Jeruk Nipis memang memiliki segudang maanfaat. Tentunya, anda juga sudah tahu seperti apa bentuk jeruk nipis bukan?

Jeruk nipis memiliki aroma yang sangat khas. Sayangnya, jeruk nipis rasanya tidak semanis jeruk mandarin atau jeruk – jeruk yang lain yang biasa digunakan untuk oleh-oleh saat menjenguk orang sakit atau sekedar buah tangan saat bersilaturahmi. Namun jangan khawatir, meskipun rasanya asam sangat, tapi jeruk yang satu ini punya segudang manfaat. Manfaat yang terkandung didalam jeruk yang berwarna kuning cerah atau kadang berwarna hijau ini memang banyak sangat. Jeruk nipis memiliki manfaat yang banyak sangat untuk kecantikan. Umumnya pengambilan manfaat unuk kecantikan ini dilakukan oleh kaum hawa. Manfaat jeruk nipis yang lain juga dapat digunakan untuk kesehatan. Hal yang paling umum dilakukan oleh masyarakat menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi penyakit batuk-batuk.

Nah, mau tahu apa saja manfaat yang terkandung didalam buah bernama latin Cityrus Aurantifolia? Yuk, simak tips cantik dan sehat dengan jeruk nipis berikut ini.

Jeruk Nipis Matang
Jerunk Nipis yang sudah matang biasanya berwarna kuning keemasan mengkilat. Gambar di atas adalah salah satu contoh Jeruk Nipis matang. Namun tetap saja rasanya asem. Foto dari sparklepush.com

Tips Cantik Dengan Jeruk Nipis

Menjaga kecantikan merupakan salah satu kebutuhan utama kaum hawa. Selalu ingin tampil cantik adalah kebutuhan dasar seorang wanita. Oleh karena itu, kaum hawa umumnya banyak mengeluarkan biaya untuk membeli produk kecantikan. Sayangnya, peoduk kecantikan yang ada dipasaran terkadang tidak sebanding dengan budget yang ada sehingga untuk mendapatkan produk tersebut pun urung dilakukan. Namun jangan khawatir. Jeruk nipis dapat membantu kaum hawa mengenai perawatan kecantikan sebagai berikut:

Hilangkan Noda Hitam agar wajah anda tetap bersinar 🙂

Noda hitam bisa jadi sesuatu yang sangat mengganggu bagi wanita kerana dapat mengurangi kecantikannya. Tenang saja, inilah salah satu manfaat jeruk nipis yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Cukup dengan mengikuti langkah mudah berikut ini.

Terapkan air jeruk nipis pada kapas dan oleskan ke bagian gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit.
Pastikan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.
Disarankan untuk menerapkan tabir surya sebelum keluar rumah

Hilangkan Jerawat biar makin memikat 🙂

Penyebab utama jerawat adalah kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Ini menimbulkan peradangan pada kulit sehingga membentuk tonjolan di kulit wajah. Tonjolan ini terkadang disertai dengan peradangan.

Jeruk nipis dapat menghilangkan jerwaat karena mengandung zat yang dapat menghambat bakteria. Tentunya ini sangat menguntungkan jika pemanfaatan jeruk nipis ini diaplikasikan sebagai masker dengan dicampur madu yang juga memiliki sifat antibakteria yang kuat.

Sebenarnya manfaat dari jeruk nipis ini bukan hanya untuk Menghilangkan noda hitam, mengatasi jerawat dan bekas noda saja. Beberapa manfaat yang terkandung dalam Jeruk Nipis ini antara lain

1. Anti Aging (penuaan)
2. Mengencangkan Pori-pori
3. Menghapus Kulit Mati
4. Kulit Bersinar
5. Mengatasi Flek Hitam
6. Mengatasi Pori-pori yang besar
7. Menjaga Kelembaban Kulit.

Melanjutkan topik tips cantik dan sehat dengan jeruk nipis berikutknya adalah manfaat jeruk nipis bagi kesehatan.

Ternyata Jeruk Nipis ini memiliki manfaat juga loh buat kesehatan. Asalkan konsumsinya rutin dan tidak berlebihan, badan bisa jadi segar dan fit serta bebas dari penyakit. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh pengguna jeruk nipis untuk kesehatan:

1. Pencernaan
2. Diabetes
3. Penyakit Jantung
4. Gangguan Pernapasan
5. Radang Sendi
6. Demam
7. Asam Urat
8. Gangguan Kemih
9. Anti Kangker

Sedangkan untuk media pengobatan Jeruk Nipis juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut:

1. Obat Batuk
2. Haid Kurang Lancar
3. Mengurangi Vertigo
4. Menghilangkan Panu dan Kurap

Betapa dari buah yang satu ini Tuhan telah menganugerahkannya berbagai manfaat untuk kebutuhan manusia. Jika anda suka dengan jeruk yang memiliki rasa asam ini untuk diminum bersama teh sebaiknya anda menanam segera. Pemeliharaan Pohon Jeruk Nipis tidak terlalu sulit. Semoga Bermanfaat.

Share yuk...!
Read more:
Lakukan Senam Otak Saat Ini Untuk Menghindari Kepikunan Dini
Lakukan Senam Otak Sekarang Biar Kamu Nggak Pikun Sebelum Waktunya

Olahraga otak wajib dilakukan ketika masih remaja. Gunanya untuk mencegah terjadinya kepikunan dini. Pikun lebih awal atau biasa disebut dengan...

Romantisme Eropa Ala Little Venice Di Puncak Bogor

Romantisme Eropa Ala Little Venice Di Puncak Bogor - Membicarakan tempat wisata di kawasan Jawa Barat, tidak lengkap jika tidak menyinggung...

Close