Destinasi Wisata Eksotis dan Misteri Jembatan Sasak Cirahong

Destinasi Wisata Eksotis dan Misteri Jembatan Sasak Cirahong – Jembatan Cirahong merupakan destinasi wisata di Jawa Barat yang tergolong masih baru. Jembatan ini berfungsi untuk menghubungkan Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasik bersama Desa Panyingkiran Kecamatan Ciamis. Jembatan ini panjangnya mencapai 202 meter. Dibangun pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1893 dengan memakai konstruksi baja yang sangat bagus, rapat, dan kokoh. Konstruksinya pernah diperkuat lagi pada tahun 1943.

Keunikan Destinasi Wisata Eksotis dan Misteri Jembatan Sasak Cirahong Jawa Barat

Jembatan Sasak Cirahong sangat unik, sebab berbeda dengan jembatan pada umumnya. Jembatan Cirahong mempunyai dua fungsi, yakni jalur atas jembatan berfungsi untuk lalu lintas kereta api, sedangkan jalur yang bawah berfungsi untuk lalu lintas kendaraan roda empat seperti mobil dan roda dua seperti motor, serta untuk pejalan kaki. Namun tidak ada angkutan umum resmi yang melintasi jembatan ini, kendaraan yang melintas kebanyakan adalah mobil pribadi.

Destinasi Wisata Eksotis dan Misteri Jembatan Sasak Cirahong
Salah satu pemandangan Destinasi Wisata Eksotis dan Misteri Jembatan Sasak Cirahong

Lebar dari Destinasi Wisata Eksotis dan Misteri Jembatan Sasak Cirahong hanya cukup untuk satu mobil saja, jadi tak bisa jika ada digunakan untuk melintas secara bersama-sama. Maka dari itu, di ujung kedua jembatan ada beberapa pemuda yang bersedia mengatur jalannya lalu lintas. Pemuda dari Manonjaya mengatur arus masuknya kendaraan dari ujung jembatan sebelah selatan, sedangkan pemuda dari Ciamis mengatur arus kendaraan dari arah utara. Mereka bergantian menjaga kedua ujung tersebut hingga 24 jam.

Pemuda-pemuda tersebut mendapatkan penghasilan seikhlasnya dari sopir yang melintas di jembatan dan telah dibantu lalu lintasnya ketika melintasi jembatan.

Jembatan Sasak Cirahong Menjadi Ruang wisata

Lokasi strategis yang berada di antara dua bukit di pinggir sungai membuat Destinasi Wisata Eksotis dan Misteri Jembatan Sasak Cirahong terlihat sangat estetik. Karena keindahan tempat dan keunikannya tersebut, maka sekarang jembatan ini menjadi destinasi wisata untuk masyarakat setempat, bahkan ada pula wisatawan dari luar kota yang penasaran hingga mengunjungi jembatan tersebut. setiap akhir pekan di pagi hari, banyak masyarakat yang sengaja berolahraga bersama seperti jogging menuju jembatan.

Jika sore hari, sudah menjadi langganan para kawula muda untuk menghabiskan waktu menikmati panorama di sekitar jembatan sambil menikmati kopi dan menyantap gorengan di warung-warung. Ketika sudah memasuki bulan Ramadhan, Jembatan Sasak Cirahong adalah tempat favorit sejuta umat untuk dijadikan tempat ngabuburit menjelang berbuka puasa.

Momen eksotik yang sangat ditunggu adalah ketika ada kereta yang sedang melintas di atas jembatan, khususnya untuk mereka yang sangat menyukai hobi fotografi.

Wisata Kuliner di Sekitar Jembatan Sasak Cirahong

Di sekitar Jembatan Sasak Cirahong banyak sekali warung yang menjual beraneka ragam makanan. Menu yang ditawarkan bervariasi, kalau yang banyak dijual adalah karedok dan ikan bakar. Dari arah Manonjaya Ada juga toko-toko yang menjual buah-buahan lokal setempat, seperti salak dan nangka. Kalau dari arah pintu Ciamis berdiri dengan gagah rumah makan Sunda yang sangat representatif, yang bisa menambah nilai estetika di sekitar Jembatan Sasak Cirahong.

Cerita Mitos yang Menyeramkan tentang Jembatan Cirahong

Dikutip dari artikel yang ada di alampriangn.com yang mengulas mengenai misteri Jembatan Sasak Cirahong, ternyata jembatan tersebut masih menyimpan cerita-cerita seram di malam hari. Maka dari itu, jangan heran jika tempat ini sering dijadikan lokasi shooting acara hantu di televisi, seperti Dua Dunia, Mister Tukul Jalan-Jalan, Uji Nyali, dan lain sebagainya.

Mengingat tinggi jembatannya adalah 66 meter, siapapun bisa menjadikannya sebagai lokasi yang sangat strategis untuk percobaan bunuh diri dengan cara meloncat dari atas Jembatan Sasak Cirahong. Namun, anda jangan berpikir demikian, ya. Ke sanalah hanya untuk menikmati Destinasi Wisata Eksotis dan Misteri Jembatan Sasak Cirahong.