Informasi Wisata Dan Hotel di Banda Aceh

By on September 20, 2016

Banda Aceh merupakan salah satu wilayah dibawah naungan negara kesatuan Republik Indonesia. Banda Aceh sendiri adalah jantungnya provinsi Aceh yang sebelumnya pernah bernama Nangroe Aceh Darusalam dan pernah juga disebut dengan Daerah Istimewa Aceh.

Letaknya yang berhadapan langsung dengan selat Malaka menjadikan Kota Banda Aceh sebagai kota yang sibuk dengan perdagangan internasional. Selain itu Banda Aceh Juga memiliki tempat-tempat wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengisi liburan kamu kali ini. Contohnya, kamu bisa berkunjung ke Masjid Baiturrahman di Banda Aceh yang sangat megah dengan dikelilingi 7 menara dan kolam besar mirip Taj Mahal di India.

Punya rencana jalan-jalan dalam waktu dekat ini? Siapkan pulpen anda dan mulailah membuat daftar kunjungan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Kota Banda Aceh untuk mengisi liburan anda kali ini. Yang namanya jalan-jalan itu nggak harus ke tempat wisata alam seperti pantai, bukit, gunung, air terjun, puncak, tapi juga bisa dalam bentuk hunting kuliner, ziarah, souvenir dll. Nah, mumpung jalan kepo kali ini lagi ingin menggali informasi wisata dan hotel di Banda Aceh ini, yuk simak. Ada apa aja sih di Kota Banda Aceh.

Masjid Baiturrahman

Masjid ini dikenal sebagai Taj Mahal-nya Indonesia, demikianlah sekiranya yang termuat dalam situs sparklepush.com pada artikel “10 Tempat Wisata Di Aceh Paling Banyak Dikunjungi”. Kamu tentunya tahu kan Taj Mahal? Itu Lho, sebuah makam permaisyuri dari raja India yang dibuat sangat mewah dan megah dengan arsitektur seperti Masjid dan di depannya ada Kolamnya. Nah, Masjid ini katanya sih, dilihat dari posisinya memang mirip, ada kolamnya juga. Tapi Ini Masjid, Sob. Tempat para muslim di Banda Aceh melaksanakan ibadah sholat sebagai wujud penghambaan para muslim kepada Allah.

Cukup Jalan kaki saja untuk menuju ke Masjid Raya Baiturrahman ini dari hotel tempat kamu menginap, itung-itung olah raga. Timing yang tepat untuk mengabadikan moment berada di Masjid ini adalah pada saat jam-jam sepi seperti pada saat subuh karena pada saat subuh ini sedikit orang yang keluar-masuk masjid sehingga mengurangi rasa risih.

Puncak Geureutee Aceh

Jika masih ingin menghabiskan liburan di Kota Banda Aceh dan dengan suasana yang berbeda dari sebelumnya (Masjid Raya Baiturrahman), Puncak Geureutee Aceh bisa jadi hal berikutnya yang bisa kamu lakukan selama berada di Kota Banda Aceh. Puncak Geureutee Aceh merupakan tempat wisata alam yang menyajikan pemandangan alam yang cantik. Tentunya akan lebih nikmat jika saat melihat pemandangan alam Banda Aceh yang indah ini ditemani dengan secangkir teh atau kopi. Pasti akan menambah kesan yang mendalam selama liburan di Kota Banda Aceh.

Ayam Goreng Pramugari

Ayam Goreng Pramugari bisa jadi daftar wisata kuliner kamu yang paling atas. Sebab, jika kamu berasal dari luar Banda Aceh dan menggunakan pesawat, Warung Makan Ayam Goreng Pramugari ini paling banyak dikunjungi. Memang, lokasinya saja dekat dengan Landasan Udara Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang tentunya menjadikan warung makan ini incaran para pengunjung Kota Banda Aceh yang kelaperan setelah terbang beberapa jam dari luar Sumatra. Ada yang menyebutkan bahwa dulunya warung makan Pak. Sofyan, demikian nama pemiliknya, kerap dikunjungi para pramugari sehingga nama masakan ayam gorengnya dikenal sebagai Ayam Goreng Pramugari. Ada juga yang menyebutkan bahwa ayam goreng yang disajikan di warung makan Ayam Goreng Pramugari ini ayamnya memiliki leher yang panjang dan kaki yang panjang pula, persisi seperti bentuk tubuh ideal para pramugari. Padahal sebenarnya ayam goreng pramugari ini menggunakan ayam kampung yang memang secara fisik lebih jangkung dan “langsing” dibanding ayam broiler.

Kopi Sanger, Kopi Khas Aceh

Sebenarnya Ayam Goreng Pramugari di Blang Bintang ujung landasan udara Sultan Iskandar Muda ini hanya gongnya saja alias kuliner pembuka saat kamu baru saja menginjakkan kaki di tanah rencong. Masih ada ragam kuliner yang bisa kamu nikmati selama berada di Kota Banda Aceh dan berikutnya adalah Kopi Sanger Khas Aceh.
Pecinta kopi wajib mencicipi ini dan wajib pula mendeskripsikan bagaimana rasanya minum Kopi Sanger Khas Aceh ini.

Kopi Sanger khas Aceh ini disajikan di dalam cangkir kecil. Secara visual, minuman kopi ini berwarna coklat keruh dan kental. Bahan dasar untuk membuat kopi ini adalah susu kental manis, Menurut keterangan yang tertera di blog kaisosogarcia.blogspot.co.id menuliskan bahwa Sanger adalah jenis Kopi hitam khas Aceh yang dipadukan dengan susu kental manis dan gula. Bedanya dengan kopi susu biasa adalah minuman ini memiliki komposisi 3 banding 1 antara kopi dan susu. Sayangnya untuk originalitas Kopi Sanger masih dipertanyakan seperti keterangan yang disebutkan oleh kaisosogarcia pada artikelnya yang berjudul “Sejarah dan Arti Dari Sanger (Kopi Khas Aceh)” yang menyebutkan bahwa kata Sanger itu sendiri berasal dari singkatan sebuah frase “sama-sama ngerti” yang kemudian disingkat menjadi SANGER. Untuk lebihlengkapnya, kamu bisa googling deh.

Nah. Bagi kamu yang sudah bertekat bulat untuk datang ke kota Banda Aceh ini segera siapkan segala yang dibutuhkan dan mulialah membuat daftar kunjungan yang disesuaikan dengan rute perjalanan. Perencanaan dalam kegiatan liburan sangat penting dilakukan agar kamu tidak over budget pada saat berada di lokasi. Untuk urusan akomodasi, kamu tidak perlu khawatir. Informasi wisata dan hotel di Banda Aceh bisa kamu dapatkan disini.

Ada banyak hotel yang bisa kamu dapatkan selama berada di Kota Banda Aceh. Hermes Palace Hotel adalah hotel termewah yang ada di Kota Banda Aceh. Hermes Palace Hotel ini berlokasi di Jl. T.Panglima Nyak Makam, Nanggroe Aceh Darussalam, Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Hotel bintang 4 di Banda Aceh ini memiliki jumlah kamar yang cukup banyak yakni mencapai 106 buah kamar yang bisa anda pilih sesuai dengan budget yang anda miliki. Tentunya, fasilitas hotel yang sangat lengkap akan berbanding lurus dengan harga yang lumayan “lengkap” juga deretan angka 0 yang membuntutinya. Namun jika kamu ingin berhemat asalkan dapat tempat untuk menginap, di Kota Banda Aceh juga banyak yang menyediakan kamar dengan harga yang sesuai dengan kantong para backpaker.

Umumnya, hotel yang memiliki harga lebih miring untuk dipesan adalah hotel kelas bintang 1 yang memang menawarkan fasilitas kamar yang standar. Harga hotel bintang 1 dan bintang 2 di Kota Banda Aceh terbilang cukup kompetitif dan ramah di dompet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sudah informasi hotel di kota Banda Aceh yang harga per kamar hotelnya mulai dari Rp. 300.000-an ke bawah.

Crystall Guesthouse
Jl. Sultan Iskandarmuda No.3C, Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23231
Hotel Bintang 1
Jumlah kamar 6
Wifi tidak ada keterangan detial
Harga per kamar hotel mulai dari Rp. 99.174

Hotel Meurah Mulia
Jl. Prada Utama No.23 A, Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23115
Hotel Bintang 2
Jumlah kamar 23
Wifi tidak ada keterangan detial
Harga Per Kamar hotel mulai dari Rp. 181.415

Siwah Hotel
Jl. Twk. Muhammad Daudsyah No. 18-20, Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23122
Hotel Bintang 1
Wifi Gratis
Harga Kamar Hotel Mulai dari Rp. 187.438

Wisma PMI
Komplek Pmi Provinsi Aceh, Jalan Jeumpit Ajun No.58, Darul Imarah, Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23352
Hotel Bintang 1
Wifi Gratis
Harga Kamar Hotel Mulai dari Rp.214.876

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan
Manfaat Batang Pepaya, Dari Kuliner Hingga Obat Susah Kentut

Manfaat pepaya memang sangat banyak. Seperti yang pernah sparklepush.com sebutkan pada pembahasan sebelumnya yang diawali dengan membahasan manfaat akar pohon...

Bersih Itu Sehat, Tapi Terlalu Bersih Itu Nggak Sehat!
Bersih Itu Sehat, Tapi Terlalu Bersih Itu Nggak Sehat!

Ketika masih kecil, kamu tentunya diajari agar rajin menjaga kebersihan. Sayangnya kamu mungkin belum paham betul mengenai karakter bersih yang...

Close