Berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur, surga dunia yang didirikian oleh seorang botani Belanda telah menjadi daya tarik tersendiri oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dan dunia dengan keanekaragaman hayati yang sangat menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut. Dikenal dengan sebutan Kebun Raya Cibodas, taman wisata yang berada pada ketinggian 1,275 mdpl ini merupakan sebuah lokasi yang dahulunya dibuka oleh Johannes Elias Teijsmann pada tahun 1852.

Selanjutnya, kebun raya yang disebut oleh Dr. F.W. Went sebagai surge dunia ataupun taman firdaus di Asia, Kebun Raya Cibodas memiliki suhu 17-27 derajat celcius dengan curah hujan mencapai 2,380 mm per tahun. Dengan kondisi lingkungan yang demikian ini, maka banyak sekali ragam flora yang tumbuh dengan subur di lokasi kebun raya ini.

Tanpa dipungut biaya masuk, banyak orang yang kemudian menjadikan Kebun Raya Cibodas ini sebagai destinasi wisata liburan ataupun akhir pekan yang layak untuk dikunjungi bersama keluarga.

Eksotika Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas

Dikatakan bahwa lokasi yang juga dikenal dengan sebagai Cibodas Botanical Garden, Kebun Raya Cibodas memiliki setidaknya 5,831 jenis tanaman dengan beberapa diantaranya telah berusia tua. Ragam tanaman yang tumbuh di lokasi Kebun Raya ini mencangkup 350 jenis kaktus dengan 360 jenis anggrek yang keseluruhan tersimpan di dalam rumah kaca.

Tidak hanya itu saja, bahwa di lokasi Kebun Raya ini juga memiliki setidaknya 216 jenis lumut yang berasal dari berbagai wilayah di dunia yang kemudian dikatakan sebagai kebun raya dengan koleksi terbanyak di dunia.

Baca juga:

Menikmati Sop Iga Sapi Di Warung Makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian”

Warung Soto Sedap Malam Pak Amir Talang Tegal Yang Legendaris

Tidak hanya itu saja, bahwa di lokasi wisata ala mini juga terdapat sebuah air terjun cibodas, air mancur hingga danau yang terlihat sangat indah. Bahkan, di tempat wisata ini, para pengunjung juga bisa berkeliling lokasi dengan menunggangi kuda dan pastinya hal yang demikian ini akan sangat menyenangkan. Untuk menikmati keindahan dari air terjun cibodas ini, maka anda akan diminta untuk berjalan setidaknya 750 meter dari pintu gerbang Kebun Raya Cibodas.

Rute Menuju Lokasi Wisata Kebun Raya Cibodas

Sungai Kecil di Tempat Wisata Kebun Raya Cibodas
Sungai Kecil di Tempat Wisata Kebun Raya Cibodas

Jika anda berencana untuk mengunjungi lokasi wisata kebun raya untuk menikmati ragam keindahan keanekaragaman hayati ini, maka anda yang memulai perjalanan dari Jakarta akan menempuh perjalanan setidaknya 85km. Sedangkan jika perjalanan anda dimulai dari jalur Bogor-Puncak-Cianjur, maka anda akan membutuhkan waktu setidaknya 90 menit. Setelah melalui jalur ini, maka anda akan belok kiri dan menempuh perjalanan sepanjang 4 km hingga akhirnya tiba di Kebun Raya Cibodas.

Sedangkan untuk anda yang menginginkan tiba di lokasi tempat wisata, maka anda yang menggunakan angkutan umum bisa memilih jenis angkutan umum yang akan melaju pada jurusan Cipanas-Rarahan-Cibodas. Jenis angkutan umum ini sangat mudah untuk anda temukan di pasar Cinpanas ataupun di sekitar persimpangan Cimcan.

Ragam Fasilitas Di Lokasi Wisata

Telaga di Tengah Taman Kebun Raya Cibodas Jawa Barat
Air Mancur Telaga di Tengah Taman Kebun Raya Cibodas Jawa Barat

Ketika anda mengunjungi Kebun Raya Cibodas, maka anda akan mendapatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh pihak Kebun Raya. Dalam hal ini, area parkir tempat wisata yang sangat luas, area bermain anak, pendopo, terater terbuka di alam, MCK umum hingga untuk anda yang suka berkemah ada camping ground yang luasnya mencapai 3 hektar dan mampu menampung setidaknya 200 tenda.

Dengan ragam keindahan alam berupa keanekaragaman vegetasi, Kebun Raya Cibodas merupakan temapat yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Koleksi tanaman yang juga terbilang jumlahnya terbanyak di dunia merupakan daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang mengunjungi lokasi ini. Tidak mengherankan jika di musim libur, lokasi wisata ini akan sangat padat penduduk.

%d bloggers like this:
Read more:
Tempat Wisata Yang Digagas Ibu Tien Soeharto

Tempat Wisata Yang Digagas Ibu Tien Soeharto Ibu Tien memiliki nama lengkap Raden Ayu Siti Hartinah. Beliau merupakan seorang istri...

Yuk! Liburan Murah Ke Tempat Wisata Bendungan Brayen Aceh Besar

Jika anda masih ingin berlibur di Aceh dan saat ini anda sedang berada di Aceh Besar maka anda perlu tahu...

Close