4 Ajaran Suku Samin yang Masih Bertahan Sampai Sekarang – Ajaran suku Samin menjadi perhatian banyak orang karena sangat unik dibandingkan suku lainnya. Suku yang berada di Blora, Jawa Tengah ini sangat mengutamakan persaudaraan. Mereka terkenal dengan semboyan sedulur sikep ‘persaudaraan kental’. Suku Samin tidak peduli dengan materi. Ajaran yang masih dipegang teguh hingga saat ini adalah larangan bersikap iri, bertengkar, mengambil hak orang lain, sombong, dan tradisi untuk pasrah kepada Tuhan.

Klepusher pasti makin penasaran dengan suku Samin ini. Mereka tidak mendiami suatu daerah tertentu saja. Selain di Blora, Jawa Tengah, beberapa peneliti menyebutkan orang Samin juga tinggal di daerah Pati dan Kudus, Jawa Tengah, bahkan sampai Bojonegoro, Jawa Timur. Mereka tidak memiliki rumah adat, baju adat, dan bahasa daerah. Hal yang menjadi ciri khas suku Samin di mana saja mereka berada adalah tradisi yang dipegang.

Orang Samin terkenal jujur, polos, dan apa adanya. Beberapa orang bahkan menyebutkan samin sebagai sebuah ejekan untuk orang-orang yang sangat lugu sehingga terlihat konyol. Agar Klepusher tidak makin penasaran, inilah 4 ajaran suku Samin yang masih bertahan sampai sekarang.

-1. Persaudaan Lebih Penting daripada Materi-


Persaudaan Lebih Penting daripada Materi – istijabsangel.files.wordpress.com

Bagi suku Samin, hal yang paling utama adalah persaudaraan. Kepentingan bersama merupakan hal yang harus didahulukan daripada individu. Mereka tidak memiliki sifat iri dan menjauhi pertengkaran dengan orang lain.

Suku Samin tidak memikirkan materi. Mereka sangat pasrah kepada Tuhan mengenai rezeki. Mereka juga menganggap semua orang adalah saudara, tidak peduli ras, suku, dan agama yang dianut.

Salah satu sumber menyebutkan empat perilaku dasar suku Samin yang menunjukkan persaudaraan. Mereka tidak mengganggu orang lain, tidak mengambil milik orang lain, mencari makan dari miliknya sendiri, dan menjaga perilaku baik. Ajaran tersebut menyebabkan suku Samin hidup dengan aman, damai, dan tenteram.

-2. Suku Samin Hidup dengan Bertani dan Pantang Berdagang-


Suku Samin Hidup dengan Bertani dan Pantang Berdagang – 3.bp.blogspot.com

Ajaran suku Samin dalam hal pekerjaan adalah bertani. Suku Samin beranggapan manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah. Jadi, manusia berhutang budi dengan bumi. Maka, bumi dan hasilnya juga harus dijaga dengan baik. Mereka mengambil hasil bumi seadanya. Tidak ada keinginan untuk mengkesploitasinya. Mereka takut hasil bumi akan dihabis jika tidak dihemat pemakaiannya.

Suku Samin juga antiberdagang. Mereka percaya bahwa segala bentuk perdagangan itu tidak jujur. Harga barang yang dibeli dan dijual tidak sama. Kepolosan suku Samin beranggapan keuntungan yang diambil saat berdagang itu tidak benar.

-3. Penganut Agama Adam-


Penganut Agama Adam – cdn2.tstatic.net

Barang kali Klepusher baru mendengar agama Adam. Inilah agama yang dianut oleh suku Samin. Agama Adam berupa ajaran untuk mengikuti jejak Nabi Adam sebagai utusan Tuhan yang dikirim pertama kali ke bumi.

Agama Adam tersebut disimpulkan dari janji yang mereka ucapkan saat pernikahan. Janji tersebut adalah “Sejak Nabi Adam pekerjaan saya memang kawin. (Kali ini) mengawini seorang perempuan bernama…… Saya berjanji setia kepadanya. Hidup bersama telah kami jalani berdua.”

Pernikahan berdasarkan agama Adam tidak mengenal poligami karena nabi Adam hanya memiliki satu pasangan. Oleh karena itu, suku Samin setia dengan pasangan mereka untuk seumur hidup. Jika pasangan telah meninggal dunia baru diperbolehkan menikah lagi.

Suku Samin memandang pernikahan sebagai hal yang sangat penting. Pernikahan menurut mereka adalah sarana untuk mencapai keluhuran budi yaitu untuk mendapatkan atmaja utama ‘anak yang mulia’.

-4. Suku Samin Tidak Mau Membayar Pajak-


Suku Samin Tidak Mau Membayar Pajak – pajak.go.id

Suku Samin tidak percaya dengan pemerintah. Mereka beranggapan pemerintah adalah kapitalis. Salah satu wujud kapitalisme adalah kewajiban membayar pajak. Mereka percaya bahwa tanah atau bumi adalah milik Tuhan yang bebas dihuni oleh siapa pun sehingga mereka tidak mau membayar pajak.

Kinclongnya Indonesia dapat Klepusher lihat dari ajaran suku Samin yang unik. Mereka sangat polos dan jujur. Mereka juga setia melestarikan alam. Gubernur Jawa Tengah bahkan mengatakan, suku Samin tidak boleh diusik keberadaannya. Mereka mewakili keanekaragaman Indonesia.

Daftar Pustaka

Data ajaran suku Samin diambil dari:

http://www.netralnews.com/news/rsn/read/90673/ingin.tahu.pekerjaan.suku.samin.iya..kaw

http://regional.kompas.com/read/2016/12/16/07491931/bertahan.hidup.dengan.ajaran.samin

http://blog.unnes.ac.id/budayaindonesia/2016/11/07/suku-samin/

https://phinemo.com/wong-samin-tegap-berdiri-menantang-kapitalisme/

Read more:
Green Forest Resort
Wisata Resort Terindah Di Bandung Dengan Nuansa Alam Yang Menyatu

Wisata Resort Terindah Di Bandung Dengan Nuansa Alam Yang Menyatu - Wisata Resort terindah di bandung adalah jawaban pas buat...

Tradisi Unik Pasca kematian yang Hanya Ada di Indonesia

Tradisi Unik Pasca kematian yang Hanya Ada di Indonesia - Sebagai negeri yang kaya akan ragam budaya, Indonesia tentu memiliki...

Close