Rempah Asli Indonesia Yang Mendunia

7 Tanaman Rempah Asli Indonesia yang Mendunia

Bisa jadi, dunia tidak ingin lepas dari peranan Indonesia yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia secara umum.

Kenapa demikian?

Karena disinilah ada banyak jenis dan nama rempah rempah Indonesia yang sangat dibutuhkan oleh negara manapun di hampir seluruh belahan dunia.

uniknya lagi, setiap daerah memiliki nama rempah-rempah yang berbeda meskipun bisa saja sama.

Namun, meskipun memiliki nama rempah rempah Indonesia yang berbeda beda di tiap daerahnya akan tetapi rempah rempah ini tetap menjadi salah satu komoditi penting dalam perdagangan dunia.

Klepusher, di negeri Nusantara ini terdapat lebih dari 16 jenis rempah rempah yang secara umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Oleh karena itu, mestinya kita sebagai penduduk nusantara bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan penduduk negeri tropis ini dipenuhi dengan rempah rempah nusantara yang sangat berlimpah.

Bisa saja dari 16 lebih nama rempah rempah nusantara ini biasa kita pakai dalam kehidupan kita sehari baik untuk kunci resep makanan atau untuk bahan obat-obatan yang bermanfaat bagi stamina dan kesehatan manusia.

Dari 16 Jenis rempah-rempah nusantara yang memiliki banyak sekali manfaat, kali ini sparklepush.com rangkum dalam 7 Tanaman Rempah Asli Indonesia yang Mendunia khususnya jenis rempah yang paling banyak dicari di Eropa.

Apasajakah mereka? Terus disimak ya! Barangkali salah satu diantaranya ada di kebun halaman belakang ata depan rumah kamu.

-Cengkeh-

Mestinya kita kagum dan heran bahwa Cengkeh, salah satu negara terbesar penghasilnya adalah Nusantara.

Ya, Indonesia memiliki garis sebar yang sang sangat tebal dalam produksi dan distribusi komoditi rempah yang disebut dengan nama latin Syzgium aromaticum.

Jika kamu adalah orang yang bertempat kelahiran di Sulawesi, Jawa, Bali, Maluku serta Sumatra maka kamu patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena di pulau-pulau itulah tanaman Cengkeh ini tumbuh dan dibudidayakan.

Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang sering disebut-sebut sebagai penghasil Cengkeh ialah Kabupaten Trenggalek.

-Lada-

Lada, Orang Jawa kebanyakan menyebutnya dengan nama Merica ata Mrica. Tumbuhan asli Indonesia ini merupakan salah satu komoditi rempah dunia yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Kok, bisa?

Ya-lah, karena banyak sekali masakan di seluruh dunia yang menggunakan Mrica atau Merica dan atau lada sebagai salah satu bumbu utama dalam resep makanan.

Sebut saja, Steak, Makanan Eropa ini menjadikan lada sebagai salah satu bahan resep untuk membuat Steak yang enak dan lezat.

Lada sendiri sebenarnya sudah sangat dibutuhkan sejak jaman dahulu. Bahkan konon, kepulauan Indonesia merupakan pulau-pulau yang diperebutkan oleh penjelajah eropa yang berusaha menemukan rempah-rempah di sumebrnya langsung.

-Seledri-

Jika kamu penikmat masakan eropa, kamu pasti akan makin bangga dengan kinclongnya Indonesia yang bukan hanya dari Tempat Wisatanya saja tapi juga dari Seledri.

Ada apa dengan Seledri?

Yang perlu di-garisbawah-i dari masakan eropa adalah cita rasanya yang tidak tajam.

Jika kamu pernah makan Rujak dan Salad pasti kamu bisa membedakan dengan lebih jelas dan tegas.

Ya, intinya sih, Masakan eropa memiliki cita rasa yang ringan dan tidak terlalu tajam. Seperti yang dicontohkan tadi Rujak VS Salad, mana yang lebih tajam?

Nah, Seledri ini termasuk dalam daftar nama rempah yang ada dalam resep masakan eropa, lho!

-Pala-

Pala, Juga merupakan salah satu tumbuhan rempah asli Indonesia yang sering dipakai oleh internasional untuk berbagai macam keperluan dan kebutuhan manusia.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan secara langsung adalah untuk menghangatkan badan. Biasanya dapat disajikan dalam bentuk minuman ringan. Bir Pletok misalnya, Minuman Betawi ini juga menggunakan Pala sebagai salah satu bahan resep pembuatannya.

Untuk daerah persebaran Pala dan penghasilnya terdapat di 6 daerah berikut, yaitu Bengkulu, Sulawesi Tenggara Maluku, Sulawesi Utara, Papua, Sulawesi Selatan.

Klepusher ada yang lahir dari 6 daerah penghasil Pala seperti yang disebutkan di atas? Jika iya, maka kamu perlu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menjadikan daerah kelahiran kamu sebagai salah satu daerah yang sangat penting dari belahan dunia yang lain.

-Kayu Manis-

Ngulas tentang Rempah Asli Indonesia yang satu ini mengingatkan kita pada salah satu Band Musik terkenal bernama D’Cinnamon yang karyanya punya citarasa khas.

Sebenarnya nama lain dari kayu manis yang merupakan rempah asli Indonesia adalah Cinnamon. Jadi, wajar jika nama ini disematkan pada salah satu Band Musik Asli Indonesia yang punya karya yang khas.

Mirip D’Cinnamon, kayu manis juga memiliki aroma yang khas banget yang nggak ada pada rempah – rempah asli Indonesia lainnya.

Pemanfaatan Kayu Manis pun terbilang sangat beragam. Mulai dari kesehatan, masakan, minuman, dan obat-obatan.

Kayu manis sangat dibutuhkan oleh orang-orang barat. Itulah sebabnya kita perlu bersyukur meskipun negara kita belum se-kaya negeri orang-orang barat tapi mereka tetap membutuhkan Kita. Inilah yang disebut dengan kuasa Tuhan Yang Maha Esa, menjadikan manusia satu dan yang lainnya tetap saling membutuhkan.

Dari Kayu Manis, Kinclongnya Indonesia jadi nambah satu poin lagi.

Kok 1 Poin lagi?

Iya, Karena Indonesia merupakan Negara terbesar penghasil Kayu Manis mengalahkan 3 negara lain yaitu China, Vietnam dan Sri Lanka.

Cieeehhh, makin Cinta sama Indonesia, Kan…!?

Lalu siapakah 7 Tanaman Rempah Asli Indonesia yang Mendunia pada nomor ke 6?

-Jahe-

Jahe…

Iya, benar…, Jahe…!

Sudah pernah kan konsumsi jahe?

Ada banyak sekali minuman yang bahan-bahan resep pembuatannya menggunakan Jahe.

Sebut saja Bajigur, Ronde, Bir Pletok, dan masih banyak lagi minuman lain yang tidak bisa disebutkan satu demi satu.

Ada pula masakan yang resep masakannya menggunakan Jahe. Sebut saja sendiri satu demi satu…!

Mengapa orang eropa nguber-uber jahe hingga ke tanah Nusantara?

Rasanya yang hangat dan pedas. Rasa ini tentunya tidak didapat dari tanaman rimpang manapun selain Jahe.

Alasan yang berikutnya adalah di daratan eropa tidak ada jahe. Tumbuh aja enggan.

Jahe hidup dan tumbuh di sekitar khatulistiwa. Ini berarti, Negeri kita tercinta juga termasuk didalamnya.

Nah, makin kinclong Indonesia pula dengan tanaman rimpang Jahe ini.

Dan apakah 7 tanaman rempah asli Indonesia yang mendunia pada nomor terakhir, yaitu nomor ke 7?

-Terserah Klepusher-

Terserah klepusher maksudnya terserah agan dan sista yang lagi asyik baca artikel ini. Ada banyak rempah di Indonesia yang tidak bisa dibahas dalam satu halaman artikel ini.

Klepusher juga mustinya sudah ngantongin nama tanaman rempah asli Indonesia yang dari tadi sudah harap-harap cemas disebutin di artikel ini.

Indonesia memang kaya yah, mulai dari tanaman dan hewan, sumber daya alamnya, dan berbagai macam kekayaannya yang patut kita syukuri dengan melestarikan dan memanfaatkannya sebaik mungkin bagi kehidupan berbangsa dan negara.


Featured image by faunadanflora.com