Setiap orang tua pasti menginginkan putra putrinya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan unggul disegala bidang. Namun, sayangnya, setiap anak terlahir dengan fitrahnya masing-masing. Sebagai orang tua, wajar apabila Klepusher berusaha keras untuk memaksimalkan hasil belajar anak-anak dengan les tambahan. Namun, sebelum memberikan les tambaha, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan ya.

Les tambahan biasa diberikan kepada anak diusia sekolah. Baik itu TK, SD,SMP, hingga SMU. Pada dasarnya kegiatan ini termasuk kepada salah satu kegiatan yang positif. jika dilakukan dengan porsi yang pas. Sayangnya, les tambahan yang diberikan pada anak, rata-rata hanya untuk mendongkrak nilai akademis saja. Maksudnya, hal itu dilakukan bukan untuk meningkatkan pemahaman apalagi untuk menambah keilmuan.

Manfaat Les Tambahan Untuk Anak

Ada banyak alasan, mengapa seorang anak harus mengikuti les tambahan. Dan semoga, salah satunya adalah bukan karena ambisi orang tuanya ya. Les tambahan dapat memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat bagi anak. Terutama, bagi anak yang memiliki kesulitan belajar.

Kemudian, les juga dapat membantu tugas orang tua, dalam membantu anak belajar. Yang tak kalah pentingnya, les nyatanya mampu menjadi salah satu cara menggali potensi dasar buah hati.

Memilih Les Tambahan Yang Tepat, Privat Vs Lembaga Pendidikan?

Dewasa ini, ada dua jenis les yang dikenal masyarakat. Ialah les privat dan les di lembaga pendidikan informal. Apa sih kelebihan dan kekurangan diantara keduanya?

  • les privat biasanya dilakukan dengan mendatangkan guru khusus kerumah, dan mengajar khusus untuk buah hati Klepusher. Tentu, metode yang satu akan lebih jitu, bagi putra putri yang memang mebutuhkan belajar tambahan.

Les privat sangat tepat bagi anak yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Dimana, anak dengan kondisi semacam ini selalu menginginkan sesuatu yang lebih. Nah, dengan mendatangkan guru les pribadi kerumah, maka ia akan dapat melampiaskan keinginan belajarnya yang tinggi.

Selanjutnya, les privat juga dapat diberikan kepada anak yang memiliki keterbatasan pada kemampuan belajarnya. Bagi anak yang memiliki kemampuan belajar dibawah rata-rata, membutuhkan durasi waktu yang lebih panjang dalam memecahkan masalah materi belajar. Jadi, les privat bisa menjadi solusi. Sehingga, anak dapat langsung mendiskusikan masalah yang ia temui kepada guru pribadinya.

Disisi lain, les privat juga memiliki kekurangan. Dimana, anak yang senang bersosialisasi akan merasa terkekang. Anak juga merasa kesepian, juga merasa belajar menjadi kurang mengasyikan karena tak bersama teman-temannya.

  • Les di Lembaga Pendidikan

Dibandingkan les privat, les yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tertentu memiliki manfaat sosial yang lebih tinggi. Seperti, dapat memberikan lingkungan baru yang sehat  pada anak.

Tak dapat dipungkiri, pertumbuhan anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Bukan tak mungkin, jika anak tumbuh dilingkungan yang tak sehat, maka dapat mengancam masa depannya.

Anak yang gemar berinteraksi dan bersosialisasi, les tambahan dengan bergabung di lembaga pendidikan dapat memberikan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Selain dapat bertemu dengan guru dan teman baru, suasana dan lingkungannya pun juga baru.

Dengan begitu, belajar akan terasa lebih asyik, materi yang disampaikan pun akan lebih mudah diterima. Hasilnya, tentu prestasi akademik disekolah akan meningkat.

Seberapa pentingnya les tambahan untuk anak, dapat diukur dari keinginan belaajarnya. Yang pasti, sebelum memutuskan untuk memberikan tambahan waktu belajar dengan les, sebaiknya Klepusher melakukan komunikasi positif dulu dengan buah hati. Tentang apa yang ia inginkan, dan apa yang ia butuhkan. Bukankah tugas orang tua adalah memberikan yang terbaik untuk anak?

Editor: Abu Aqillah
Featured Image By: Gaelle Marcel

%d bloggers like this:
Read more:
Suka-duka Bersama Sony Xperia XA
Suka-duka Bersama Sony Xperia XA

Suka-duka Bersama Sony Xperia XA Mengawali tahun 2016, Vendor smartphone asal Jepang, Sony meluncurkan produk Xperia kelas entry level-nya dengan...

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Agar Tampak Awet Muda
Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Agar Tampak Awet Muda

Merawat kulit wajah itu gampang-gampang susah. Tergantung pada cara yang kamu pilih untuk merawatnya. Sayangnya perawatan yang dijalankan tidak membuahkan...

Close