Sunset Indah di Pantai Ranca Buaya

Indahnya Sunset Di Pantai Ranca Buaya

Indahnya Sunset Di Pantai Ranca Buaya –¬†Dikenal dengan nama Panti Ranca Buaya, salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Garut atau tepatnya di Desa Purbayani Kecamatan Carigin ini merupakan salah satu tempat yang banyak dilirik para wisatawan yang berkunjung ke Garut. Hal ini dikarenakan bahwa lokasi wisata ini telah menjadi icon bagi kota Garut itu sendiri.

Jika dilihat dari sisi geografis, Panti Ranca Buaya ini berbatasan dengan Desa Indralayang pada sisi selatan, dengan sisi timur adalah Desa Sinarjaya dan untuk sebelah barat adalah hamparan luas birunya Samudera Hindia. Nah, hamparan Samudra Hindia inilah yang mempertegas indahnya sunset di Pantai Ranca Buaya.

Tidak mengherankan jika ombak yang ada di lokasi ini terkenal sangat besar sehingga kamu sangat tidak disarankan untuk melakukan aktivitas berenang di lokasi ini.

Selain itu, dilihat dari sisi infrastruktur pantainya, Pantai Ranca Buaya ini memiliki dasar karang yang besar dan juga terjal.

Itulah mengapa menikmati indahnya sunset di Pantai Ranca Buaya dengan berfoto ria lebih banyak dilakukan oleh para pengunjung daripada berselancar.

—Rute Perjalanan—

Untuk kamu yang ingin melihat indahnya sunset di Pantai Ranca Buaya nggak perlu bingung.

Apalagi kalau kamu pernah menghabiskan waktu liburan kamu di Pantai Sayang Heulang.

Yup, indahnya sunset di Pantai Ranca Buaya ini bisa kamu nikmati hanya dengan menempuh perjalanan sekitar 25 km dari Pantai Sayang Heulang ini.

Jadi, Traveler yang berangkat dari jalur Garut bisa meluncur ke wilayah Pameungpeuk dengan jalan yang bisa dibilang baik, lah.

Dengan menelusuri jalan ini, maka kamu nantinya akan tiba di tempat wisata pantai Ranca buaya.

Bagaimana jika traveler seperti kamu berdomisili di sekitar Bandung atau dari arah Bandung?

Jika kamu bertolak dari arah Bandung dan ingin menikmati indahnya sunset di Pantai Ranca Buaya, maka kamu bisa cari jalan yang jalurnya melewati Pangalengan hingga nantinya akan mengarah pada destinasi wisata tersebut.

Sedangkan untuk traveler yang ingin menikmati touring melalui jalan lintas Selatan pulau Jawa, maka kamu bisa melewati jalur yang mengarah ke Ciwidey yang kemudian akan tiba di lokasi pantai tersebut.

-Eksotika Pemandangan Pantai-

Pada dasarnya, banyak sekali alasan yang menjadikan para wisatawan berkunjung ke lokasi pantai ini.

Dan, salah satunya adalah keindahan Sunset Di Pantai Ranca Buaya. Dengan kata lain, pesona indah batu karang yang besar serta tebing batu yang cukup terjal dan hantaman ombak yang setiap kali datang menghempas batuan tersebut merupakan pemandangan alam yang tidak ternilai harganya.

Bahkan, lebih uniknya lagi, di Panti Ranca Buaya ini ada sebuah air terjun yang mengarah pada bibir pantai sehingga hal yang demikian ini sangat cocok untuk diabadikan dalam momen untuk selfi.

Indahnya Sunset di Pantai Ranca Buaya
Suasana sunset di Pantai Ranca Buaya yang diabadikan oleh salah satu pengunjung. Foto: @jayantimutiadewi

Sedangkan untuk kamu yang ingin melihat hasil tangkapan para nelayan, maka kamu juga bisa menelusuri Pantai Ranca Buaya yang sebenarnya juga merupakan pantai pelabuhan.

So, sambil nunggu waktu yang tepat saat-saat indahnya sunset di pantai Ranca Buaya, kamu bisa sambil berbelanja ikan di sini. dengan membeli ikan di sini, pastinya anda akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Nelayan Pantai Ranca Buaya
Di Pantai Rancabuaya ini tempat banyak nelayan yang melabuhkan hasil tangkapannya. Jadi anda bisa membelinya langsung, bukan dari tengkulak. Foto: @andrereshnaf

Setelah aktivitas berbelanja ikan, maka anda yang ingin memiliki pengalaman berlibur yang tidak terlupakan, maka anda bisa membakar ikan-ikan tersebut secara langsung. Pastinya hal yang demikian ini akan menjadikan suatu pengalaman tersendiri bagi anda yang sedang berlibur di Panti Ranca Buaya.

-Kondisi Pariwisata-

Dikatakan bahwa pada dasarnya, lokasi wisata pantai yang sangat indah ini belum dikembangkan secara utuh. Pasalnya, lokasi wisata ini sekarang hanya dikelola oleh pihak Kelompok Penggerak Wisata ( Kompepar ) yang dalam hal ini sebanyak 70% tanah masih dimiliki oleh warga sekitar dan untuk sisanya dimiliki oleh desa.

Bahkan, pihak pemerintah juga kurang memperhatiak potensi wisata tempat ini, padahal jika dilihat dari jalurnya yang sangat mulus, Panti Ranca Buaya ini sangat cocok untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata saat dikelola dengan sangat baik.

Bagi anda yang berencana menghabiskan masa liburan, maka anda bisa mengunjungi lokasi Panti Ranca Buaya yang akan memanjakan anda dengan ragam keindahan alam. Selain itu, anda juga akan disajikan dengan pemandangan batu karang dan tebing yang akan dihempas oleh ombak besar samudera hindia yang pastinya sangat menarik. Untuk itu, segera kunjungi lokasi wisata pantai ini sekarang juga!