Papaine, Zat Luar Biasa Dari Pepaya Yang Harus Kamu Tahu

By on November 24, 2016
Papaine, Zat Luar Biasa Dari Pepaya Yang Harus Kamu Tahu

Papaine adalah salah satu zat yang terkandung dalam tumbuhan yang disebut Pepaya. Pepaya sendiri buahnya memiliki rasa yang enak.

Tekstur daging dari buah pepaya sangat empuk dan lembut. Sehingga cocok juga dimakan buat kakek dan nenek yang giginya sudah pada ompong. Meski demikian, bagi kamu yang dalam masa pubertas juga baik mengkonsumsi buah pepaya ini.

Papaine merupakan zat yang terkandung didalam pohon pepaya. Baik batang maupun daun dan buah mudanya juga banyak mengandung sangat yang serba guna ini.

Terus, selain buah pepayanya yang banyak mengandung gizi bagi tubuh kamu, apa sih manfaat Papaine ini bagi kehidupan sehari-hari? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Pelunak Daging

Pernah makan sate kambing yang empuk dan tidak bau kambing atau gule kambing yang dagingnya nggak keras? Inilah kuncinya, sebelum diolah, daging-daging tadi dibungkus dulu dengan daun pepaya selama 2 jam.

Nah, selama 2 jam tadi sebenarnya yang bekerja mengempukan daging-daging berbungkus daun pepaya itu adalah zat papaine ini. Jika kamu penasaran, kamu bisa mencobanya dirumah.

Penyamakan Kulit

Kamu tentunya pernah lihat artis pakai jaket kulit warna hitam yang keren dan mengkilap bukan?

Sebelum mereka mengenakan Jaket Keren itu, di Industri kerajinan kulit ada satu proses yang disebut penyamakan kulit. Tahu kan penyamakan kulit itu apa?

Penyamakan kulit adalah suatu proses pengolahan untuk mengubah kulit mentah hides maupun skines menjadi kulit tersamak atau leather. Penyamakan kulit merupakan cara untuk mengubah kulit mentah (hide/skin) yang bersifat labil (mudah rusak oleh pengaruh fisik, kimia dan biologis) menjadi kulit yang stabil terhadap pengaruh tersebut yang biasa disebut kulit tersamak (leather).

Bahan utama untuk melakukan proses penyamakan ini ada berbagai macam, jika dengan cara nabati, maka dapat menggunakan kulit akasia, sagawe, tengguli, mahoni, dan kayu quebracho, eiken, gambir, buah pinang, manggis, dan pepaya. Yang intinya, dalam proses penyamakan ini membutuhkan zat yang disebut papaine dan zat ini terdapat di dalam pohon pepaya.

Penghilang Getah Sutra Alam dan mengolah wol agar tidak mengkerut

Sutra merupakan salah satu bahan kain yang sangat mahal. Proses pembuatan kain sutra pun bisa dibilang cukup rumit.

Serat sutra terbuat dari kepompong ulat sutra yang menggumpal seperti gulungan kapas kecil. Nah, untuk mengambil serat sutra ini, salah satu bahan yang dibutuhkan adalah Papaine.

Baju hangat yang paling nyaman adalah baju yang berbahan wol. Nah, dalam proses pembuatan wal ini ternyata dibantu juga dengan zat papaine dari pepaya yang digunakan untuk mengolah wol agar tidak mengkerut.

Baca juga

Tips Menghilangkan Jerawat Yang Bergerombol Di Kulit Wajah

Kosmetik Juga Membuat Minyak Berlebih Pada Wajah, Yang Seperti Apa?

Itulah beberapa manfaat dari zat luar biasa bernama papaine yang ada di pohon pepaya. Ternyata satu pohon saja memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi manusia. Seyogyanya kita sangat bersyukur kepada Sang Pencipta yang telah memberikan kenikmatan tak terhingga pada kita.

Sumber:
Bercocok Tanam Pepaya, Wahju Muljana, 2010, Aneka Ilmu.
Makalah Penyamakan Kulit, Adi Karnaini, 2014. http://adikarnainiii.blogspot.co.id/2014/06/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
masjid-baiturrahman-aceh
10 Tempat Wisata Di Aceh Paling Banyak Dikunjungi

Nanggroe Aceh Darussalam merupakan nama lain dari Aceh atau dulu sering disebut Daerah Istimewa Aceh. Daerah istimewa Aceh atau Aceh...

Memanfaatkan Daun Kelor Sebagai Penghilang Flek Hitam Di Wajah
Memanfaatkan Daun Kelor Sebagai Penghilang Flek Hitam Di Wajah

Ketika beranjak remaja, permasalahan seperti munculnya flek hitam seringkali terjadi. Tetapi kondisi seperti ini bisa diatasi dengan mudah, yakni dengan...

Close