Manfaat pepaya memang sangat banyak. Seperti yang pernah sparklepush.com sebutkan pada pembahasan sebelumnya yang diawali dengan membahasan manfaat akar pohon pepaya bagi kesehatan. Dalam pembahasan manfaat akar pohon pepaya ini telah terbukti dapat menyembukan penyakit ginjal dan kandungan kencing. Hal ini dibuktikan dengan penyelidikan-penyelidikan yang dilakukan oleh Van der Burg. Dimana hanya dengan cara yang sederhana, yaitu dengan cara merendam akar pepaya direndam ke dalam air dingin untuk kemudian larutan yang dihasilkan dari rendaman akar tersebut langsung diminum. Bukan hanya penyakit ginjal saja yang dapat disembuhkan oleh akar pohon pepaya ini. Ternyata, akar pepaya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sendi-sendi tulang yang sakit.

Ini baru akarnya, bagaimana dengan batangnya? Adakah manfaat yang bisa diambil dari batang pohon pepaya yang mudah membusuk ini?

Jawabannya, ternyata ada lho sob!

Pada zaman dahulu di tahun 1903 ketika Yogyakarta dilanda musim paceklik, batang pepaya ini dapat dimakan oleh manusia. Memang, makanan ini tidak begitu lezat, akan tetapi untuk sekedar mengganjel perut dari kelaparan pada zaman itu, batang pepaya menjadi alternatif utama dan ternyata tidak membahayakan kesehatan manusia yang memakannya.

Jadi, sejak dulu pun pemanfaatan batang pepaya sebagai sumber pangan alternati ternyata sudah pernah dilakukan. So, bila Klepusher kelaparan dan beras dilumbung habislah sudah, Batang pepaya ini bisa dijadikan saran alternatif selain singkong, ketela, kentang dan tanaman ber-karbohidrat lainnya

Bagaimana cara mereka mengolah batang pepaya agar dapat dimakan?

Dengan kondisi yang memprihatinkan pada zaman dahulu menjadikan masyarkat mencari-cari cara sederhana namun tetap tidak mengurangi selera, meskipun yang dimakan hanyalah batang pohon pepaya.

Caranya yaitu batang pepaya itu diparut hingga halus dan diperas air serta getahnya, hingga tinggal ampasnya saja. Ampas parutan pohon pepaya ini kemudian dicampurkan dengan gula atau garam, atau sesuai selera. Kemudian setelah selesai dicampur gula atau garam tadi bisa langsung dimakan. Hmmmm, gimana yah rasanya? Klepusher mau mencoba?

Makanan dari ampas batang pepaya ini, konon dapat juga dipakai sebagai obat untuk menghilangkan rasa mual di perut. Terutama sekali orang yang sedang menderita sakit kembung. Sehingga memperlancar pengeluaran angin yang ada didalam perut. Jadi setelah memakan batang pohon pepaya ini anda yang sedang mengalami kesulitan buang angin akan teratasi dengan makan batang pepaya ini.

Jika anda kreatif, bisa jadi batang pepaya ini diubah menjadi snack alternatif atau makanan ringan yang bisa dijual dipasaran. Inspirasinya adalah makanan tempo dulu, pada jaman penjajahan saja, masyarakat Yogyakarta menggunakan batang pohon pepaya untuk dimakan sebagai pengganjal rasa lapar di musim paceklik.

Nah jika kamu tertarik menjadikan batang pepaya ini diubah menjadi makanan. Peluang untuk memulai bisnis kuliner unik masih sangat terbuka lebar. Ada nih, resep untuk membuat jajanan yang terbuat dari batang pohon pepaya. Sebut saja Dodol Batang Pepaya. Simak cara membuat dodol batang pepaya berikut ini.

Potonglah batang pepaya tepat di bagian tengahnya.
Setelah itu, bersihkan kulitnya dan cuci berkali-kali hingga bersih sempurna.
Selanjutnya, rebus batang pepaya tersebut. Tujuannya untuk menghilangkan senyawa alkaloid yang menjadi sumber rasa pahitnya.
Langkah selanjutnya adalah menghaluskan buah kelapa untuk diambil santannya. Gunakan kain untuk memeras agar sari santan benar-benar keluar.
Selanjutnya, batang pepaya yang tadi direbus, dihaluskan. Setelah itu, peraslah batang pepaya yang tadi dihaluskan sehingga diperoleh airnya.
Berikutnya, panaskan wajan dan masukkan air perasan dari batang pepaya. Tambahkan santan juga gula merah dan vanili. Aduk terus menerus hingga mengental.
Jika telah membentuk adonan lengket, angkat wajan dan dinginkan.
Selanjutnya dodol bisa dikemas dan dinikmati.

Nah, inilah manfaat batang pepaya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan.

Sumber:
Bercocok Tanam Pepaya, Wahju Muljana, 2010
http://khasiatdaunpepaya.blogspot.co.id

Share yuk...!
Read more:
Berapakah saya harus minum air putih sehari
Berapakah Saya Harus Minum Air Putih Sehari?

Berapakah saya harus minum air putih sehari? - Memperbanyak minum air putih merupakan anjuran yang paling umum diucapkan oleh seorang...

Ketahui Makanan Khas Aceh Ini Biar Kamu Tambah Kece

Kalau sudah jalan-jalan ke tempat wisata di Aceh, jangan lupa dong sama oleh-olehnya! Nah, bagi kamu yang sudah wara-wiri ke...

Close