Yuk, Kenalan dengan Alat Musik Tradisional yang Telah Mendunia Ini – Musik adalah salah satu unsur penting dalam sebuah kesenian, dan kesenian itu sendiri tergolong ke dalam 7 unsur utama yang harus ada dalam sebuah kebudayaan. Mengingat Indonesia adalah negeri yang kaya akan keragaman budaya, tentu negeri ini juga memiliki deretan alat musik tradisional yang beraneka.

Nah, tahukah Anda bahwa di antara alat-alat musik tradisional tersebut ada beberapa yang telah dikenal dan diakui secara internasional. Bahkan, ada yang telah mendapat pengakuan dari UNESCO, badan PBB untuk dunia pendidikan dan kebudayaan.

Apa saja alat musik tersebut? Yuk, simak uraian berikut ini dan rasakan betapa kinclongnya Indonesia di ranah musik.

-1.Gamelan-


Gamelan – upload.wikimedia.org

Tak tanggung-tanggung, alat musik tradisional Jawa ini telah berhasil memikat perhatian negara-negara dunia dengan iramanya yang khas dan berkelas. Mereka mengganggap gamelan sebagai salah satu musik kelas atas dengan nada-nadanya yang mampu menenangkan dan merelaksasi pikiran.

Bahkan, beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Selandia Baru, dan Singapura telah memasukkan alat musik tradisional ini ke dalam kurikulum dan media pembelajaran di lembaga-lembaga pendidikan musiknya. Yang lebih menakjubkan lagi, salah satu universitas di Amerika Serikat bahkan memiliki jurusan khusus untuk mempelajari Gamelan Jawa. Wah, hebat sekali, bukan?

-2. Angklung-


Angklung – 3.bp.blogspot.com

Alat musik yang terbuat dari bambu ini juga tak kalah hebat dalam menggemparkan dunia. Setelah diakui secara internasional oleh Unesco di tahun 2010, alat musik multitonal (nada ganda) ini juga telah mencatatkan dirinya dalam Guiness Book of Record dunia untuk kategori rekor orkestra. Alat musik asal Jawa Barat (Sunda) ini telah mencapai rekor orkestra dengan jumlah pemain musik terbanyak yaitu sekitar 5.393 orang, yang kala itu konsernya diadakan di Beijing, Cina.

Tak hanya di Cina, konser angklung yang biasanya digawangi oleh Saung Udjo Bandung ini juga selalu berhasil memukau penonton. Dan karenanya, alat musik yang satu ini kian populer di dunia internasional.

-3. Kendang-


Kendang – upload.wikimedia.org

Nyatanya, alat musik pukul asal Jawa ini tidak lagi dimonopoli oleh pagelaran atau pentas tari tradisional. Tetapi sudah bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, utamanya di ranah musik jazz dan kontemporer. Uniknya, penggunaan kendang sebagai salah satu instrumen musik modern tidak hanya digunakan oleh musisi Indonesia, tetapi juga oleh beberapa musisi mancanegara.

-4. Sasando-


Sasando – 1.bp.blogspot.com

Meski belum sepopuler 3 alat musik lainnya, alat musik asal Rote – Nusa Tenggara Timur ini juga tengah merangkak maju untuk dikenal secara luas di dunia internasional. Tepatnya sejak alat musik yang terbuat dari daun lontar ini diperkenalkan dalam sebuah konser besutan Wonderful Indonesia bertajuk WOW 2013. Sejak saat itu, alat musik petik ini semakin dikenal dan perlahan mulai menjadi primadona dunia musik internasional.

Jika dilihat dari segi musikalitas atau irama yang dihasilkan, sasando tergolong mirip dengan alat musik kecapi dan harpa. Hanya saja, dari segi bentuk, ketiga alat musik tersebut memang berbeda. Sasando memiliki bentuk yang lebih unik, dengan bahan dasar daun lontar dan bambu serta dawai yang terbuat dari senar string.

-5. Tifa-


Tifa – 2.bp.blogspot.com

Tifa merupakan alat musik berbentuk hampir menyerupai kendang, namun dengan ‘lubang’ di bagian tengahnya. Alat musik tradisional asal Maluku dan Papua ini memiliki kekhasan pada warna dan motif yang mencirikan identitas daerah asalnya. Alat musik ini mulai dikenal masyarakat dunia seiring dengan naiknya popularitas Papua dan Maluku di sektor pariwisata.

Nah, itulah beberapa alat musik tradisional Indonesia yang telah mampu menarik perhatian masyarakat dunia. Tentunya, sebagai pemilik asli kebudayaan tersebut, kita patut berbangga, bukan?


Share yuk...!
Read more:
Tokoh Jadul Indonesia Layak Jadi Inspirasi di Jaman Now

Tokoh Jadul Indonesia Yang Masih Jadi Inspirasi di Jaman Now Dalam kehidupan manusia seringkali memerlukan orang lain untuk dijadikan contoh,...

Sempatkan Snorkeling dan Diving Selama Di Labuan Bajo

Kalau sudah terlanjur basah nyemplung ke Air Terjun Cunca Wulang dan kamu juga semakin basah kuyup dengan keringat karena trekking...

Close