10 Tempat Wisata Di Aceh Paling Banyak Dikunjungi

By on September 18, 2016

Nanggroe Aceh Darussalam merupakan nama lain dari Aceh atau dulu sering disebut Daerah Istimewa Aceh. Daerah istimewa Aceh atau Aceh atau Nangroe Aceh Darussalam ini adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatera. Selain memiliki sejarah yang penting dalam pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Provinsi yang menerapkan hukum syariat islam ini juga memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pantai sampai pegunungannya. Namun siapa sangka, di tahun 2014 silam provinsi ini mengalami bencana dahsyat yang menghebohkan seluruh dunia yaitu Tsunami yang sebagian wilayahnya termasuk tempat wisatanya, Aceh kembali bangkit dan menata sektor pariwisatanya dengan baik.

Ada rencana liburan ke Aceh? Sudah ditentukan kemana saja anda akan menghabiskan waktu berlibur Anda di Aceh? Cobalah simak dulu 10 tempat wisata di Aceh yang paling banyak dikunjungi berikut ini:

1. Taj Mahal-nya Indonesia

Sepertinya penyebutan Taj Mahal-nya Indonesia terlalu hiperbola, ya? Tapi, sebagian besar para pengunjung yang datang ke masjid ini baik untuk beribadah atau sekedar parking untuk melihat-lihat bangunan bersejarah ini memang banyak yang menyebutkan bahwa masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini telah menjadi ikon Aceh dan disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya Indonesia. Nama asli Masjid ini adalah Masjid Baiturrahman. Bangunan utama masjid berwarna putih dengan kubah hitam besar dikelilingi oleh tujuh menara. Kesan megah semakin terasa dengan adanya kolam besar dan pancuran air di bagian depan masjid yang membuat anda akan sekilas berfikir bahwa Masjid Baiturrahman Aceh ini mirip dengan bangunan Taj Mahal di India yang sangat populer.

Jika Anda menginginkan suasana liburan yang lebih religius maka Masjid ini menjadi tempat wisata religi di Aceh yang recommended karena Masjid Baiturrahman Aceh merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi karena keindahannya yang mirip dengan Taj Mahal di India. Bahkan menurut informasi dari berbagai sumber, Situs Huffington Post memasukkan Masjid Raya Baiturrahman ke dalam daftar 100 masjid terindah di dunia, bahkan Yahoo! menyebut masjid ini sebagai salah satu dari 10 masjid terindah di dunia seperti yang dikabarkan oleh situs anekatempatwisata.com. Hal ini tentu saja semakin membuat bangga warga Aceh dan Indonesia.

Jika ingin membeli suvenir, Anda bisa datang ke Pasar Aceh yang terletak di belakang masjid. Setelah puas berkeliling, Anda bisa berwisata kuliner karena ada banyak penjual makanan di pasar ini.

2. Air Terjun Blang Kolam

Tempat Wisata di Aceh yang paling banyak dikunjungi selanjutnya adalah tempat wisata alam Air Terjun Blang Kolam. Tempat Wisata alam Aceh yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Blang Kolam terletak tidak terlalu jauh dari Lhoksumawe. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit ke Desa Sidomulyo, Aceh Utara.

Air Terjun Blang Kolam memiliki keunikan yakni air terjun terbagi menjadi dua. Air terjun seperti ini biasa disebut air terjun kembar. Air Terjun Blang Kolam atau air terjun kembar ini memiliki tinggi 75 meter serta dikelilingi oleh pepohonan nan rindang. Para pengunjung di sekitar air terjun umumnya menikmati pemandangan indah ini dengan bermain air, ada pula yang berendam di kolam yang airnya merupakan tampungan dari air terjun atau sekedar bersantai di tepiannya sambil melihat mereka yang sedang asyik bermain air baik tua maupun muda. Suka dengan kegiatan camping? datanglah dengan membawa perlengakapan berkemah Anda. Di sekitar Air Terjun Blang Kolam ini, Anda bisa menikmati sejuknya udara di sekitar air terjun lebih lama dan dengan berkemah anda juga bisa menikmati alam bebas. Untuk berkemah di tempat yang sejuk dan indah ini Anda hanya dikenakan tarif 5.000 Rupiah per orang.

Untuk tiket masuk ke Tempat Wisata Air Terjun Blang Kolam di Aceh ini hanya Rp. 2.500 per orang. Tempat Wisata yang sangat murah untuk anda kunjungi bersama keluarga atau teman dekat Anda. Pantas saja jika Air Terjun Blang Kolam ini menjadi salah satu dari 10 Tempat Wisata Di Aceh Paling Banyak Dikunjungi.

3. Air Terjun Suhom

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Suhom ini berada di Desa Suhom itu sendiri, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Perjalanan menuju Air Terjun Suhom ini terasa indah dengan tanjakan dan turunan yang akan anda lewati. Tidak hanya itu, pemandangan pegunungan Paro dan Kulu juga akan memanjakan mata Anda, jadi, selama perjalanan jangan mengantuk ya, supaya anda bisa menikmati perjalanan yang asyik menuju Air Terjun Suhom ini. Di tengah perjalanan, jangan kaget saat melihat banyak monyet berkeliaran di jalan. Monyet-monyet ini biasanya meminta buah-buahan atau makanan ringan lain pada pengguna jalan yang lewat.

Air Terjun Suhom tingginya 50 meter. Air terjun ini terbagi menjadi 3 bagian dimana pada bagian atau tingkat 2 dan 3 ada larangan ke sana karena tempat ini ada pembangkit listrik bertegangan tinggi.

Jika anda ingin bersantai bersama keluarga atau teman-teman, anda bisa gunakan gazebo untuk menikmati suasana sambil menikmati bekal yang dibawa. Jika anda tidak membawa bekal pun tidak usah khawatir karena di sekitar lokasi sudah banyak penjual makanan, jadi anda tidak perlu khawatir soal masalah perut. Tak lengkap rasanya jika tidak berenang di telaga sedalam dua meter di bawah air terjun bersama anggota keluarga yang lain. Disini juga anak-anak bisa bermain air di kolam renang anak.

4. Pantai Lampuk

Banyak yang menyebutkan bahwa Pantai Lampuk Aceh ini Pantai Kuta-nya Aceh. Selain itu, Pantai lampuk ini memiliki pasir putih yang lembut di sepanjang 5 kilometer garis pantai yang membentang dari selatan ke utara. Selain itu, Pantai Lampuuk juga memiliki tebing karang di ujung pantainya. Berlibur ke Pantai Lampuuk bisa menjadikan liburan anda semakin seru dan menyenangkan apalagi banyak kegiatan yang bisa anda lakukan selain datang melihat pemandangan saja.

Apa saja yang bisa dilakukan selama berlibur di pantai Lampuuk? Salah satunya adalah berjemur, menikmati sinar matahari pagi yang dapat menyehatkan kulit anda. Selesai berjemur, anda bisa nyemplung ke laut dan bermain selancar. Tidak puas dengan permainan selancar, anda bisa seru-seruan bareng anggota keluarga atau dengan teman-teman bermain banana boat.

Selesai seru-seruan bermain air dengan teman dan keluarga, jangan lewatkan kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini. Yaitu melihat upaya pelestarian penyu. Anda bisa ikut melepas tukik ke laut lepas. Seru, ya? Liburan sekaligus menjaga kelestarian alam.

Soal akomodasi, anda tidak perlu khawatir. Jika sehari saja belum cukup bagi anda untuk berlibur di Pantai Lampuuk, Anda bisa menginap di cottage yang ada di kawasan pantai. Selain bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini, Anda juga bisa memuaskan perut dengan aneka sajian ikan bakar di warung-warung sekitar pantai.

Pantai Lampuuk berada di Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, Aceh Besar. Harga tiket masuk adalah 3.000 Rupiah.

5. Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga bersebelahan dengan Pantai Lampuuk. Tempat wisata Pantai Lhoknga ini jaraknya sekitar 20 km dari Banda Aceh. Menikmati indahnya pantai Lhoknga selain berjemur atau sekedar duduk-duduk santai diatas pasir yang empuk, Anda juga bisa sambil bermain voli pantai di pasirnya yang luas dan landai.

Ingin menikmati gelombangnya yang seru, Anda bisa membawa papan selancar dan praktikan bahwa anda beginer yang ingin menggali potensi slancar air di pantai Lhoknga.

Jika hari beranjak sore, sebaiknya tahan dulu keinginan untuk pulang sebab ada sunset yang indah di atas pantai yang cantik ini. Pantai Lhoknga ini semakin sore semakin ramai pengunjung karena para pengunjung tidak ingin melewatkan momen indah saat matahari mulai menyembunyikan sinarnya di balik lautan dan inilah salah satu alasan kenapa Pantai Lhoknga termasuk dalam 0 tempat wisata di Aceh yang paling banyak dikunjungi.

6. Pantai Ulee Lheue

Lokasi Pantai Ulee Lheue berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya di Kecamatan Meuraxa.

Pantai Ulee Lheue ini merupakan tempat wisata di aceh yang banyak dikunjungi para pecinta fishing sport atau mancing mania. Jika liburan anda ini bertema mancing maka Panati Ulee Lheue ini merupakan tempat wisata di Aceh yang cocok dipilih. Bawalah peralatan pancing yang lengkap sebelum Anda memutuskan berlibur di Pantai Ulee Lheue ini. Namun jika anda lupa membawa peralatan pancing saat berlibut ke Pantai Ulee Lheue ini tidak perlu khawatir. Di pantai Ulee Lheue ini banyak penjual peralatan pancing di sekitar pantai.

Kalaupun anda tidak suka memancing, Anda bisa menyewa perahu dan berkeliling di sekitar pantai sambil ber-swafoto atau foto-foto bersama keluarga dan teman-teman anda di sini. Menikmati jagung bakar dan air kelapa segar menjadi hal yang menyenangkan dilakukan di pantai Ulee Lheue ini.

7. Pulau Rubiah

Di sebelah Sabang yang terkenal di ujung Pulau Sumatra ini ada sebuah pulau yang menjadi tempat wisata di Aceh yang paling banyak dikunjungi. Namanya adalah Pulau Rubiah, tepatnya di sebelah barat laut Pulau Weh. Seramnya, pengambilan nama Rubiah ini ternyata diambil dari nama yang tertera pada sebuah batu nisan yang ada di Pulau Rubiah ini.

Tempat wisata di Aceh ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sedikitnya 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia ada di sini. Siapkan alat menyelam dan snorkeling Anda dan silakan berenang bersama aneka ikan tropis dan bermain terumbu karang warna-warni. Jika lupa membawa alat snorkeling, Anda bisa menyewanya dengan harga 40.000 Rupiah saja dan bisa Anda gunakan seharian.

8. Kuala Merisi
Bosan dengan hiruk pikuk pengunjung tempat wisata yang banyak dikunjungi orang? Jika anda memutuskan untuk memperoleh liburan yang tenang, sepi, hening, dan tidak terlalu banyak orang berlalu lalang maka Kuala Merisi merupakan tempat yang tepat untuk liburan Anda. Tempat wisata di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak kecil yang cocok untuk bermain air di tepian.

Yang paling asyik dilakukan disini adalah duduk santai di atas tikar bisa Anda dari rumah dan digelar diatas pasir sambil menikmati deburan ombak dan hembusan angin pantainya. Tak jarang tempat wisata di Aceh ini dijadikan lokasi berselancar karena ombaknya yang cocok untuk olahraga air ini.

Tempat Wisata Aceh ini selain itu tenang dan cocok untuk berselancar juga memiliki fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi dan deretan warung makan.

9. Museum Tsunami

Daerah istimewa Aceh atau Nangroe Aceh Darussalam ini pernah mengalami bencana alam yang sangat kelam di tahun 2004 silam. Tsunami yang menyisakan duka bagi warga Aceh yang selamat. Untuk mengenang sekaligus menghormati korban meninggal, dibangunlah sebuah Museum Tsunami di Jalan Sultan Iskandar Muda di tahun 2009.

Di Museum Tsunami Aceh ini anda akan merasakan sebuah simulasi audio visual kejadian Tsunami. Terdapat lorong panjang dengan suara gemuruh ombak dan kucuran air yang akan mengingatkan Anda pada bencana besar tersebut. Tempat wisata di Aceh ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat apa saja yang tersisa dari gelombang tsunami. Banyak benda-benda sisa bencana yang dipajang seperti sepeda milik korban. Selain benda sisa tsunami, ada foto korban meninggal dan cerita kesaksian korban selamat juga alat simulasi elektronik gempa bumi.

Museum ini dibangun sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan jika tsunami datang kembali. Museum buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai 10:00 sampai 17:00.

10. Pantan Terong

Pantan terong merupakan bukit yang biasa digunakan untuk melihat keindahan Aceh Tengah dari atas. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1830 meter di atas permukaan laut. Jangan lupa membawa jaket dan baju hangat karena udaranya cukup dingin.

Dari Pantan Terong Anda bisa melihat Danau Laut Tawar yang meyerupai sebuah kuali raksasa. Di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat cantik. Jadi, siapkan kamera dan abadikan momen ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
10 Destinasi Liburan Populer di Malang

Akhir pekan ini anda sedang berada di Malang? Jika iya, berikut sparklepush.com sajikan informasi destinasi liburan terpopuler di sekitar Malang, Jawa...

Dago Guest House Penginapan Murah Di Bandung
Penginapan Murah Di Bandung Untuk Backpacker Di Bawah 100 Ribuan

Penginapan Murah Di Bandung Untuk Backpacker Di Bawah 100 Ribuan - Sudahkah Anda menemukan penginapan murah di Bandung untuk backpacker?...

Close