Asiknya Liburan Di Sumber Air Panas Cisolok Sukabumi – Jawa Barat, Sukabumi khususnya, selalu menawarkan keindahan alamnya bagi penikmat alam sejati. Jika anda bosan dengan rutinitas kota atau ramai nya tempat wisata kota. Kini tidak ada salahnya anda patut mencoba destinasi wisata sumber air panas Cisolok ini.

Seluk Beluk Tempat Wisata

Wisata sumber air panas Cisolok ini sangat digemari oleh banyak pengunjung. Apalagi disaat musim liburan, selalu dipadati oleh pengunjung baik dari dalam maupun luar kota. Karena pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan laut yang membentang dari pelabuhan Ratu.

Pengunjung akan merasakan sensasi segarnya di sumber air panas ini dengan berendam di aliran sungai. Tentunya tubuh akan lebih bugar setelah mengalami kepenatan dan kelelahan dengan aktivitas rutin biasanya. Sumber air panas Cisolok ini cukup mudah ditemukan yaitu berjarak 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu dan 165 kilometer dari Kota Bandung. Tepatnya berada di desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

sumber-air-panas-cisolok-sukabumi
Semburan Air Panas di Sumber Air Panas Cisolok Sukabumi

Menurut sejarah, dulu awal mula ditemukannya destinasi wisata sumber air panas Cisolok ini oleh warga kolonial Belanda yang pernah tinggal di Sukabumi dan menjadi tempat favorit bagi warga Belanda. Hingga sampai sekarang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai destinasi wisata alternatif warga Jawa Barat khususnya Sukabumi.

Baca juga:

Melongok Ragam Fauna Taman Safari Indonesia Di Balik Hijaunya Vegetasi Hutan

Menelusuri Keanekaragaman Eksotika Di Balik Taman Firdaus Di Asia Yang Didirikan Oleh Botani Belanda

 Biaya Akomodasi

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan dan sensasi hangat dari sumber air panas Cisolok. Harga tiketnya pun cukup terjangkau dan bervariasi untuk setiap jenis kendaraan. Mulai dari Rp. 3.000, 8.000, 13.000 dan 25.000. Untuk fasilitasnya hanya dikenakan tarif 1.000. Ada juga kolam yang bisa dipakai untuk perorangan dengan tarif Rp 5.000,-/jam.

Selain itu, pengunjung juga bisa mandi berendam di kamar mandi tertutup dengan tarif Rp 15.000, sedangkan untuk terapi air panas dikenakan tarif Rp. 35000 (harga sewaktu-waktu dapat berubah). Fasilitas lain yang tersedia yakni jasa pijat tradisional. Ini bisa dijadikan pilihan sebelum berendam.

Sumber Air Panas Wisata Cisolok

objek-wisata-air-panas-cisolok-sukabumi
Semburan air panas disertai uap yang berasal dari sumber air panas cisolok sukabumi

Seperti kita ketahui bahwa berendam di sumber air panas selain bisa membuat kita rileks tentunya sangat baik untuk kesehatan khususnya kulit kita. Karena di dalam sumber air panas Cisolok ini mengandung belerang. Ada keunikan tersendiri di sumber air panas ini, yang ternyata air panas itu disemburkan dari tumpukan bebatuan yang ada di sungai.

Bisa dibayangkan coba, gimana serunya mandi sambil bermain semburan air panas nya. Terdapat tiga titik sumber air panas Cisolok yang memiliki suhu yang sangat tinggi sekitar 80 derajat celcius. Dan semburan ini sama sekali tidak mengandung unsur belerang dikarenakan panasnya ini melewati kulit kerak bumi dan berasal dari (Geyser).

Namun pengunjung dihimbau untuk tidak mendekati sumber semburan ini dikarenakan panasnya yang cukup berbahaya. Jadi bagi pengunjung cukup bermain di aliran sungai saja. Pengunjung pun bisa menyaksikan primata khusus, yakni kera dan lutung yang kadang muncul dan bergelantungan di pohon-pohon di sekitar lokasi sumber air panas Cisolok.

Tidak hanya disuguhkan dengan keindahan alam serta sensasi segarnya berendam di sumber air panas ini, namun pengunjung juga bisa memasak telur yag dibeli dari penjaja sekitar lokasi sumber air panas ini. Memasak telur dengan merendamnya di tempat yang sudah disediakan dan dibutuhkan waktu yang relatif singkat untuk bisa langsung mencicipi serta menyantap telur hasil rendaman tadi. Pastinya sumber air panas Cisolok ini bisa dijadikan alternatif destinasi wisata bersama keluarga, teman maupun rekan kerja.

Untuk anda yang ingin menghabiskan sisa liburan ataupun akhir pekan, anda bisa mengunjungi sumber air panas Cisolok  yang nantinya akan membuat anda lebih segar dengan pemandangan alamnya yang indah sekaligus sumber air panasnya yang memberikan manfaat kesehatan. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika lokasi ini sering kali dikunjungi wisatawan di domestik dari berbagai daerah di Indonesia.

%d bloggers like this:
Read more:
Review Bluetooth Speaker Logitech X100
Review Wireless Bluetooth Speaker Logitech X100

Review Bluetooth Speaker Logitech X100 Merasakan dentuman bass speaker ini membuat saya lupa bahwa saya pernah menggunakan Mifa F4 yang...

Keindahan Destinasi Wisata Air Terjun Curug Putih. Foto @ndunk_ory
Destinasi Wisata Curug Putih Yang Memukau

Keindahan Alam Curug Putih, Destinasi Wisata Yang Memukau - Mengunjungi wisata alam adalah salah satu cara menghibur diri dari kesibukan aktivitas...

Close