Empal Asem Kuliner Khas Cirebon

Empal Asem Tanpa Santan Nikmat Tanpa Kolesterol

Makanan bersantan memang sangat gurih dan nikmat. Tapi bagi para penderita kolesterol, makanan yang mengandung santan ini cenderung “dicoret” dari daftar menu.

Empal Gentong, Misalnya.

Kuliner khas Kota Udang ini mirip seperti gulai. Warna kuahnya, bumbunya, hampir mirip.

Meskipun hampir mirip pasti ada perbedaan diantara Empal Gentong dengan Masakan Gulai. Tapi kali ini sparklepush.com tidak bermaksud membahas tentang perbedaan Empal Gentong dengan masakan gulai.

Bagi klepusher yang suka kuliner Empal Gentong yang berbahan dasar daging tapi menghindari kolesterol, ada gok, yang bebas dari santan.

Inilah dia…

Empal Asem, sensasi Empal Gentong yang khas di Cirebon tapi disajikan tanpa menggunakan Santan sehingga aman bagi kamu yang sedang menghindari kolesterol.

Empal Asem Kuliner Khas Cirebon
Kuliner Empal Asem yang Ada di Warung Empal Gentong Haji Apud Cirebon. Image source instagram @Tresti_irawan

Nah, bagi kamu yang ingin menikmati kuliner Empal Asem. Kamu bisa datang ke Rumah Makan Empal Gentong H. Apud.

Kok, H. Apud lagi?

Iya, karena di Warung Makan Empal Gentong H. Apud juga merupakan salah satu warung makan yang menyediakan Kuliner Empal Asem.

Secara visual, Empal Asem memiliki kuah yang bening. Hal ini dikarenakan resep yang digunakan tidak ditambahkan dengan santan tapi menggunakan buah blimbing wuluh yang rasanya asem.

Belimbing Wuluh ini yang digunakan sebagai salah satu bahan resep Empal Asem. Image by kesehatandia.blogspot.co.id

Belimbing wuluh ini nggak ada manis-manisnya, Sob! Kalau digigit dan nempel dilidah rasanya yang ada cuma asem. Tapi begitu dijadikan sebagai salah satu bahan resep Empal Asem merubah kuliner khas Cirebon ini menjadi sedap dan segar.