungnya sama sekali kebiasaan tersebut. Paling banter, merokok hanya untuk gaya-gayaan, agar dianggap lebih gaul ketika bersama dengan teman.

Ini merupakan boomerang. Kapan saja, kamu akan terserang penyakit yang kadang-kadang akan merenggut kebahagiaan dan jiwamu.

Penyebab Rokok Berbahaya Untuk Kesehatan
Beberapa penilitian membuktikan jika sebatang rokok mengandung kurang lebih 4000 senyawa kimia. Dan hampir ratusan senyawa tadi berbahaya untuk tubuh penghisapnya.

Diantara senyawa kimia yang bakalan masuk ke dalam tubuh ketika kamu merokok adalah karbon monoksida, tar, gas oksidan dan lain sebagainya.
Karbon monoksida itu sama dengan gas buang dari kendaraan. Ini sama berbahayanya bagi tubuh, karena senyawa tadi akan terikat di dalam hemoglobin darah.

Baca juga:

Selain Enak, Ini Manfaat Beras Jepang untuk Kulit Wajah

Lakukan Senam Otak Sekarang Biar Kamu Nggak Pikun Sebelum Waktunya

Senyawa yang terikat ini lambat laun akan menyebabkan penyumbatan. Akibatnya oksigen tidak bisa masuk ke dalam tubuh dengan lancar. Makanya, orang yang terbiasa merokok akan lebih mudah merasa lelah.

Sama halnya dengan tar. Senyawa ini akan masuk ke dalam paru-paru, kemudian menghambat rambut kecil yang ada di organ tersebut.

Dan perlu kamu ketahui jika rambut kecil ini gunanya untuk mencegah masuknya bakteri ataupun virus. Tapi bila rambut tersebut bermasalah, kamu tentu tahu resikonya bukan?

Sementara gas oksidan pengaruhnya pada oksigen. Gas tersebut akan memicu penggumpalan darah, baik itu di otak maupun organ lainnya.

Penggumpalan ini bukan gejala yang baik, tapi lebih berbahaya. Karena bila sewaktu-waktu pecah, maka akan pendarahan yang bisa merenggut jiwa.

Kaitannya Bahaya Rokok Dengan Kerusakan Otak
Kebiasaan merokok yang tak terkendali besar kemungkinan menyebabkan kerusakan otak. Betapa tidak, zat berbahaya yang terhisap akan mengendap pada bagian dinding pembuluh darah.

Jika ini terjadi pada pembuluh darah di bagian otak, tentu sangat berbahaya. Bahayanya adalah ketika pecah, pendarahan akan memasuki otak. Dan otak akan mengalami kerusakan, bahkan yang paling fatal adalah terjadi stroke atau meninggal dini.

Sadar akan bahayanya, sebaiknya kamu nikmati masa muda dengan jauhi merokok selagi bisa. Jika tidak, resiko selain kerusakan otak adalah penyakit jantung ataupun paru-paru yang sama berbahayanya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Wisata Alam Telaga Remis
Mengulik Pesona Indah Di Balik Ribuan Remis Di Wisata Alam Telaga Remis Cirebon

Mengulik Pesona Indah Di Balik Ribuan Remis Di Wisata Alam Telaga Remis Cirebon - Berlokasi di Desa Kadeula, Kecamatan Mandiracan, Kabupaten...

Dago Guest House Penginapan Murah Di Bandung
Penginapan Murah Di Bandung Untuk Backpacker Di Bawah 100 Ribuan

Penginapan Murah Di Bandung Untuk Backpacker Di Bawah 100 Ribuan - Sudahkah Anda menemukan penginapan murah di Bandung untuk backpacker?...

Close