Inliah Bedanya Hotel, Resort, Villa dan Penginapan Lainnya

By on January 15, 2017

Kita sering dengar kata Hotel, Resort, Villa, Hostel hingga Apartemen. Namun tak jarang dari mereka atau mungkin anda juga tidak tahu sebenarnya. Termasuk pada jenis penginapan yang mana dan apa sebenarnya pengertian dari masing-masing penyebutan hunian yang ditempati hanya beberapa saat dan memang tidak diperuntukkan sebagai tempat tinggal.

Nah, dari pada anda bingung mendefiniskan sendiri apa pengertian Hotel, Resort, Villa dan lainnya sebaiknya anda teruskan membaca pembahasan mengenai pengertian-pengertian masing-masing.

Sehingga anda bisa memahami dengan baik dan dapat membagikan pemahaman anda kepada orang lain sehingga menjadi bermanfaat.

Hotel dieja HO-TEL, demikian menurut kbbi.co.id yang diartikan sebagai sebuah bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan; bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh kenyamanan, penginapan, makanan dan minuman.

Dirjen Pariwisata memberikan pengertian secara umum bahwa hotel merupakan satu bangunan yang berfungsi menyediakan jasa penginapan, melayani penjualan makanan dan minuman, serta melayani kebutuhan lain yang dikelola secara komersil dan ditujukan kepada masyarakat umum, tanpa membedakan kasta.

Dari dua pengertian kata hotel diatas dapat disimpulkan bahwa hotel digunakan untuk menginap, tempat makan dan minum bagi para pelaku perjalanan yang sedang menuju ke suatu tempat namun tidak untuk dijadikan sebagai tempat tinggal yang dikelola secara komersil dan diperuntukkan secara umum.

Hotel itukan ada banyak jenisnya, apakah ada pembagian jenisnya?

Jelas ada!

Berikut ini jawabannya.

Business Hotel

Jika ada sebuah hotel yang penggunaannya untuk keperluan bisnis maka Hotel ini disebut juga hotel bisnis.

Hotel Bisnis memiliki kriteria yang harus dipenuhi. Utamanya dari segi fasilitas pendukungnya. Keperluan bisnis biasanya adalah ruangan untuk melakukan rapat seperti ruang meeting berkapasitas kecil hingga berkapasitas besar. Hotel bisnis juga memiliki Lobby Lounge yang fungsinya untuk me-ramahtamah-kan tamu hingga meng-entertain mereka. Selain tempat-tempat tersebut Business Hotel juga setidaknya memiliki fasilitas photocopy dan internet.

Transit Hotel

Namanya juga transit, pastinya hotel jenis ini digunakan untuk singgah sebentar saja. Hotel Transit ini biasanya terletak di tempat tempat terpenting seperti dekat Bandara, Stasiun Kereta Api dan terminal.

Kenapa lebih banyak berada di sekitar bandara, stasiun dan terminal? Yang jelas hotel ini bukan untuk melakukan bisnis seperti yang diterangkan pada Hotel Bisnis. Hotel Transit lebih diperuntukkan sebagai tempat persinggahan sementara untuk melanjutkan perjalanan berikutnya. Semisal anda akan terbang pada pukul 12 malam, sementara anda sudah berada di bandara sejak jam 7 sore. Tentunya akan terasa jemu kalau harus menunggu di bandara, belum lagi rasa lelah yang menghampiri dan anda memustuskan untuk beristirahat di Hotel dekat Bandara. Nah, hotel dekat bandara yang anda pesan tadi adalah salah satu dari hotel transit.

Bagaimana dengan hotel yang ada fasilitas kolam renang, taman bermain, bahkan terkesan lebih dekat ke tempat rekreasi jang didalamnya terdapat hotel?

Memang ada hotel yang seperti pertanyaan di atas! Dan hotel yang dimaksud adalah Resort Hotel.

Resort Hotel

Resort Hotel adalah salah satu “spesies” hotel yang memang tujuannya lebih condong ke arah rekreasi, piknik, liburan dan semisalnya.

Hotel Resort atau Resort Hotel memiliki pengertian yang sama. Yang menjadi persyaratan utama untuk suatu hotel dengan “genre” Resort ini adalah tersedianya sarana-sarana rekreasi seperti hiburan, saran olahraga, restoran/kafetaria, bahkan wahana-wahan kecil untuk memanjakan anak.

Resort Hotel umumnya bukan hanya mengutamakan kualitas design ruangan, arsitektur dan fasilitas room saja tapi ada sesuatu yang menjadi pemberatnya yaitu lokasi yang lebih dekat dengan pemandangan alam. Inilah yang menjadi alasan kenapa resort hotel rata-rata berada di tempat yang memiliki view pemandangan yang indah seperti di tepi laut, lereng gunung, dekat air terjun dan semisalnya.

Bagaimana dengan Villa? Terkadang villa juga kesannya agak mirip dengan resort.

Villa memang agak mirip dengan resort hotel. Kesamaannya adalah dibangun ditengah pemandangan alam yang menawan dan sama-sama bisa disewakan. Yapi yang membedakannya dari Hotel Resort adalah kepemilikannya bersifat perorangan.

Umumnya Villa dibangun di lokasi-lokasi yang masih alami serta jauh dari keramaian.

Bagaimana dengan Apartemen? Secara fisik, apartemen hampir sama dengan hotel berbintang tertinggi.

Apartemen memang secara fisik hampir mirip dengan Hotel mewah yang berkelas dengan sertifikasi standar internasional tertinggi. Namun tahukah anda bahwa Apartemen lebih mirip dengan rumah susun dimana didalamnya terdapat ruang tamu, kamar tidur dan ruang dapur. Hampir mirip dengan rumah, bukan!

Yang paling menonjol dari perbedaan antara apartemen dengan hotel yaitu pada apartemen terdapat sistem kepemilikan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Tentu hal ini tidak didapati di dunia perhotelan.

Nah, demikianlah pengertian beberapa jenis akomodasi yang sebenarnnya anda pernah melakukannya dan mengetahui perbedaan yang hakiki.

Semoga Bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Inna Parapat Resort Destinasi Bermalam Di Danau Toba

Berkunjung ke Danau Toba, mungkin dirasa kurang asyik jika anda tidak bermalam di Inna Parapat Resort. Ya, Inna Parapat Resort...

Menengok Eksotika Lokasi Wisata Legenda Jaka Tarub Dan Bidadari Di Curug Bidadari

Menengok Eksotika Lokasi Wisata Legenda Jaka Tarub Dan Bidadari Di Curug Bidadari - Jika anda ingat dengan cerita Jaka Tarub dan...

Close