Sop iga sapi paling nikmat dimakan pada siang hari di jam-jam makan siang.

Selain menambah stamina badan, sop iga sapi juga banyak mengandung gizi karena kita tau, daging sapi merupakan salah satu sumber asupan protein dan lemak hewani yang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, sop iga sapi sangat baik juga bila dikonsumsi untuk anda. Bukan hanya orang dewasa, remaja pun baik mengkonsumsi daging sapi karena pada masa remaja sebenarnya perlu asupan protein yang tingggi.

Nah, jika anda saat ini sedang dalam perjalanan melewati jalan pantura Brebes, ada tempat atau warung sop iga sapi yang enak dan seger serta bisa dibilang budget friendly.

Jika anda sekarang sudah mulai masuk ke jantung kabupaten brebes. Yang perlu diperhatukan adalah lampu merah depan alun-alun Brebes. Dari lampu merah, beloklah ke utara menuju Jl. Prof. M. Yamin, sekitar 300 meter dari lampu merah ada sebuah warung sop iga sapi sebelah barat jalan. Warung “Sayur Sop Balungan Ibu Dian”.

Warung Makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian” ini letaknya berhadapan langsung dengan Jl. Prof. M. Yamin jadi untuk urusan tempat parkir, tidak terlalu khawatir apa bila anda dan rombongan hanya menggunakan kendaraan roda dua, tempat ini cukup muat untuk satu rombongan geng motor. Bagi anda yang menggunakan mobil pribadi juga jangan terlalu khawatir, depan warung makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian” ini cukup menampung 2-3 mobil pribadi.

Warung Makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian” terlihat cukup sederhana, tidak terlalu mewah memang. Tapi jangan lihat kemasannya terlebih dahulu karena terkadang kemasan itu menipu. Anda tidak akan benar-benar merasakan nikmatnya sop iga sapi di warung makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian” ini jika tidak mencicipinya terlebih dahulu seperti pengalaman penulis yang sudah merasakan nikmatnya makan sop iga sapi di warung makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian”.

Siang itu terlihat tidak begitu ramai karena saya sudah melewati jam makan siang. Tapi ternyata masih ada 2 pelanggan yang sedang asyik menyantap sop daging sapi. Saya pun menghampiri pelayan untuk memesan sop iga sapi untuk melampiaskan rasa lapar saya.

Kepada pelayan yang tidak saya mintai namanya, saya memesan 1 porsi sop iga sapi dan minumnya jeruk peras hangat. Setelah memesan 1 sop iga sapi Bu Dian ini saya kemudian mencari tempat untuk saya duduk.

Beberapa menit kemudian salah satu pelayan menghampiri saya dengan memberikan sepiring gorengan dan jeruk peras hangat yang saya pesan tadi. Selang beberapa menit kemudian sop iga sapi yang saya pesan pun kemudian datang juga dan inilah saat-saat yang mendebarkan dimana lidah ini akan mencicipi sesendok kuah sop iga sapi dari warung makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian”.

Gorengan Warung Makan Sop Iga Sapi Balungan Bu Dian Brebes
Begitu anda memesan Sop Iga Sapi di Warung Makan Sayur Sop Balungan Bu Dian, pelayan akan menghidangkan sepiring gorengan. Monggo Juragan…..! 🙂

Sebelum saya hantarkan kuah sop iga sapi dari warung makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian” saya aduk-aduk terlebih dulu karena nggak lengkap rasanya kalau makan sop iga sapi tanpa kecap kental manis. Selesai diaduk sop iga sapi 1 porsi itu kemudian saya ambil sesendok makan kuah dan saya cicipi kuahnya. Hmmmm, nyumy…! Kaldunya, mericanya, bawang putihnya, dan rempah-rempah resep sop iga yang lain hanyut membasahi lidah dan menghadirkan rasa yang membuat saya tidak perduli dengan lalu lalang kendaraan di depan warung makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian” ini. Saya begitu menikmati sepiring nasi dan sop iga sapi buatan Bu. Dian. Soal resep sop iga buatan Bu. Dian ini memang tidak saya ekspose, biarlah itu jadi rahasia sang pemilik warung.

Sop Iga Sapi
1 Porsi Sop Iga Sapi dari Warung Makan Sop Balungan Bu. Dian Brebes yang siap disantap.

Sepertinya saya benar-benar melupakan penat yang terjadi dari pagi tadi hingga setelah menyantap sop iga sapi Bu. Dian ini saya merasa bugar kembali. Ini mungkin karena resep rempah-rempah sop iga sapi yang diracik oleh Bu. Dian. Sepintas memang sama seperti sop iga sapi ditempat-tempat lainnya. Ada daun bawang, bawang putih yang digoreng, bawang merah, bihun, dan tentunya daging tulang iga yang memang memiliki tekstur yang lebih empuk dan gurih rasanya. Namun saya yakin, untuk masakan sop iga sapi seenak ini pasti Bu. Dian memiliki resep sop iga sapi rahasia yang menjadi pamungkasnya.

Tak terasa, ternyata nasi sepiring langsung habis hanya beberapa menit saja. Lapar memang, tapi soal rasa tidak asal lapar. Inilah kuncinya mencari tempat wisata kuliner bagi anda. Lapar memang tanda bahwa perut kita perlu diisi dengan makanan. Semua makanan bisa saja kita makan tapi soal selera, memang beda.

Sop Iga Sapi Brebes
Ludes abis, sepiring nasi dan semangkok sop iga sapi di warung makan “Sayur Sop Balungan Bu. Dian” Di Brebes

Setelah seporsi sop iga sapi di warung makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian” habis dan minuman jeruk peras hangat pun sudah tak tersisa, tiba saatnya membayar. “Sudah mas, berapa semuanya?” tanya saya sambil siap-siap mengambil uang untuk membayar. “Tambahnya apa aja, Pak” jawabnya sambil melihat-lihat meja makan tempat saya “bergumul” dengan sop iga sapi buatan Bu. Dian. “Sop iga sapi sama jeruk anget manis 1, mas” jawab saya. “Rp. 22.000 saja, Pak!” jawabnya tanpa pertimbangan sama sekali. “Hmmm, nggak mahal-mahal amat, standarlah” gumam saya dalam hati soal harga, soal rasa, memang beda terutama pedas merica dan aroma bawang putih dari sop iga Bu. Dian ini.

Demikianlah pengalaman saya makan sop iga sapi di warung makan “Sayur Sop Balungan Ibu Dian” di Jl. Prof. M. Yamin sebelah utara alun-alun Brebes.

Share yuk...!
Read more:
10 Destinasi Wisata Popular Di Pulau Papua
10 Destinasi Wisata Popular Di Pulau Papua

Meskipun tidak se-populer Pulau Bali, pulau yang satu ini memiliki tempat terindah di Indonesia dengan kealamiannya yang asri. Inilah Pulau...

Wisata Warso Farm
Berburu Durian Di Warso Farm- Wisata Durian Nan Mantap

Berburu Durian Di Warso Farm- Wisata Durian Nan Mantap - Siapa yang tidak suka dengan buah durian. Buah ini merupakan raja...

Close