Destinasi Wisata Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor

By on February 27, 2017
Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang – menjadi salah satu wisata budaya Sunda yang paling terkenal di Kabupaten Bogor. Lebih tepatnya berada di Desa Pasir Eurih, Kec. Tamansari – Kabupaten Bogor. Walaupun wisata Sindangbarang hanya berjarak 5 km dari Kota Bogor, jalan yang harus di lalui cukup sulit karena bentuk jalan yang berkelok-kelok.

Menurut sejarah Kampung Budaya Sindangbarang merupakan bagian kerajaan bawahan, tempat ini sudah berdiri sejak abad ke XII. Berdasarkan penduduk setempat yang mengatakan, bahwa lokasi ini menjadi tempat tinggal dari salah satu istri dari prabu siliwangi. Seiring perkembangan zaman di saat ini, Sindangbarang menjadi wisata budaya Sunda yang terkenal.

Apakah Anda ingin mengenal budaya Sunda? Jika iya, maka Sindangbarang menjadi lokasi wisata yang paling tepat. Pasalnya tempat ini menjadi wisata budaya Sunda yang cukup besar, selain itu Anda juga bisa menikmati banyak hal seperti.

Kampung Budaya Sindangbarang (wisata budaya sunda)

  1. Kesenian Sunda

Pada budaya Sindangbarang terdapat bermacam-macam kesenian khas dataran Sunda, semua alat musik tersebut sudah di revitalisasi dan dilestarikan oleh penduduk sekitar kampung budaya Sindangbarang Bogor.

  1. Seren Taun

Salah satu wisata budaya Sunda yang bisa Anda nikmati, yaitu upacara adat yang dilakukan masyarakat setiap tahunnya. Pada umumnya upacara dilaksanakan setelah panen selesai, sebagai rasa syukur atas hasil panen dan berharap panen berikutnya menjadi lebih baik.

  1. Pelatihan Tari dan Gamelan

Sebagai langkah untuk menjaga kesenian tradisional, disediakan tempat untuk latihan generasi muda secara gratis. Bagi mereka yang berbakat akan ikut pementasan kedatangan tamu, selain menjadi wisata budaya Sunda hal ini bisa meningkatkan pendapatan.

Bukan hanya itu saja, banyak wisata yang dekat dari Sindangbarang. Berikut yang telah dirangum sebagai gahan referensi anda.

  1. Situs Peninggalan Purbakala

Pada lokasi ini terdapat beberapa peninggalan dari kerajaan Pajajaran, dengan berbentuk Punden Berundak yaitu batu tapak, batu diakon dan banyak lagi yang lainnya. Di Kecamatan Tamansari Desa Pasir Eurih Kab. Bogor, tercatat ada 33 punden berundak dan 60 lokasi situs yang lainnya.

  1. Grijaya Culture Village

Grijaya Culture Village menjadi salah satu destinasi wisata budaya Sunda yang cukup menarik di Sindangbarang, sebagai desa adat Grijaya. Lokasinya berada di ketinggian 1200 m dpi, terletak di gunung salak.

  1. Sepatu, Home Industry

Selain wisata Kampung Budaya Sunda di Sindangbarang, Anda juga bisa melihat pembuatan sepatu yang ada di beberapa home industry. Sampai pada saat ini sudah tercatat ada 300 home industry yang ada, jadi kita bisa langsung membeli sepatu dari pabriknya dengan harga cukup murah.

  1. Destinasi Kuliner

Pada saat mengajak keluarga dan si kecil wisata budaya Sunda, kita juga bisa menikmati banyak ragam kuliner yang ada di Jalan Suryakencana. Di sana terdapat banyak tempat jajan yang buka selama 24 jam/hari.

  1. Taman Sri Bagenda

Taman Sri Bagenda menjadi salah satu wisata budaya Sunda yang berharga. Pasalnya tempat itu di percaya sebagai peninggalan dari kerajaan Sunda pada zaman dahulu. Pada wisata ini terdapat sebuah kolam, dengan ukuran 40 x 15 m dan air di kolam berasal dari Sumur Jalatunda.

  1. Kebun Sayur

Banyak penduduk yang tinggal di Kampung Budaya Sindangbarang yang bekerja sebagai petani, maka di lokasi ini menjadi tempat yang banyak ditanam sayuran. Jenis yang paling banyak di tanam pada lokasi tersebut, seperti Bayam dan Kangkung.

  1. Curug Nangka

Selain kita bisa menikmati wisata budaya Sunda di Sindangbarang, Anda juga bisa merasakan wisata alam dengan jarak 1 jam menggunakan kendaraan. Curug Nangka merupakan air terjun yang ada di kaki gunung salak.

Featured image by instagram photo: @destigusmaday26

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Daftar Tempat Wisata Di Jogja Terbaru

Mencari Tempat Wisata di Jogja sangatlah mudah. Ini karena di Jogja memiliki tempat wisata yang sangat banyak jadi jika kamu...

Sayangi Otakmu Dengan Hindari Kebiasaan Merokok Saat Ini Juga

Pernahkah kamu bayangkan otak yang mengendalikan anggota tubuhmu mengalami kerusakan? Kamu akan mengalaminya kalau tidak segera menghentikan kebiasaan merokok. Bahaya...

Close