Ketahui Makanan Khas Aceh Ini Biar Kamu Tambah Kece

Kalau sudah jalan-jalan ke tempat wisata di Aceh, jangan lupa dong sama oleh-olehnya! Nah, bagi kamu yang sudah wara-wiri ke tempat-tempat wisata di Aceh dari A sampai Z wajib juga tahu apa saja sih makanan khas Aceh. Yuk, simak pembahasan mengenai Makanan Khas Aceh yang wajib kamu tahu ini biar kamu tambah kece.

Makanan Khas Aceh – Manisan Pala. Foto dari masakandapurku.com

Manisan Pala. Manisan pala ini tentunya bahan utamanya adalah buah pala. kalu anda browsing ke google tentang manfaat buah pala dalam kehidupan sehari hari antara lain menghilangkan masuk angin, menghilangkan insomnia, menghilangkan muntah dan yang tidak kalah menariknya adalah menghilangkan rasa penasaran tentang gimana sih rasanya kalau pala ini dijadikan Manisan.

Di Kabupaten Aceh Selatan banyak dijumpai para penjual makanan khas Aceh ini. Jadi selama jalan-jalan mencari tempat wisata di Aceh Selatan, anda juga bisa mampir di tempat-tempat pusat perbelanjaan oleh-oleh di Aceh Selatan.

Kopi Sanger Khas Aceh, Khususnya di Banda Aceh. Minuman ini banyak dijajakan di tempat nongkrong di jalan-jalan sekitar Masjid Baiturrahman. Foto dari phinemo.com

Sanger. Adalah minuman khas Aceh ini sebenarnya minuman kopi. Tentunya nggak bakalan diekspose kalo tidak memiliki cita rasa yang khas. Nyatanya, untuk menikmati kopi Sanger yang legendari ini anda harus ke Warung Solong di Kawasan Ulee Karang dan Chek Yuke di kawasan masjid Baiturrahman, Banda Aceh. Sebenarnya penjaja Kopi Sanger ini bukan hanya Warung Kopi Sanger satu-satunya di Banda Aceh. Ada banyak warung kopi tempat hang out anak-anak muda atau pun mereka yang sudah berusia. Kopi Sanger ini sangat merakyat dan harganya juga pas buat para pelancong yang pas-pasan juga.

Keumamah. Masakan Khas Aceh ini dapat juga dijadikan oleh-oleh khas Aceh dan juga dijadikan bekal selama perjalanan. Foto dari infokuliner.com

Keumamah. Bagi yang baru mendengar nama kuliner ini pasti akan terdengar aneh di telinga. Apa sih sebenarnya Keumamah ini? Makanan ini terbuat dari ikan tuna yang terlebih dahulu direbus dan dikeringkan. Setelah kering, baru diiris kecil-kecil kemudian dimasak. Bumbunya adalah kunci dari nikmatnya masakan Keumamah ini. Antara lain, Santan Kelapa, Kentang, Cabe Hijau dan rempah-rempah lainnya.

Ada cerita unik mengenai Makanan Khas Aceh ini, yakni pada zaman peperangan Aceh melawan Belanda makanan ini kerap dijadikan bekal selama perjuangan melawan agresi militer penjajah. Jadi, selain rasanya gurih, enak, dan nikmat, juga memiliki nilai sejarah.