Museum Geologi Bandung

Berwisata Sambil Belajar di Museum Geologi Bandung

Berwisata Sambil Belajar di Museum Geologi Bandung – Selain menyajikan wisata alam dan beragam jenis wisata lainnya, Bandung menawarkan wisata edukasi yang dijamin akan membuat anak-anak merasa tertarik. Wisata edukasi Bandung dikemas dengan tampilan dan konsep yang menarik sehingga membuat para pengunjung terutama pelajar tak bosan untuk berwisata sambil belajar. Jika biasanya waktu liburan diisi dengan bermain saja, maka dengan mendatangi wisata edukasi Bandung dijamin akan membuat liburan Anda terasa lebih unik dan seru.

Biasanya kebanyakan anak malas diajak untuk berlibur ke museum karena mereka lebih menyukai objek wisata dengan banyak permainan. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir karena Bandung memiliki wisata edukasi yang dijamin akan membuat anak Anda tertarik yaitu Museum Geologi Bandung.

Museum Geologi ini terletak di Jalan Diponegoro nomor 57 Kota Bandung. Sebagai salah satu wisata edukasi Bandung, museum ini justru sangat ramai dan tak pernah sepi pengunjung. Dengan mendatangi museum ini Anda bisa berwisata sambil menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung

Wisata Edukasi Bandung yang Murah

Banyak orangtua yang ingin mengajak anaknya untuk wisata edukasi akan tetapi terkadang objek wisata tersebut menawarkan harga tiket yang cukup mahal. Bagi para orang tua yang tidak memiliki anggaran terlalu besar untuk mengajak anaknya berwisata edukasi maka tak ada salahnya untuk memilih Museum Geologi Bandung. Museum ini terletak di wilayah yang strategis sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan dari segala penjuru.

Untuk masuk ke wisata edukasi Bandung ini, para wisatawan harus membayar tiket masuk. Untuk dewasa dikenakan tarif sebesar tiga ribu rupiah dan anak-anak sebesar dua ribu rupiah. Harga tiket tersebut tentu sangatlah murah jika dibandingkan dengan wisata edukasi Bandung lainnya. Dengan membayar harga tiket tersebut, pengunjung sudah bisa belajar mengenai bencana alam, pengolahan energi, pemanfaatan sumber daya alam dan masih banyak lagi.

Hal yang Menarik di Museum Geologi Bandung

Sebagai salah satu objek wisata edukasi Bandung, maka museum ini menawarkan banyak hal-hal menarik untuk para pengunjungnya. Pada saat memasuki museum ini Anda akan disambut oleh sebuah patung Dinosaurus berukuran besar dan seolah-olah membuat Anda berada di zaman purbakala.

Museum Geologi Bandung ini memiliki 2 buah lantai dan dibagi lagi menjadi 3 ruangan. Pada ruangan utama terdapat beberapa tema yang bisa menambah wawasan Anda, antara lain sejarah kehidupan, geologi dan kehidupan manusia serta geologi Indonesia. Untuk semakin memperjelas tema tersebut maka di dalam ruangan utama ini terdapat beragam fosil, berbagai jenis batuan alam, bahan-bahan mineral dan lain sebagainya.

Untuk semakin menarik minat pengunjung wisata edukasi Bandung ini, maka diorama museum dibuat dengan konsep 3 dimensi serta adanya video interaktif pada setiap sudut museum. Banyaknya koleksi Museum Geologi membuat para pengunjung menjadi lebih betah untuk berwisata sambil belajar. Selain itu terdapat pula koleksi beragam batu mulia yang menjadi favorit para pengunjung. Terdapat pula alat simulasi gempa dan bisa membuat pengunjung bisa merasakan secara langsung getaran gempa.

Pada setiap lantai Museum Geologi Bandung menyajikan beragam koleksi menarik serta tergolong lengkap. Biasanya masing-masing koleksi museum ini disertai keterangan sehingga para pengunjung bisa membaca keterangan tersebut untuk menambah wawasan dan menjawab rasa penasaran. Jika Anda berencana mengunjungi Museum Geologi, museum ini buka pada hari senin sampai Kamis pada pukul 09.00-15.30 WIB dan Sabtu serta Minggu pukul 09.00-13.30 WIB. Pada hari Jumat dan hari libur nasional, Museum Geologi ini tutup.

Berdasarkan penjelasan diatas kini Anda bisa memasukkan Museum Geologi Bandung dalam daftar rencana liburan Anda bersama keluarga. Sebagai wisata edukasi Bandung yang murah, akan tetapi museum ini memberikan ilmu pengetahuanyang sangat besar bagi para pengunjungnya.

Featured image by: @nadineputrilarasati