Apakah Tomat Tanaman Asli Indonesia?

By on January 2, 2017
Apakah Tumbuhan Buah Tomat Asli Indonesia?

Sebuah pertanyaan yang terkadang muncul dari benak kita adalah apakah tomat tanaman asli Indonesia?

Atas alasan tersebut, sparklepush.com kemudian mencari data dan fakta yang berkaitan dengan tanaman tomat.

Tomat memang tidak jauh dari kehidupan kita sehari-hari. Tumbuhan yang memiliki warna merah (sebagian ada juga yang berwarna hijau) ini dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan, utamanya untuk kebutuhan sayuran dan buah-buahan.

Dari mulai jus Tomat, sambal tomat, sampai-sampai makanan olahan seperti torakor juga ada. Hal ini menunjukkan bahwa buah tomat dapat dikategorikan sebagai bahan makanan pokok yang kehadiarannya lebih banyak dibutuhkan meskipun bukan termasuk kebutuhan harian.

Sebelum membahas lebih jauh tentang “Apakah Tomat tanaman asli Indonesia?” mari kita telaah terlebih dahulu.

Klasifikasi tanaman tomat.

Dalam salah satu cabang ilmu biologi yang membahas tentang tumbuhan yaitu botanologi, tanaman Tomat secara ilmiah dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom : Plantae
Divisio : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Familia : Solanaceae
Genus : Solanum
Species : Solanum lycopersicum

Itulah data klasifikasi tanaman tomat yang sesuai dengan nomenclature dunia tumbuhan.

Deskripsi dan Pengertian Tanaman Tomat.

Tanaman Tomat ini termasuk kedalam tanaman yang digolongkan sebagai tanaman semusim atau memeiliki umur yang relatif pendek seperti halnya umur tanaman cabai, mentimun, terong, labuh, dan sejenisnya. Batang tanaman Tomat ini pun tidak terlalu tinggi maksimal hanya sampai 2-3 meter saja. Sistem perakaran tanaman tomat adalah akar tunggang. Dalam kondisi lingkungan yang optimal ternyata akar tomat ini bisa mencapai kedalaman 50 cm.

Baca juga:

Aja Klalen, Mampir Di Kedai Soto dan Bakso Pak. Gimin Depan SMPN 3 Brebes.

5 Destinasi Tempat Wisata Di Semarang. Kamu Wajib Datang!

Batang tanaman tomat ini tergolong lemah dan basah. Bentuk batangnya silinder dan di permukaan kulit batang terdapat bulu halus yang menyelimuti. Bunga tanaman tomat muncul pada tiap ruas cabang.

Bentuk daunnya kecil dan berwarna hijau serta ditumbuhi bulu-bulu halus di permukaannya. Daunnya yang hijau ini berbentuk seperti sirip dengan jumlah rata-rata ada 5 atau 7 daun pada setiap rantingnya.

Pada bagian bunga berbentuk bintang segi enam dan berwarna kuning. Anatomi bunga tanaman tomat ini terdiri dari Kelopak bunga, mahkota, benang sari sebagai alat kelaim jantan, dan putik sebagai alat kelamin betina. Kelopak bunga tanaman tomat terdiri atas 5 atau 7 helai daun mahkota yang berwarna kuning.

Bentuk buah tomat sangat beragam tergantung spesiesnya. Ada yang berbentuk bulat, bulat pipih atau lonjong. Keragaman jenis tanaman tomat ini menimbulkan beda ukuran buahnya tomat pula. Ada yang mirip buah cerry, tanaman tomat yang buah tomatnya berukuran seperti cherry ini biasa disebut dengan tanaman tomat cherry karena bentuk dan ukurannya seperti tanaman cherry. Demikian juga sebaliknya, ukuran dari buah tanaman tomat ini ada juga yang berukuran bongso. Buah tanaman tomat ini dapat mencapai ukuran maksimal dengan mencapai bobot 0.4 kg.

Buah tomat banyak mengandung air. Bagian dalam tomat lembut dan memiliki banyak biji. Jika masih usia muda, buah tanaman tomat ini memiliki warna hijau. Setelah mencapai usia matang, buah tomat ini akan berubah warna menjadi kemerahan. Bijinya dari buah tomat memiliki bentuk yang bipih dan berwarna putih kekuningan. Di sekitar biji tanaman buah tomat terdapat lendir yang menyelimuti biji buah lendir.

Itulah deskripsi dan pengertian buah tomat yang perlu diketahui.

Menjawab pertanyaan “apakah tanaman buah tomat berasal dari indonesia?” maka berikut ini jawaban dari pertanyaan tersebut.

Jika merujuk pada sebuah buku kecil yang memiliki ketebalan hanya 57 halaman dengan judul “Mari Berkebun Tomat” ditemukan informasi sebagai berikut.

Negara asal tanaman buah tomat.

Tomat yang memang dapat tumbuh di daerah ber-iklim tropis seperti Indonesia ini ternyata bukan tanaman asli Indonesia. Sejarah menyebutkan dalam peredarannya, tanaman buah tomat ini ternyata berasal dari Benua Amerika. Persebarannya membentang dari Amerika Tengah hingga Amerika Selatan.

Suku Inca dan Aztec adalah orang-orang yang pertama kali membudidayakan tanaman buah tomat kira-kira pada abad 700 sebelum masehi.

Bangsa Baratlah yang kemungkinan berjasa menyebarkan tanaman buah tomat dari tempat asli/asal tanaman buah tomat di Amerika Selatan ke Asia tepatnya di Philipina dan kemudian sampai ke Indonesia. Hal ini sesuai dengan apa yang di infokan dari wikipedia yang menuliskan bahwa sebuah tulisan dari seseorang yang bernama Andrew F. Smith. Dalam tulisan karanannya yang diberi judul “The Tomato in America”, tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

Berdasarkan keterangan yang telah dijelaskan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa Tanaman Tomat yang berada di Indonesia merupakan bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman buah tomat yang berada di Indonesia merupakan tanaman yang berasal dari daratan benua Amerika yang kemudian dibawah oleh bangsa Spanyol setelah berhasil menguasai daratan Amerika selatan dan tengah dan kemudian melakukan ekspansi ke Benua Asia. Ekspansi Bangsa Spanyol ke Asia dan penyebaran tanaman buah tomat berawal dari Philipina hingga kemudian pada abad ke 18 setelah Bangsa Spanyol ke Indonesia, mereka menyebarkan tanaman buah tomat di Indonesia.

Sumber:
Suraningsih. Mari Berkebun Tomat. CV Sinar Cemerlang Abadi.
https://id.wikipedia.org/wiki/Tomat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Inna Parapat Resort Destinasi Bermalam Di Danau Toba

Berkunjung ke Danau Toba, mungkin dirasa kurang asyik jika anda tidak bermalam di Inna Parapat Resort. Ya, Inna Parapat Resort...

hotel taman safari
Taman Safari Lodge Cisarua Bogor

Bermalam dengan nuansa alam, bisa sobat dapatkan di Taman Safari Lodge. Inilah salah satu nama hotel bernuansa alam yang harus...

Close