Berwisata Budaya yang Seru dan Asyik Di Kampung Kuta Ciamis

By on January 21, 2017

Berwisata Budaya yang Seru dan Asyik Di Kampung Kuta Ciamis – Banyak orang beranggapan bahwa untuk menghabiskan waktu libur sangat cocok jika dihabiskan untuk mengunjungi objek wisata yang menyajikan keseruan dan pemandangan alam yang indah. Akan tetapi sebetulnya untuk mengisi waktu libur Anda juga bisa mengunjungi wisata budaya untuk menambah pengetahuan Anda sekaligus membuat kesan tersendiri pada liburan Anda.

Wisata Kampung Kuta Ciamis

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Jawa Barat dan ingin menikmati suasana liburan yang berbeda maka Anda bisa memilih untuk berwisata budaya ke Kampung Kuta. Pada masa sekarang ini banyak orang yang enggan untuk belajar budaya terlebih mengunjungi objek wisata budaya karena dianggap kuno dan ketinggalan zaman. Akan tetapi anggapan tersebut akan salah jika Anda berkunjung ke Kampung Kuta. Di sini Anda bisa menikmati suasana kampung yang berbeda dan dijamin akan seru, asyik serta tak membosankan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Indonesia merupakan negara kepulauan serta memiliki beragam budaya dan adat istiadat pada masing-masing pulau tersebut. Berbicara mengenai adat istiadat, di Indonesia juga terdapat kampung adat yang merupakan kampung tradisional yang hingga kini tetap mempertahankan adat istiadat dari leluhur.  Salah satu adat Kampung  terletak di Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari Ciamis Jawa Barat dan dikenal sebagai Kampung Kuta Ciamis.

Masyarakat yang tinggal di Kampung Kuta Ciamis memiliki gaya hidup yang unik dan segala sesuatu di Kampung Kuta ini masih tradisional. Tak heran jika kampung ini dijadikan sebagai tujuan wisata yang menarik sekaligus sangat bagus untuk menambah wawasan para wisatawan. Sebetulnya nama Kampung Kuta sendiri dapat diartikan sebagai kampung dengan pagar tembiok. Karena kuta merupakan bahasa Sunda buhun yang berarti pagar tembok.

Sebagai kampung tradisional, pastinya masyarakat setempat yang tinggal di Kampung Kuta Ciamis memiliki cerita tersendiri mengenai sejarah Kampung Kuta Ciamis. Bahkan banyak pula kepercayaan yang berkembang terkait dengan berdirinya kerajaan Galuh. Menurut cerita, konon Kampung Kuta Ciamis ini dulunya akan dijadikan sebagai ibukota kerajaan Galuh naun tidak jadi.

Jika Anda berkunjung ke Kampung Kuta Ciamis ini, Anda dapat menyaksikan secara langsung kehidupan masyarakat setempat yang sangat jauh dari kehidupan modern di perkotaan. Mereka masih sangat kental dengan cara hidup tradisional. Bahkan masyarakat setempat juga memiliki prinsip hidup yang harus dipatuhi diantaranya sistem mata pencaharian, bahasa, keyakinan dan bangunan rumah.

Masyarakat Kampung Kuta Ciamis selalu berupaya untuk menjaga kelestarian alam serta mereka juga mempercayai hutan keramat. Hutan tersebut dianggap dapat memberikan kebahagiaan serta keselamatan, namun sangat tidak dizinkan untuk meminta kekayaan di hutan keramat tersebut. Masyarakat Kampung Kuta juga memiliki hiburan yang sangat unik yaitu berupa kesenian tradisional. Kesenian tersebut diantaranya kliningan, reog, sandiwara, calung, ronggeng, kasidah, tagoni, dan musik dangdut.

Hal yang Unik dan Menarik dari Kampung Kuta Ciamis

Sebagai salah satu kampung adat yang hingga kini tetap melestarikan budaya tradisionalnya, Kampung Kuta Ciamis juga memiliki hal-hal unik yang bisa Anda jumpai pada saat berkunjung ke kampung ini. Hal unik tersebut sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat, bahkan menjadi aturan yang harus dipatuhi.

Masyarakat Kampung Kuta Ciamis biasanya tidak menggunakan sandal, perhiasan atau baju dinas ketika memasuki hutan, tidak boleh meludah, membuat gaduh dan tidak boleh memakai baju hitam-hitam. Tujuannya agar hutan tersebut tidak rusak dan tetap lestari. Masyarakat juga masih mengadakan upacara Nyuguh setiap tahunnya  yang bertujuan untuk melindungi kampung dari segala macam musibah.

Itulah penjelasan mengenai berwisata budaya yang seru dan asyik di Kampung Kuta Ciamis. Selain memiliki aturan yang unik, Kampung Kuta juga menyajikan keindahan alam yang dijamin akan membuat Anda merasa nyaman dan betah berwisata di kampung ini. Masyarakat kampung ini juga sangat ramah namun sebaiknya pengunjung tetap mematuhi peraturan yang berlaku.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
10 Destinasi Wisata Popular Di Pulau Papua
10 Destinasi Wisata Popular Di Pulau Papua

Meskipun tidak se-populer Pulau Bali, pulau yang satu ini memiliki tempat terindah di Indonesia dengan kealamiannya yang asri. Inilah Pulau...

Singgasana Raja Ciungwanara. Foto: @jelajahtasik
Objek Wisata Ciung Wanara

Situs Ciung Wanara - Satu lagi objek wisata di Jawa Barat yang kini banyak diminati oleh wisatawan dari segala penjuru...

Close