Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol

Mengintip Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol Untuk Wisata Edukasi

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol – Sudah sejak lama Bogor dikenal sebagai kota edukasi maupun konservasi alam. Seperti misalnya Kebun Raya Bogor. Namun Bogor juga memiliki tempat konservasi hutan lain untuk wisata edukasi, yaitu Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol. Jika anda ingin menikmati keindahan hutan sekaligus belajar tentang alam, bisa berkunjung ke sini. Tempat ini bisa menjadi alternatif wisata selain Kebun raya Bogor. Apakah anda ingin mengenal lebih jauh seperti apa tempat wisata di Bogor ini? Berikut akan diulas tentang Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol.

Berbagai Lokasi Yang Bisa Disinggahi

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol adalah salah satu tempat wisata edukasi yang menyenangkan. Wisata ini terletak di jalan Raya Bogor dimana berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan memiliki ketinggian 800 mdpl. Jika berangkat dari Jakarta, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

Tempat ini memiliki fungsi utama yaitu untuk edukasi tentang hutan hujan tropis kepada masyarakat secara luas. Selain itu, memiliki beragam jenis tanaman dan satwa seperti elang jawa dan owa jawa. Wisata ini sudah didirikan sejak tahun 1998 dan didukung oleh lembaga seperti Conversation International Indonesia dan Yayasan Alam Mitra Indonesia.

Sejak didirikan hingga saat ini, Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol sudah dikunjungi oleh ratusan ribu orang. Mereka rata-rata adalah keluarga, anak sekolah, peneliti, perusahaan, dan masyarakat secara luas. Para pengunjung ini datang dengan berbagai tujuan, ada yang ingin sekedar melepas penat, belajar tentang konservasi hutan, hingga mengadakan penelitian dan pelatihan.

Di tempat ini anda bisa singgah di beberapa spot menarik. Antara lain jembatan kanopi, air terjun, tempat camping, serta hutan luas yang indah dan rindang. Spot-spot tersebut dijamin dapat membuat menyegarkan tubuh dan pikiran kita.

Program Dan Biaya Kunjungan Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol.

Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol menawarkan 3 program kepada pengunjung, yaitu pendidikan, penelitian dan ekowisata. Program pendidikan ditujukan untuk anak sekolah maupun masyarakat secara luas. Program ini berisi pengenalan dan pemberian arahan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam.  Program penelitian biasanya ditujukan untuk mahasiswa atau kelompok tim peneliti. Program penelitian biasanya untuk mempelajari dan mengembangkan berbagai tumbuhan di hutan.

Sedangkan program ekowisata biasanya diminati oleh perusahaan maupun masyarakat secara luas. Program ekowisata ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan daerah wisata berbasis lingkungan. Setiap program tersebut disediakan pemandu yang terlatih, yang siap mendampingi anda.

Jika anda tertarik dengan program yang diadakan pihak tempat wisata ini, maka anda akan dikenai biaya. Biaya ini bisa dihitung per hari, atau jika anda mengikuti program lebih dari satu hari bisa memilih paket. Biaya tersebut juga disesuaikan dengan pengunjung umum atau pelajar.

Untuk pengunjung umum, dikenai biaya mulai Rp.35.000.00 hingga Rp.60.000,00 per hari. Untuk pelajar dikenai biaya mulai Rp.25.000,00 hingga Rp.40.000.00 per hari. Biaya ini sudah mencakup tiket, asuransi, minuman, dan pemandu. Bila anda ingin berkeliling area konservasi ini, bisa menyewa mobil jeep dengan membayar biaya sewa sebesar Rp.400.000,00 per unit.

Tempat konservasi hutan ini diharapkan memiliki berbagai fungsi ke depannya. Antara lain dapat menjadi sarana penyalur ilmu, sebagai pusat penelitian dan pengembangan berbagai tumbuhan dan hewan, serta menjadi daerah wisata yang maju. Demikian ulasan mengenai Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol. Selamat berwisata dan semoga bermanfaat.

Featured Image by: MisterAladin