7 Lokasi Favorit Berwisata Di Baturaden

Ada rencana berkunjung ke Kota Purwokerto?

Bagi anda yang sedang ada urusan bisnis atau sekedar menghadiri undangan seperti undangan wisuda teman atau saudara yang kuliah di UNSOED (universitas Jendral Soedirman) tak lengkap rasanya jika hanya lewat dan berlalu saja tanpa menjajaki objek wisata di kota yang terbilang cukup padat ini.

Ya, jika anda benar-benar ingin berwisata usai mengerjakan hajat anda di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas ini, tak salah pula jika kami sajikan informasi seputar wisata di Jawa Tengah yang kali ini akan membahas Objek Wisata Alam Baturaden di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah yang sangat terkenal itu. Apa saja sih objek wisata alam Baturaden ini, mari kita simak.

Objek Wisata Alam Baturaden adalah sebuah kompleks wisata yang menawarkan berbagai wahana alam panorama air terjun, mini-train, perahu dayung, dan kolam renang. Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Baturaden diambil dari legenda tentang sepasang kekasih yang bernasib sial, seorang lelaki pelayan (Batur) dan seorang wanita bangsawan (Raden).

Berada di ketinggian 640 meter membuat hawa sejuk pun terasa. Maklum, lokasi kompleks Wisata Alam Baturaden ini berada di kaki Gunung Slamet, gunung berapi yang masih tidur panjang. Jika anda dari pusat Ibu Kota Kabupaten Banyumas yaitu Kota Purwokerto, maka anda akan menempuhnya sejauh kira-kira 13 km atau sekitar 29 menit. Kondisi jalan menuju objek wisata ini sangat terawat dan tidak terlalu extreem baik tanjakan ataupun turunannya. Jadi, bawa mobil pribadi atau naik kendaraan roda dua pun lancar jaya.

Jika tidak membawa mobil pribadi atau kendaraan pribadi lainnya, kamu bisa naik angkot kok. Caranya mudah sekali. Jika kamu dari terminal, disana sudah ada angkutan umum khusus yang menuju objek wisata alam Baturaden ini. Tidak ingin ribet? Naik taksi aja. Jarak tempuhnya sekitar 15 km dari terminal.

Apa sajakah yang bisa dinikmati di Objek Wisata Alam Baturaden?

Pemandangan Alam Baturaden1. Pemandangan Alamnya

Berhubung Baturaden terletak di lereng Gunung Slamet, maka pemandangan yang paling lazim adalah hamparan hijau hutan nan sejuk dan asri. Pemandangan alam di Baturaden ini sangat menyejukkan hati bagi mereka yang ingin beristirahat setelah melawati hari yang panjang penuh dengan pekerjaan. Inilah tempat refreshing yang sebenarnya, tenang, aman, damai, sejuk, alami dan asri.

Pancuran Pitu Baturaden Purwokerto Banyumas2. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Kata Pitu dan Telu kalau di-bahasa indonesia-kan adalah tujuh dan tiga. Intinya di sini adalah lokasi pemandian air panas yang mengandung belerang. Seperti pemandian-pemandian air panas di lokasi-lokasi wisata yang lainnya, pada umumnya diyakini dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan lainnya.

Pancuran pitu dan pancuran telu merupakan spot wisata di komplek wisata alam baturaden yang sangat populer. Tidak lengkap rasanya jika kamu belum nyemplung kesini dan menikmati pijat refleksi.

Air Terjun Dan Jembatan Merah Baturaden Purwokerto Banyumas3. Air terjun dan Jembatan Merah

Selain tempat pemandian air panas dan jasa pijat refleksi profesional tadi, ada lagi spot wisata yang wajib di kunjungi yaitu Air Terjun dan Jembatan Merah Baturaden.

Jembatan selebar 1.5 meter ini dulunya adalah jembatan gantung namun karena pernah mengalami putus dan menelan korban, maka sekarang konstruksinya diubah. Bentuk jembatan merah sekarang menjadi seperti gambar.

Di bawah Jembatan Merah ini ada air terjun yang ketinggiannya kurang lebih 20 meteran asyik juga buat basah-basahan bareng anak atau sekedar menikmati sensasi dinginnya air pegunungan dan foto-foto exist dan narsis abis.

Bumi Perkemahan Baturaden Banyumas Purwokerto4. Bumi Perkemahan

Bagi kamu yang suka camping baik bareng keluarga atau teman-teman satu geng, bisa menyalurkan hobby campingnya di kompleks Wisata Alam Baturaden ini. Lokasi Bumi perkemahan ini berada di hutan wisata atau wana wisata baturaden yang tidak begitu jauh. Hanya menempuh kurang lebih 2 kilometer saja kamu sudah sampai ke lokasi Bumi Perkemahan Baturaden.

Ingat jaga lingkungan yah! Jangan buang sampah sembarangan di sini dan jangan lupa padamkan api sampai tuntas untuk mencegah kebakaran hutan.

Telaga Sunyi Baturaden Purwokerto Banyumas5. Telaga Sunyi

Telaga sunyi ini lebih mirip dengan danau kecil. Ini adalah telaga alami, sob. Lokasinya yang jauh dari keramaian membuat suasana di sekitar Telaga Sunyi ini benar-benar sunyi, hening, cocok sekali bagi kamu yang baru nikah. Bagi yang sudah berkeluarga pun tetap bisa menikmati sunyinya bareng anak atau suami/istri.

Kebun Raya Baturaden Purwokerto Banyumas6. Kaloka Widya Mandala

Kaloka Widya Mandala adalah sebuah kebun binatang yang juga digunakan sebagai tempat wisata edukasi. Diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 mei 1995.

Di Kaloka Widya Mandala terdapat berbagai macam spesies binatang yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Beberapa spesies hewan yang ada dalam taman ini antara lain orang utan, elang, ayam kate, ayam mutiara, rusa, beruk, buaya, ular, kaswari, sapi kaki lima, kambing kaki tiga, landak, iguana, cendrawasih, kelelawar, gajah, monyet, dan beberapa satwa langka lainnya.

Namun sayangnya kebun binatang ini kabarnya sudah tutup karena sengketa lahan dan sekarang diganti dengan Kebun Raya Baturaden.

Teater Alam Pesawat Foxer Baturaden Purwokerto Banyumas7. Teater Alam Baturaden

Jika kamu lihat Baturaden dari atas menggunakan Google Map Satelite, kamu pasti akan dapati sebuah bentuk pesawat yang anehnya tidak ada landasan pacunya. Ya, ini memang benar, ada pesawat nongkrong di Baturaden namun bukan untuk melakukan penerbangan tapi pesawat ini dijadikan tempat Teater Alam. Ini adalah salah lokasi wisata yang paling menarik di Baturaden, karena teater ini adalah sebuah bioskop yang berbentuk pesawat. Pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia itu berdiri di atas tanah seluas 600 meter, tepat di samping pintu masuk lokawisata ini.

Jangan berharap bioskop ini memutar film Hollywood atau film layar lebar, melainkan film tentang alam dan budaya tanah air Indonesia seperti film tragedi tsunami, cerita budaya TMII, atau peristiwa Gunung Merapi. Durasi film yang ada di teater ini sekitar 10 sampai 15 menit.

Hanya dengan membayar 5.000 Rupiah saja kamu bisa menikmati sensasi naik pesawat sesungguhnya sambil nonton film-film edukasi yang disasjikan. Cocok juga buat media pengenalan pada anak-anak anda.

Selama berlibur di Kompleks Wisata Baturaden ini anda tidak perlu lagi kebingungan dalam mencari hotel. Ada banyak hotel di sekitar sini, mulai dari yang kelas melati sampai yang berbintang juga ada. Sebaiknya pesan hotel jauh-juh hari sebelumnya barangkali kamu bisa mendapatkan promo hotel dalam bentuk potongan harga.

Menyinggung soal promo hotel, saya berikan tempat cari promo hotel yang paling recommended yaitu tiket.com. Disini menyediakan ribuan hotel di seluruh Indonesia dan bahkan manca negara. Jadi anda tidak perlu repot-repot mencari informasi kesana-kemari hanya mencari harga yang pas dan kamar yang ideal.

Tiket.com sering mengadakan promo hotel lebih dari 70 persen potongan harga. Ini tentunya akan membuat liburan anda jadi lebih hemat, bukan?