Apakah Pepaya Tumbuhan Asli Indonesia?

By on November 25, 2016
Apakah Pepaya Tumbuhan Asli Indonesia?

Pepaya, buah yang satu ini sudah sangat akrab bagi masyarakat Indonesia. Buah yang kaya vitamin dan mineral ini sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Terutama kandungan seratnya yang tinggi sehingga terkadang dijadikan solusi bagi mereka yang sedang kesulitan buang air besar.

Pepaya di Indonesia bisa dibilang tanaman buah-buahan yang gampangan. Maksudnya, pepaya merupakan salah satu tumbuhan yang perawatannya tidak begitu sulit.

Banyak para petani yang turut membudidayakan tanaman ini lantaran banyak permintaan buah yang dapat dikonsumsi sehari hari khususnya bagi mereka yang sangat peduli dengan kesehatan.

Namun dibalik fakta tentang buah pepaya tersebut muncul sebuah pertanyaan. Apakah pepaya merupakan tanaman asli Indonesia?

Yuk di simak.

Berawal dari iseng-iseng baca buku yang berjudul Bercocok Tanam Pepaya karangan Wahju Muljanto dari Aneka Ilmu. Menuliskan bahwa menurut sejarah, Negara Mexico merupakan negara asal dari tumbuhan pepaya ini. Orang-orang Spanyol-lah yang berjasa dalam menyebarkan pepaya ke daerah-daerah tropis dan salah satunya adalah negara Indonesia.

Baca juga:

Suka Arung Jeram? Krueng Teunom Aceh Jaya Siap Menguji Nyalimu

Papaine, Zat Luar Biasa Dari Pepaya Yang Harus Kamu Tahu

Pepaya masuk ke bumi Indonesia sejak abad ke-18

Jika dilihat dari rentetan sejarah, Bangsa Spanyol sendiri mulai masuk ke wilayah Indonesia sejak abad ke-15. Mereka bertujuan untuk melakukan perdagangan rempah-rempah dari Indonesia. Benteng Tidore merupakan salah satu bukti bahwa Spanyol pernah berada di Indonesia dengan dibangunnya benteng tersebut.

Pada abad yang sama yaitu abad ke-15 Bangsa Spanyol yang memiliki keinginan menjelajah juga sebenarnya sudah dampai di Meksiko. Hal ini dibuktikan dengan kemenangan Bangsa Spanyol yang kala itu berkonfrontasi dengan kaum Aztec.

Maka bisa disimpulkan bahwa penjelajahan daerah baru oleh Bangsa Spanyol dari Meksiko membawa bibit pepaya dan menanamnya di Indonesia karena dua wilayah ini (Indonesia dan Meksiko) merupakan jajahan dari Bangsa Spanyol dan juga memiliki iklim yang sama.

Meksiko merupakan daerah tropis. Begitu pula dengan negara Indonesia, dan sangat mungkin sekali jika Indonesia menanam pepaya dimana Indonesia memiliki Iklim yang sama dengan Meksiko.

Namun, sebelum penyebaran pepaya ini masuk ke Indonesia, pada abad ke 16 untuk pertama kalinya pepaya ditanam di Manila. Manila merupakan ibu kota Philipina, salah satu negara yang memiliki iklim tropis pula.

Hingga saat ini pepaya menjadi salah satu komoditi yang cukup ekonomis untuk dibudidayakan. Dan di negara Indonesia, daerah yang paling banyak menghasilkan buah pepaya adalah Jawa Barat dan juga daerah Jakarta. Sedangkan negara-negara penghasil buah pepaya selain indonesia adalah Florida, Hawai, Afrika Timur dan juga Afrika Timur.

Jadi kesimpulannya adalah tumbuhan pepaya merupakan tumbuhan yang bukan berasal dari Indonesia. Setidaknya kesimpulan ini akan terus bertahan hingga ada penelitian lebih lanjut yang menemukan fakta baru bahwa Pepaya memang berasal dari Indonesia.

Sumber:
Bercocok Tanam Pepaya, 2010, Wahju Muljana, Aneka Ilmu.
SEJARAH MASUKNYA BANGSA SPANYOL KE INDONESIA, http://hamzahigirsa.blogspot.co.id/2011/11/sejarah-masuknya-bangsa-spanyol-ke.html
Fetured Image: granafocus.blogspot.co.id

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
warung-makan-sayur-sop-iga-balungan-bu-dian-brebes
Menikmati Sop Iga Sapi Di Warung Makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian”

Sop iga sapi paling nikmat dimakan pada siang hari di jam-jam makan siang. Selain menambah stamina badan, sop iga sapi...

Pemandian Air Panas Ciater @irfanda.prabowo
Rileksnya Mandi Di Pemandian Air Panas Ciater

Rileksnya Mandi Di Pemandian Air Panas Ciater  - Masih seputar liburan yang ada di Provinsi Jawa Barat. Begitu banyak potensi alam...

Close