Wisata Alam Telaga Remis

Mengulik Pesona Indah Di Balik Ribuan Remis Di Wisata Alam Telaga Remis Cirebon

Mengulik Pesona Indah Di Balik Ribuan Remis Di Wisata Alam Telaga Remis Cirebon – Berlokasi di Desa Kadeula, Kecamatan Mandiracan, Kabupaten Kuningan, Cirebon, Jawa Barat, wisata alam Telaga Remis merupakan salah satu destinasi wisata yang tempatnya telah banyak menarik perhatian para wisatawan dengan nuansa alam yang terkesan masih alami, tenang dan dikelilingi oleh deretan pohon pinus. Tempat wisata yang sangat sarat akan mitosnya ini juga menyediakan ragam wisata kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan dengan olahan ikan air tawarnya yang pastinya sangat menggoda.

Tidak hanya itu saja, bahwa tempat wisata alam Telaga Remis yang lokasinya terletak di 12km dari Cirebon ini juga akan memanjakan anda dengan keindahan alam beberapa telaga yang kebetulan lokasinya cukup dekat dengan Telaga Remis tersebut, seperti halnya Telaga Buruy, Telaga Leat, Telaga Deleg, Situ Ayu Salintang, Telaga Leutik, Telaga Nilem, Telaga Tespong hingga Sumur Jalatunda yang keseluruhannya ini dipenuhi dengan ragam fauna serta flora yang mencapai 160 jenis tumbuhan.

Baca juga:

Melongok Ragam Fauna Taman Safari Indonesia Di Balik Hijaunya Vegetasi Hutan

Asiknya Liburan Di Sumber Air Panas Cisolok Sukabumi

Rute Menuju Lokasi Wisata

Pada dasarnya, destinasi tempat wisata alam Telaga Remis ini bisa terbilang tidaklah sulit untuk dilalui. Pasalnya, untuk medan yang mengarah ke lokasi wisata sudah terbilang bagus. Dengan melewati jalan yang mengarah ke kota Cirebon atau setidaknya hanya dengan menempuh perjalanan sepanjang 12 km, maka anda akan memasuki wilayah Majalengka yang kemudian disusul hingga mencapai wilayah kerajinan Batu Bobos.

Keindahan Alam Telga Remis
Salah satu sudut pemandangan di Telaga Remis yang bisa dijadikan tempat untuk selfie atau sekedar mengabadikan moment romantis bersama pasangan

Ketika anda telah sampai di lokasi wisata Telaga Remis ini, maka anda nantinya akan menemukan perempatan Cikalahang yang nantinya akan memberikan petunjuk lebih jauh untuk menuju ke lokasi wisata alam Telaga Remis. Lebih tepatnya, jika anda telah tiba di Balai Desa Cikalahang, maka anda bisa berbelok ke kiri sepanjang 500 meter dan disepanjang jalan tersebut anda akan menemukan papan penunjuk yang akan mengarah ke lokasi destinasi tempat wisata Telaga Remis. Jika telah sampai di lokasi, jangan lupa untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 7,500.

Mitos Di Balik Pesona Indah Wisata Alam Telaga Remis

Cerita di balik munculnya Telaga Remis ini berawal dengan adanya peperangan yang terjadi antara pihak pasukan Pangeran Purabaya yang berasal dari Mataram dengan pasukan dari Pangeran Selingsingan yang pada saat itu tidak memberikan upeti kepada pihak Mataram. Peperangan yang terjadi antar kedua belah pihak ini dimenangkan oleh pihak Pangeran Purabaya yang kemudian pasukan pangeran Selingsingan meminta bantuan dari Sultan Matangaji.

Telaga Remis
Salah satu hasil jepretan foto pemandangan alam yang indah di Telaga Remis Cirebon. Sangat cocok untuk dijadikan background foto pre-wedding.

Pada saat itu juga dengan bantuan dari menantu Sultan Matangaji, Elang Sutajaya, akhirnya peperangan tersebut berhasil dimenangkan oleh pihak Elang Sutajaya. Hingga akhirnya Elang Sutajaya berhasil membunuh Pangeran Purabaya. Saat itu juga, Sultan Selingsingan yang mengetahui bahwa Purabaya bukanlah muslim yang baik terus menerus menangis dan air matanya membentuk sebuah telaga sedangkan pangeran Purabaya berubah menjadi bulus yang dinamai si Mendung Purbaya. Hingga sekarang lokasi tersebut dikenal dengan sebutan wisata alam Telaga Remis

Pesona Indah Lokasi Telaga Remis

Bisa dibilang bahwa pada dasarnya, wisata alam Telaga Remis merupakan salah satu pesona alam yang tecipta atas keindahan air telaga yang sangat jernih layaknya sebuah kaca dengan panorama keindahan alam hutan serta udaranya yang sangat segar.

Telaga Remis Cirebon
Inilah salah satu sudu keindahan telaga Remis Cirebon yang bisa membuat liburan anda selama berkunjung ke tempat wisata di Cirebon Jawa Barat menjadi liburan yang benar-benar refreshing.

Untuk anda yang ingin mengeksplorasi panorama tempat wisata alam Telaga Remis ini, maka anda bisa memanfaatkan perahu motor ataupun sepeda air yang akan membuat anda lebih menyatu dengan alam. Tidak hanya itu saja, bahwa wisata alam Telaga Remis ini juga memanjakan anda dengan ragam indah ganggang air yang tumbuh di dasar telaga dengan beberapa ikan yang hidup di dalamnya.

Pesona indah wisata alam Telaga Remis merupakan sebuah keindahan yang tercipta atas karunia-Nya yang sangat sayang untuk dilewatkan tanpa dinikmatinya. Berlokasi di Desa Kadeula, lokasi wisata ini sangat cocok untuk anda jadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan bersama keluarga. Jadi, jika anda sedang berada di Kota Cirebon, jangan lupa untuk singgah dan menikmati indahnya wisata alam Telaga Remis ini.