Semarang memiliki banyak universitas atau perguruan tinggi yang sekarang sudah masuk ke taraf yang patut diperhitungkan.

Tidak hanya itu. Semarang yang menjadi jantungnya provinsi Jawa Tenga ini ternyata memiliki banyak destinasi tempat wisata yang patut diperhitunkan juga.

Destinasi tempat wisata yang ada di Semarang memiliki ragam yang banyak. Mulai dari tempat wisata religi, tempat wisata alam seperti pantai, perbukitan, air terjun dan masih banyak lagi yang bisa kamu jadikan sasaran untuk mengisi waktu liburan kamu.

Nah, kalau bicara soal destinasi tempat wisata di Semarang, jangan lupa kunjungi beberapa tempat destinasi wisata berikut ini. Mana yang perlu kamu kunjungi lebih dulu?

Lawang Sewu

Tempat Wisata Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata bangunan bersejarah yang ada di Kota Semarang.

Tempat wisata ini letaknya disekitar bundaran Monumen Tugu Muda, ikonnya Kota Semarang.

Gedung Lawang Sewu. Saksi Sejarah dua penjajah di Indonesia. Jepang dan Belada.
Gedung Lawang Sewu. Saksi Sejarah dua penjajah di Indonesia. Jepang dan Belada.

Lawang Sewu memiliki sejarah dari masa ke masa yang mengiringi berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga:

Wajib Baca! Inilah Destinasi Tempat Wisata Paling Favorit Di Kota Medan

Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan, Fakta atau Mitos!

Awalnya, Gedung yang memiliki jendela yang sangat banyak dan besar ini dimiliki oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

Jendela yang besar dan banyak ini dianggap oleh masyarakat sekitar pada jaman dulu seperti sebuah lawang (pintu) sehingga masyarakat menamainya sebagai Lawang Sewu dan nama itu lekat hingga sekarang.

Destinasi tempat wisata sejarah ini memiliki catatan yang sangat kelam dimana tempat ini menjadi saksi bisu dua bangsa penjajah yaitu Belanda dan Jepang.

Jika anda berkunjung ke tempat wisata ini di malam hari dan berani uji nyali, kamu bisa meminta juru kunci untuk masuk ke dalam gedung Lawang Sewu hingga ke ruang bawah tanah yang sangat seram dan penuh cerita mistis.

Masjid Agung Jawa Tengah

Destinasi tempat wisata berikutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah.

Masjid Agung Jawa Tengah ini memiliki keunikan yang menyerupai masjid nabawi. Dimana terdapat 6 payung yang raksasa yang dapat difungsikan sebagai atap.

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah yang ada di Semarang ini memiliki keunikan terdapat 6 payung raksasa yang dapat dibuka dan ditutup secara electric

Payung raksasa ini biasanya dibuka pada saat jamaah sholat membludag sehingga digunakan untuk menaungi para jamaah dari panas dan atau hujan.

Selain masjid itu sendiri, ada juga menara yang berada tepat di depan Masjid Agung Jawa Tengah yaitu Menara Asmaul Husna yang tingginya mencapai 99 meter.

Di dalam menara terutama bagian dasar terdapat sebuah stasiun radio islam yaitu radio Dais. Lantai berikutnya terdapat museum islam yang memuat sejarah kebudayaan islam. Disini kamu juga dapat melihat pemandangan kota semarang dari puncak menara dengan teropong. Asyik kan….!

Taman Rekreasi Wonderia

Taman Rekreasi Wonderia memiliki banyak sekali wahana yang dapat kamu jadikan destinasi kunjungan ke tempat wisata di Semarang.

Taman Rekreasi Wonderia ini sangat terkenal se antero Semarang dan menjadi tempat favorit liburan bagi anak-anak remaja.

Taman Rekreasi Wonderia adalah salah satu destinasi tempat wisata favorit di Semarang dan Sekitarnya

Untuk menuju ke Taman Rekreasi Wonderia, kamu hanya perlu menuju ke Jl. Sriwijaya No. 29. Disinilah tempat wisata seru yang dapat kamu jadikan pengisi waktu luang selama liburan.

Di sini kamu bisa nikmati berbagai macam wahana yang bisa memicu adrenalin kamu seperti Merry Go Round, Typhoon Coaster, Boom Boom Car, Kiddy Boat,  Super Rally,  dan Space Gyro.

Inilah wahana rekreasi yang bisa kamu nikmati selama berkunjung ke salah satu destinasi tempat wisata yang ada di Semarang.

Untuk masuk ke Taman Rekreasi Wonderia bisa dibilang cukup terjangkau yaitu Rp. 9000 untuk hari-hari biasa dan Rp. 10.000 untuk hari libur. Gimana, tertarik datang ke destinasi tempat wisata Taman Rekreasi Wonderia?

Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong bukan hanya sekedar tempat peribadatan bagi penganut agama Budha.

Kemegahan dan keunikan dari bangunan Pagoda Buddhagaya Watugong juga menjadi ikonnya Semarang.

Pagoda Buddhagaya Watugong merupakan tempat peribadatan pemeluk Budha yang memiliki design oriental dan etnik banget. Cocok untuk foto-foto selfie atau pre-wedding.

Pagoda Buddhagaya Watugong terletak di daerah Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarng.

Tempat ini sangat luas, kira-kira mencapai 2,25 hektar. Jika anda penggemar foto oriental, tempat wisata Pagoda Buddhagaya Watugong ini sangat cocok untuk berburu angle-angle yang cocok untuk membuat foto pre-wedding bernuansa etnis atau bagi kamu yang hobby hunting.

Di dalam area terdapat 5 bangunan, dua diantaranya adalah bangunan utama yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala keduanya dibangun pada tahun 1955. Yang lainnya adalah Monumen Watugong, patung Dewi Kwan Im, patung Buddh.

Jika kamu sedang berada di Semarang, jangan lewatkan salah satu destinasi tempat wisata religi Pagoda Buddhagaya Watugong.

Kota Lama

Destinasi tempat wisata Semarang berikutnya masih bernuansa sejarah.

Inilah Kota Lama Semarang yang letaknya berada di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara.

Salah satu tempat wisata di Semarang adalah kompekd bangunan tua di Kota Lama semarang yang menyajikan pemandangan tempo dulu dengan ikon khasnya yaitu Gereja Blenduk

Tempat wisata Kota Lama Semarang ini dekat dengan stasiun kereta Tawang.

Jadi, jika kamu yang dari luar kota dan naik kereta api ke Semerang, turunlah di Stasiun Tawang. Kamu bisa langkahkan kakimu sambil melihat-lihat bangunan tua sisa-sisa peninggalan Belanda yang masih kokoh.

Bangunan yang paling khas di sekitar kota lama ini adalah Gereja Blenduk yang memiliki kubah di bagian tengahnya.

Gereja ini memiliki design yang khas dengan nuansa eropa bahkan tiang-tiang lampu penerang jalannya pun masih eropa banget.

Nah demikianlah 5 Destinasi Tempat Wisata Di Semarang. Kamu Wajib Datang! Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang lain dan tidak kalah menariknya dengan ke 5 Destinasi Tempat Wisata di Semarang. Makanya, kunjungi yuk!

 

Read more:
Menjadi Cowboy di De’ranch Lembang-Food, Leisure, Knowledge

Menjadi Cowboy di De'ranch Lembang-Food, Leisure, Knowledge - Destinasi tempat wisata unik juga menjadi pilihan orang-orang untuk tempat liburan yang menyenangkan....

Tempat Wisata Floating Market Lembang Bandung

Tempat Wisata Floating Market Lembang Bandung - Bandung merupakan sebuah destinasi wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan yang berasal dari...

Close