Berbicara mengenai keindahan wisata di Indonesia tidak tepat bila melupakan Maluku. Provinsi yang memiliki lebih dari seribu pulau ini dianugerahi panorama alam eksotis yang memanjakan mata. Bila kamu ingin menghabiskan liburan ke sana, berikut rekomendasi 5 tempat wisata populer di Maluku yang sayang bila kamu lewatkan.

-1. Pantai Ngurtafur-

Tempat Wisata Populer di Maluku
Pantai Ngurtafur – kei-islands.com

Dua tahun terakhir, Kepulauan Kei semakin menjadi favorit para penikmat wisata. Tak hanya wisatawan domestik, keindahan Kei juga memikat banyak wisatawan asing. Sejakfestival Meti Kei diselenggarakan oleh pemerintahKabupaten Maluku Tenggara di tahun 2016, keelokan alam setempat semakin terkuak.

Salah satu tempat wisata populer adalah Pantai Ngurtafur.Pantai yang terletak di Pulau Warbal ini memiliki fenomena pasir timbul yang memungkinkan pengunjung berjalan hingga dua kilometer ke tengah laut. Bila beruntung, Klepusher dapat menyaksikan migrasi pelikan dari Australia. Untuk sampai di pantai ini, diharuskan menyeberang menggunakan perahu motor ibukota kabupaten.

-2. Pulau Pombo-

Pulau Pombo – hhsvoyager.org

Meskipun memiliki luas 4 km persegi saja, Pulau Pombo menawarkan keindahan bawah laut yang menawan. Terletak di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, pulau ini dapat ditempuh dari ibu kota Maluku, Ambon menggunakan perahu motor. Karena memiliki kekayaan flora dan fauna yang unik, pulau tak berpenghuni ini ditetapkan menjadi kawasan suaka alam.

Untuk berwisata di Pulau Pombo, Anda harus membawa makanan dan air minum sendiri karena tidak akan dijumpai warung atau kios. Bagi yang gemar menyelam, jangan lupa membawa peralatan lengkap untuk menyusuri keindahan laut sekeliling pulau. Kamu juga bisa berkemah beralaskan pasir putih Pulau Pombo.

-3. Pantai Ora-

Destinasi Tempat Wisata Pantai Ora
Pantai Ora – Piknikasik.com

Tak perlu jauh-jauh ke Maldives untuk mendapatkan foto yang keren. Pantai Ora di Desa Sawai, Maluku Tengah juga menawarkan keindahan serupa. Bentangan pasir putih berpadu air laut bewarna hijau toska dapat kamu nikmati.

Karena banyak dikunjungi wisatawan, fasilitas pariwisata di Pantai Ora sudah dikelola dengan baik. Tersedia penginapan yang berbentuk panggung dan berada di atas permukaan laut. Untuk mencapai tempat ini, kamu memang harus melalui perjalanan yang cukup panjang. Namun, eksotisme Ora akan membuat segala lelah terbayar.

-4. Danau Ninivala-

Tempat Wisata Populer di Maluku - Danau Ninivala
Danau Ninivala – 4.bp.blogspot.com

Maluku tak melulu soal panorama pantai. Salah satu tempat wisata populer di Maluku yang sering dikunjungi adalah Danau Ninivala, yang terletak di Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah. Danau ini menjadi buruan fotografer karena pemandangannya yang unik.

Danau ini memiliki efek gelembung serta terlihat mengeluarkan asap pekat. Awalnya, danau ini diperkirakan sebagai sumber air panas. Anehnya, air yang keluar sangat segar bahkan cenderung dingin. Warna air danau juga biru jernih dan dua batang pohon berdiri kokoh sehingga menarik untuk diabadikan dengan kamera. Danau ini kerap kali disebut Kali Jodoh, karena warga setempat percaya kalau seseorang berenang di dalamnya sambil memikirkan orang yang dicintai konon akan berjodoh.

-5. Pulau Banda-

Pulau Banda – sayangi.com

Selain wisata alam, tak ada salahnya bila Anda menikmati wisata sejarah di Pulau Banda. Tempat yang pernah menjadi titik kejayaan rempah-rempah di Indonesia ini memiliki beragam peninggalan bersejarah. Salah satunya adalah Benteng Belgica, yang terletak di atas perbukitan Tabaleku.

Belgica memiliki konstrkuksi yang kuat karena terdiri dari dua lapis bangunan. Benteng ini merupakan peninggalan Portugis yang diperuntukkan sebagai pusat pertahanan. Pada zaman penjajahan Belanda, benteng ini beralih fungsi memantau lalu lintas kapal dagang.

Jangan lupa pula berkunjung ke Delfika Guest House. Disini sahabat Klepusher dapat menyaksikan barang-barang peninggalan Belanda selama masa penjajahan.

Lima tempat wisata populer ini membuktikan betapa kinclongnya Indonesia. Alih-alihmenghabiskan uang untuk menikmati tempat wisata di luar negeri, lebih baik jelajahi saja keindahan alam Indonesia khususnya Maluku.


Referensi:

http://travel.kompas.com

https://medium.com/pergi-com

https://travelingyuk.com

www.triptrus.com/


Read more:
5 Tips Traveling Ke Pantai Yang Wajib Dilakukan

5 Tips Traveling Ke Pantai Yang Wajib Dilakukan - Tips traveling ke pantai menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi...

Taman Bunga Nusantara
Wisata Ala Eropa Di Taman Bunga Nusantara Cianjur

Wisata Ala Eropa Di Taman Bunga Nusantara Cianjur - Taman adalah tempat rekreasi favorit keluarga.Selain sekedar bersantai bersama keluarga, anda...

Close