10 Destinasi Liburan Populer di Malang

Akhir pekan ini anda sedang berada di Malang? Jika iya, berikut sparklepush.com sajikan informasi destinasi liburan terpopuler di sekitar Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Malang merupakan salah satu nama daerah yang ada di Jawa Timur. Jika anda berangkat dari Surabaya maka Kota Malang ini berada sekira 90 KM ke arah selatan. Kota Malang memiliki atmosfir udara yang sejuk. Mungkin jika disama-samain atau dibanding-bandingkan, suasananya mirip seperti kota Bandung yang ada di Jawa Barat.

Selain dikenal pula dengan sebutan Paris Van Oost-Java. Kota malang juga disebut-sebut sebagai kota terbesar peringkat kedua se-Jawa setelah Bandung.

Oke, langsung saja kita bahas beberapa destinasi tempat berlibur yang bisa kamu kunjungi selama berada di Kota Malang.

1. Jatim Park I

10 Destinasi Liburan Populer Di Malang - Jatim Park I
10 Destinasi Liburan Populer Di Malang – Jatim Park I. Gambar: Wisatapedia

Dari beberapa sumber yang ada, Jawa Timur Park I atau biasa disebut Jatim Park I merupakan destinasi wisata dan rekreasi yang sering direkomendasikan di Malang karena tempat ini memang menjadi favorit para pengunjung baik lokal atau luar kota yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka bersama keluarga. Berbagai macam wahana permainan disajikan disini, selain itu Jatim yang nggak kalah diacungi jempol adalah konsepnya yang menawarkan rekreasi dan edukasi bagi keluarga. Dengan konsep seperti ini tentunya anda tidak hanya berlibur semata tapi ada sisi penambahan ilmu pengetahuan bagi para pendatang.

Yang paling seru adalah kolam renangnya yang memiliki background wajah karakter Ken Arok salah satu tokoh legenda di Jatim.

Penasaran dengan keilmuan, Bapak dan Ibu bisa mengajak anak-anaknya datang ke wahana edukasi. Seperti yang sparklepush bahas di awal, disini terdapat Science Stadium, merupakan laboratorium outdoor dan indoor yang berisi informasi dan peragaan mulai dari fisika, biologi, kimia sampai matematika.

Untuk mewujutkan laboratorium ini, pihak Jatim Park I didukung oleh berbagai kalangan seperti PLN, Telkom, dan beberapa universitas yang ada di Jawa Timur.

Masih ada lagi nih, selain laboratorium peragaan sains yaitu wahana permainan. Silakan dicoba jika anda termasuk orang yang suka dengan kegiatan yang menguras adrenalin seperti Flying Tornado, Mini Jet, Spinning Coaster, gicart, Drop Zone, midi skater dan Bioskop 3D.

2. Jatim Park II

10 Destinasi Liburan Populer Di Malang - Jatim Park II
10 Destinasi Liburan Populer Di Malang – Jatim Park II – Gambar: malang-guidance

Jika masih ada sisa waktu untuk berlibur, kunjungi juga tempat liburan bernuansa alam di Jatim Park II. Disebut-sebut sebagai wisata alam karena memang konsepnya yaitu menawarkan Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Kebun binatang Batu Secret Zoo digadang-gadang menjadi satu-satunya kebun binatang yang sudah modern konsepnya dan menjadi satu-satunya di Indonesia yang sudah berkonsep modern. Di sini anda bisa bersafari dengan menggunakan perahu mengarungi sungai buatan yang melintas di Kebun Binatang Batu Secret Zoo.

Berbeda dengan Museum Satwa. Disini anda tidak akan mendapatkan pemandangan binatang yang masih hidup. Tapi, semua anggota di Museum Satwa merupakan binatang mati dan diawetkan. Uniknya, penempatan binatang yang diawetkan ini disetting sedemikian rupa seperti ada di habitatnya.

Nah, dua tempat liburan dalam satu area di Jatim Park II ini bisa jadi rekomendasi bagi anda yang sedang mencari tempat berlibur yang bukan sekedar berlibur tapi bisa menambah ilmu pengetahuan bagi anda sendiri dan juga anak-anak anda.

3. Eco Green Park

10 Destinasi Liburan Populer Di Malang - Eco Green Park. Gambar: momtravelerblog
10 Destinasi Liburan Populer Di Malang – Eco Green Park. Gambar: momtravelerblog

Tempat berliburan di Malang ini banyak dikunjungi anak-anak untuk mengenalkan kepada mereka tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap terjaga keseimbangannya. Eco Green Park juga menawarkan taman rekreasi edukasi yang berisi tentang kebun binatang mini dan informasi pemeliharaan lingkungan.

Memasuki kawasan wisata, kita akan disambut oleh sebuah patung gajah besar terbuat dari televisi bekas. Jungle Adventure adalah wahana yang menarik. Anda dapat berkeliling hutan buatan menggunakan kereta terbuka. Tak cuma berkeliling saja, Anda juga akan diajak menangkap para pemburu binatang liar di hutan. Anda harus menembak setiap pemburu yang Anda lihat dengan menggunakan senapan mainan. Kejelian dan kecepatan menembak sangat dibutuhkan karena Anda harus dapat menembak dari kereta yang sedang berjalan. seru kan?

Ada lagi, rumah terbalik yang tak kalah menariknya. Bangunan rumah yang terbalik, atap di bawah dan lantai di atas. Tak hanya luarnya yang terbalik, segala perabotan di dalamnya juga di desain terbalik. seolah berjalan di atapnya seperti spiderman sebab dalam posisi terjungkir. Jika Anda pusing berada di Rumah Terbalik ini, segeralah keluar dan carilah wahana lain.

4. Museum Angkut

10 Destinasi Liburan Populer Di Malang - Museum Angkut Malang
10 Destinasi Liburan Populer Di Malang – Museum Angkut Malang. Gambar: anekatempatwisata

Di Museum Angkut, Anda dapat memperoleh informasi tentang sejarah dan perkembangan transportasi di dunia. Di museun angkut ini, terdapat banyak koleksi jenis transportasi mulai dari sepeda onthel sampai mobil balap F1

Tersedia 10 zona yang dapat Anda jelajahi di tempat liburan seluas 3,7 hektar ini, antara lain Zona Edukasi, Italia, Inggris, Las Vegas, Jerman, Perancis, Hollywood, Gangster , Jepng & Broadway. Setiap zona di desain semirip mungkin seperti aslinya, mulai dari jalanan hingga landmark khasnya. Hal ini menjadikan zona-zona ini seperti tempat favorit untuk berfoto. Selesai berkeliling, jangan lupa nikmati kuliner di Pasar Apung dengan aneka makanan yang kelezatanya melelehkan capek anda.

5. Batu Night Spectacular

10 Destinasi Liburan Populer Di Malang - Batu Night Spectaculer
10 Destinasi Liburan Populer Di Malang – Batu Night Spectaculer. Gambar: virmansyah.abatasa

Berwisata siang hari itu sudah biasa, datanglah ke Batu Night Spectacular atau yang biasa disingkat dengan BNS. Dapat kamu kunjungi bersama dengan anggota keluarga yaitu mulai pukul 15:00 sampai 24:00. Suasana di Batu Nigh Spectacular yang mirip dengan pasar malam ditambah dengan adanya komedi putar dan kuda-kuda buatan yang bisa Anda mainkan. Seru juga jika anda datang ke sini dengan membawa anak-anak anda untuk bermain di komedi putar dan wahana yang lainnya di BNS

Pertunjukan cahay yang paling spektakuler di tempat liburan yang satu ini adalah pertunjukan cahaya air mancur yang dapat menari dan berubah warna sesuai dengan iringan musik yang sedang dimainkan. Anda dapat melihat indahnya lampion dengan berbagai macam warna dan bentuk yang cantik untuk dijadikan latar foto. ada beberapa wahana yang sayang jika Anda lewatkan antara lain Rumah Hantu, Mouse Coaster, Baby wheel, Art Trick, Gravitron dan juga Avatar.

6. Pulau Sempu

10 Destinasi Liburan Populer Di Malang - Pulau Sempu Malang
10 Destinasi Liburan Populer Di Malang – Pulau Sempu Malang. Gambar: phinemo

Pulau Sempu yang disebut salah satu surga dunia. Terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang memiliki keindahan yang luar biasa. Tempat liburan bertema alam ini merupakan salah satu kawasan cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah. Vegetasi di sini sangat beragam mulai dari hutan pantai, hutan tropis hingga hutan bakau. Yang paling menarik adalah Segara Anakan yaitu sebuah danau yang terdapat di tengah pulau dengan luas 4 hektar.

Segara Anakan mempunyai daya tarik utama di tempat wisata di Malang. Air dari telaga yang berasal dari ombak laut selatan dan masuk melalui lubang tebing di sisi danau. Air danau terasa dingin dan sangat jernih. Anda dapat melihat dasar danau dengan gampang. Di tempat ini, Anda bis berenang sesuka hati, memancing dan bermain di pasir putih yang landai.

Jalan menuju pulau ini tidak mudah. Terlebih dahulu anda harus naik perahu motor dari Pantai Sendang Biru. Simpan nomor ponsel nelayan pemilik perahu agar mudah dihubungi jika Anda akan pulang. setelah turun dari perahu, perjalanan Anda masih panjang. harus trekking cukup panjang yang melewati hutan konservasi. Rasa lelah akan terbayar saat Anda melihat keindahan Segara Anakan yang sangat alami. Pulau ini tidak berpenghuni, jika anda ingin menginap, salah satu cara adalah berkemah.

7. Pantai Balekambang

10 Destinasi Liburan Populer Di Malang - Pantai Balekambang Malang
10 Destinasi Liburan Populer Di Malang – Pantai Balekambang Malang. Gambar: telusurindonesia

Pantai Balekambang memiliki pura yang terdapat di atas pulau karang seperti Tanah Lot di Bali. Yang membedakan hanya ukuran yang lebih kecil dan sengaja dibangun tahun 1985 oleh bupati Malang dengan mengikuti desain Pura Tanah Lot Bali. Pura yang terhubung dengan jembatan beton sepanjang 100 m ini terlihat sangat indah terutama pada saat senja.

Tidak hanya pura yang menjadi salah satu daya tarik di tempat wisata Malang ini. Pantai Baleambang juga tak kalah cantik. Hamparan pasir dan ombak kecil menjadi pemandangan yang sangat menarik. Anda dapat berenang atau sekadar bermain air di pantai ini. Anda juga bisa bersantai di pendopo, menikmati kuliner di warung atau berburu suvenir di toko sekitar.

8. Wendit Water Park

Dulu Wendit Water Park dikenal dengan Taman Pemandian Wendit yang terletak di Kecamatan Pakis. Wendit menawarkan dua macam pemandian yaitu telaga alami dan kolam renang buatan.

Kedalaman Telaga Alami mencapai 2 meter dan suhu air antara 18-25 derajat Celcius. Waraga setempat percaya, air di telaga ini dapat membuat awet muda serta panjang umur. Selain telaga ini, juga ada kolam renang buatan yang disebut dengan water park yang relatif lebih menarik untuk anak-anak karena tersedia bermacam papan seluncur air dan ember tumpah raksasa yang di gantung di tengah kolam.

Tempat wisata di Malang ini juga mempunyai danau buatan yang dapat dikelilingi menggunakan perahu atau sepeda air. juga ada kolam untuk memancing dan wahana permainan misal worm coaster dan flying fox.

9. Coban Pelangi

Mungkin yang anda ketahui adalah pelangi hanya muncul sa’at hujan saja, tapi ternyata tidak. Datanglah ke Coban Pelangi di Kecamatan Tumpang sekitar 132 km dari kota Malang. Disana anda dapat menyaksikan pelangi di antara aliran air terjun dengan tinggi 30 m. Sambil menunggu munculnya pelangi, Anda dapat bermain air di pinggiran air terjun, sambil menikmati kuliner yang terdapat di warung atau duduk-duduk di pendopo yang tersedia. Tempat wisata malang ini berada pada ketinggian sekitar 1.299 m di atas permukaan laut, sehingga membuat udaranya menjadi sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Anda harus melewati hutan pinus untuk dapat amencapai lokasi, melewati bukit-bukit hingga menyeberangi sungai. walaupun terkesan melelahkan, pemandangan yang indah selama perjalanan akan membuat waktu terasa singkat.

10. Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo

Buah tangan seperti camilan sudah biasa, Cobalah untuk mengunjungi Jalan MT Haryono XI, Anda dapat menemukan berbagai keramik yang unik untuk dijadikan oleh-oleh. Di sepanjang jalan, terdapat 30 toko kerajinan yang menjual berbagai jenis seperti keramik mulai dari mug, piring,vas bunga, guci, asbak sampai hiasan meja juga dinding. Ciri khas dari keramik Dinoyo adalah motif yang berupa flora dan fauna. Selain oleh-oleh, Anda dapat memesan dalam jumlah banyak untuk suvenir pernikahan atau acara lain.

Sumber: Masdonie