Menakjubkan, Eksotisnya Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang – Bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Jawa Barat maka jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu objek wisata alam yang dijamin akan membuat Anda takjub yaitu Curug Tujuh Cibolang. Destinasi Tempat wisata ini merupakan air terjun yang terletak di wilayah pegunungan dan hutan sehingga suasana di sekitar terutama suhu udaranya sangatlah sejuk dan menenangkan.

Pesona Keindahan Curug Tujuh Cibolang

Objek wisata Curug Tujuh Cibolang merupakan sebuah destinasi tempat wisata yang terletak di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu Kota Ciamis. Lokasi air terjun ini tepatnya berada di kawasan Perhutani Resort Pemangkuan Hutan Panjalu. Jika biasanya sebuah destinasi tempat wisata air terjun hanya menyajikan keindahan satu air terjun saja, maka lain halnya dengan Curug Tujuh Cibolang ini. Objek wisata ini justru menyajikan tujuh air terjun dan letaknya saling berdekatan satu sama lain.

Curug Tujuh Cibolang

Adanya tujuh air terjun ini merupakan keindahan tersendiri yang dimiliki oleh objek wisata ini serta menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jika Anda berkunjung ke destinasi tempat wisata ini, maka Anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang masih sangat alami berupa hutan pinus serta dipadu dengan suara gemercik air terjun yang akan membuat suasana liburan Anda semakin menyenangkan dan tak terlupakan.

Tujuh air terjun yang terdapat di Curug Tujuh Cibolang ini masing-masing memiliki keunikan tersendiri dan memiliki nama yang unik. Nama tujuh air terjun ini adalah Curug Satu, Cirig Dua, Curug Tiga, Curug Cimantaja, Curug Cibolang, Curug Cibuluh, dan Curug Cileutik. Semua air terjun tersebut mengalirkan airnya menuju Sungai Cimantaja dan Cibolang. Dari ketujuh air terjun tersebut, air terjun ke empat dan lima memiliki letak yang berdampingan namun terpisah dengan jarak 2 meter saja.

Untuk bisa menikmati keindahan semua air terjun tersebut Anda bisa mengitari bukit terlebih dahulu lalu menapaki jalan setapak mulai dari kaki bukit hingga ke puncak bukit. Perlu Anda ketahui bahwa Curug Satu ini merupakan air terjun paling besar karena memiliki ketinggian hingga 120 meter serta dengan lebar 15 sampai 20 meter. Selain itu, di dekat Curug Satu ini juga terdapat tebing datar. Sedangkan untuk Curug dua terletak di bawah Curug Satu.

Banyak masyarakat yang percaya bahwa salah satu dari air terjun tersebut airnya memiliki khasiat dapat menyembuhkan penyakit kulit. Hal ini disebabkan karena air terjun tersebut berasal dari Kawah Gunung Sawal sehingga mengandung belerang. Sedangkan untuk Curug Tiga, Curug Cimantaja dan Curug Cibolang letaknya hampir sejajar. Untuk Curug Cibuluh dan Curug Cileutik keduanya memiliki ketinggian sekitar 30 meter saja.  Akses menuju kedua air terjun tersebut cukup sulit sehingga Anda perlu lebih waspada.

 Fasilitas yang Tersedia di Curug Tujuh Cibolang

Agar wisatawan yang berkunjung ke tempat indah ini merasa semakin nyaman dan betah maka pihak pengelola wisata setempat telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap demi kepuasan pengunjung. Jika Anda mengunjungi destinasi tempat wisata ini, selain menikmati keindahan tujuh air terjun Anda juga bisa menggunakan fasilitas yang tersedia. Fasilitas tersebut diantaranya lahan parkir untuk kendaraan, papan petunjuk jalan menuju air terjun, pos jaga untuk memantau keadaan di sekitar objek wisata, tempat sampah di sekitar objek wisata, mushola, area api unggun beserta area perkemahan dengan luas sekitar 2 hektar.

Itulah penjelasan mengenai eksostisnya Curug Tujuh Cibolang yang sangat menakjubkan bagi para wisatawan yang berkunjung. Berdasarkan penjelasan di atas, semoga dapat memberikan informasi kepada Anda sehingga lebih tertarik untuk mengunjungi destinasi tempat wisata Curug Tujuh Cibolang. Agar semakin seru sebaiknya Anda mengajak keluarga atau teman-teman Anda untuk berlibur bersama di air terjun ini.