8 Tempat Wisata di Aceh Besar yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata aceh memang sangat banyak dan sepertinya tak jukup 1 atau 2 bulan untuk menghabiskan daftar tempat wisata di Aceh. Setelah beberapa waktu lalu pernah dibahas mengenai tempat wisata Air Terjun di Aceh yang sangat indah dan mengagumkan. Sekarang, yuk rencanakan liburan yang lebih nyantai seperti di pantai. Ngomong-ngomong soal pantai, ada nih, 8 tempat wisata di Aceh Besar yang wajib kamu kunjungi.

Aceh Besar ternyata juga memiliki spot tempat wisata yang bisa anda jadikan rancangan rencana untuk liburan kali ini. Ya, Aceh Besar memang memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik dengan daerah-daerah lain di Indonesia yang sudah menjadi tempat wisata favorit dan lokasi liburan paling terkenal lainya untuk dijadikan sebagai tempat wisata penghilang lelah dan penyegar pikiran.

Jika anda berada di kawasan Aceh Besar sekarang. Maka di Aceh Besar ini akan anda temukan banyak sekali pilihan destinasi tempat wisata yang baik dan indah untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga dan teman. Nah, jika liburan kali ini anda fokuskan ke Aceh Besar maka anda tepat sekali berkunjung ke sparklepush.com, berikut ini rangkuman 8 Destinasi Tempat Wisata di Aceh Besar yang wajib dikunjungi.

Pantai Lhok Mee

Pantai Lhok Mee adalah salah satu dari 8 destinasi tempat wisata di Aceh Besar yang wajib dikunjungi. Lokasi tempat wisata dan liburan seru Pantai Lhok Mee berada di daerah Aceh Besar, sekitar 20 meter dari kota Banda Aceh. Lokasi tempat wisata dan liburan seru Pantai Lhok Mee tergolong mudah dicari karena letaknya tepat berada di kawasan PT Semen Andalas Indonesia. Tempat wisata Pantai Lhok Mee merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi. Karena Anda bisa melihat keindahn alam yang sangat mempesona. Dihiasi tanaman tanaman yang tumbuh di sekitar pantai, dan juga deburan ombak yang menyapu pasir putih di sepanjang pantai. Keindahan sunset di Pantai Lhok Mee sangat memukau mata. Saat yang sangat tepat untuk mengabadikan momen kebersamaan dengan keluarga atau sahabat. Paduan awan dan langit yang menampilkan warna warni harmoni. Saat saat inilah anda akan takjub bahwa Tuhan Yang Maha Esa memiliki selera seni yang Maha Indah. Bahkan Tempat Wisata Pantai Lhok Mee ini menjadi salah satu tempat wisata paling alami di Aceh. Banyak pohon kelapa, Cemara dan Aron yang tinggi berjejer dengan rimbun di kawasan Tempat Wisata Pantai Lhok Mee. Tempat wisata Pantai Lhok Mee ini sering di jadikan persinggahan sementara oleh orang lokal maupun wisatawan yang hendak melanjutkan perjalanan ke barat daya.

Pantai Babah Dua

Tempat Wisata Aceh Besar yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pantai Babah Dua. Tempat Wisata Pantai Babah Dua masih berada di kawasan Aceh Besar, pantai Babah Dua memberikan keindahan yang berbeda dengan tempat wisata dan liburan pantai Lhok Mee. Di tempat wisata Pantai Babah Dua anda akan melihat warna air laut yang jernih kebiruan. Di tempat wisata Pantai Babah Dua sebaiknya anda tidak bermain terlalu jauh sebab pantai ini dalam dasarnya.

Kendati tidak bisa bermain terlalu jauh dari bibir pantai di tempat wisata Pantai Babah Dua, semuanya terbayarkan dengan pamandangan indah yang menawan. Nah, jika kamu sudah pernah berkunjung ke tempat wisata Pantai Lhok Mee, segera lanjutkan perjalananmu ke tempat wisata Pantai Babah Dua di Aceh Besar.

Pantai Lampuuk

Tempat Wisata Pantai Lampuuk ini bisa kamu sambangi setelah Pantai Lhook Mee dan Pantai Babah Dua. Tempat wisata Pantai Lampuuk menjadi salah satu pantai yang paling bisa di gunakan untuk apapun. Mengapa tidak, anda bisa bermain pasir di sana, bermain air pantai yang dangkal, berenang di sekitar mulut pantai, memancaing ikan ikan yang ada, berselancar di ombak ombak yang aman, ataupun berjemur saja. Pantai ini menjadi objek wisata yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan lokal dan luar kota. Pemandangan yang indah, pasir putih yang menawan. Sayangnya, setelah kejadian tsunami 2004 lalu pantai ini tidak seindah dahulu. Letaknya yang berada di sekitar bibir pantai, tepatnya di ujung Pulau Sumatra, menyebabkan kerusakan pantai yang parah. Banyak penduduk pantai yang ada di kawasan ini menjadi korban keganasan tsunami kala itu. Sebab memang daerah pantai ini merupakan tempat tinggal masyarakat yang mata pencahariannya berprofesi sebagai nelayan, atau pegawai pabrik semen PT SAI dan lain sebagainya. Sayangnya, setelah terjadi bencana Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 silam, Pantai Lampuuk yang indah ini porak poranga.Sekarang ini pemerintah sedang mengupayakan perbaikan pantai agar bisa indah lagi, meskipun tidak seindah dahulu. Bahkan di sini pula sudah di tetapkan sebagai monumen tragedi terjadinya Tsunami 2004 yang menyedihkan.

Pantai Ujong Batee

Tempat wisata Pantai di Aceh berikutnya adalah tempat wisata Pantai Ujong Batee. Tempat wisata Ujung Batee ini berada di sekitar kecamatan Masjid Raya, kab Aceh Besar. Untuk menuju ke tempat wisata Pantai Ujong Batee ini anda akan menghabiskan jarak tempuh sekitar 17 kilo meter dari kota Banda Aceh dari arah menuju Pelabuhan Malahayati. Tempat wisata pantai Ujong Batee ini memberikan panorama yang indah dan menyejukkan, cocok sekali bagi anda yang ingin menghabiskan masa liburan atau traveling and taouring. Tempat wisata pantai Ujong Batee warna lautnya biru cerah dan pasir putih berada di berserakan di bibir pantai. Jika di bandingkan dengan pantai pantai yang lainnya, pantai ini lebih sepi karena merupakan tempat yang jarang dikunjungi.

Di sisi kanan tempat wisata pantai Ujong Batee ada pulau weh yang ada di laut bebas. Pulau Juga biasa dijadikan destinasi tempat wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Ujong Batee ini. Jadi bagi mereka yang berkunjung ke tempat wisata Ujong Batee ini biasanya sekalian mengunjungi Pulau Weh yang indah. Pantai Ujong Batee ini merupakan pintu masuk selat Malaka. Sedangkan di sisi kiri terdapat pulau aceh yang seolah-olah mengambang di Samudra Hindia. Sedih memang mendengar bahwa pada tahun 2004 lalu terjadi Tsunami yang dahsyat dan memporak-porandakan seluruh pantai di Aceh tak terkecuali Tempat Wisata Pantai Ujong Batee ini juga.

Air terjun Suhom

Sasaran berikutnya adalah tempat wisata air terjun Suhom. Selain pantai, daerah Aceh Besar juga menawarkan beberapa tempat wisata air terjun yang tak kalah menariknya dengan tempat wisata Aceh yang lainnya. Tempat wisata Air Terjun Suhom ini misalnya. Panorama alamnya yang masih indah dan benar benar alami sangat cocok bagi anda yang suka menghabiskan waktu liburan untuk berwisata di alam bebas. Selama perjalanan, jika anda dari Banda Aceh hongga menuju lokasi, mata anda akan selalu dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Anda pasti akan takjub dengan pemandangan pantai yang suara deburan ombak menenangkan hati. Jangan khawatir untuk tidak bisa mendapatkan apa yang indah indah di kawasan ini dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk berkencan atau mereka yang sedang berbulan madu. namun jika anda datang bersama dengan keluarga dan ingin berkemah, di tempat ini juga biasa di gunakan untuk acara berkemah. Uniknya, Air terjun suhom ini bukan hanya di gunakan sebagai tempat wisata yang menarik para wisatawan termasuk anda. Tapi air terjun ini juga, oleh warga setempat, di manfaatkan untuk dijadikan pembangkit listrik tenaga air sehingga Desa Kreung Kala dapat menikmati listrik untuk kehidupan sehari-hari.

Air terjun Kuta Malaka

Tempat wisata Aceh Besar berikutnya adalah Air terjun Kuta Malaka. Air Terjun Kuta Malaka diambil dari nama tempat dia berada yaitu Kuta Melaka, Kec Samahani, Kab Aceh Besar, Provinsi Aceh. Jika ada berada di pusat kota Banda Aceh, maka jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 30 kilo meter. Tempat wisata Air Terjun Kute Melaka ini memiliki ketinggian sekitar 600 meter diatas permukaan laut. Jadi anda bisa bayangkan betapa tingginya.

Ketinggiannya yang mencapai 600 meter (kira-kira) dan kondisi alam yang berada di Kuta Melaka menjadikan tempat wisata air terjun Kuta Malaka ini berbentuk tingkatan-tingkatan seperti tangga. Namun sayangnya, jumlah tingkatan tersebut belum ada yang memastikan berapa jumlahnya. Ada yang bilang terdapat 8 tingkat, ada juga yang mengatakan bahwa tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka memiliki 20 tingkatan. Jika anda datang ke tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka di Aceh Besar ini pastikan anda menghitungnya dengan cermat.

Air terjun Peukan Biluy

Jika masih ada waktu untuk berlibur, cobalah datang ke tempat wisata Air terjun Peukan Biluy di Aceh Besar ini. Mencari lokasi tempat wisata Air Terjun Peukan Biluy ini sangat mudah karena nama tempat wisata air terjun ini sebenarnya adalah nama desa dimana tempat wisata air terjun di Aceh Besar ini berada. Ya, desa Biluy. Desa Peukan Biluy berada di Kecamatan Darul Kamal, kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Seperti tempat-tempat wisata air terjun yang lainnya di Aceh yang umumnya berada di tempat yang terpencil dan harus memiliki keberanian ekstra maka sebelum anda memutuskan untuk datang ke Tempat wisata air terjun Peukan Biluy ini harus mempersiapkan fisik yang prima dan bekal selama perjalanan.Karena terdapat 172 buah anak tangga yang siap menantang adrenalin anda, anak tangga yang banyak sekali ini memiliki kemiringan hingga 45 derajat. Usaha yang sangat melelahkan bukan, tapi jika anda sudah sampai di tempat air terjun ini dapat dipastikan semua capek yang ada akan sirna terhipnotis oleh buaian pemandangan alam yang memukau mata anda. Namun sayang disayang, keindahan alam yang ada hancur akibat Tsunami pada tahun 2004 silam. Namun anda jangan khawatir sebab pemerintah saat ini telah memperbaikinya.

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan

Tempat Wisata Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan bisa dijadikan “sasaran” berikutnya. Sebelum bernama Tempat wisata Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan ini biasanya disebut dengan kawasana Seulawah Agam. Namun setelah muncul keputusan pemda, nama tersebutpun diganti dengan nama yang sekarang menjadi Tempat Wisata Taman Hutan Raya Pocut Meurah.

Dengan luas yang mencapai 25.000 hektar, hanya di ambil 10.000 hektar yang sudah mampu mewakili kekayaan alam flora dan fauna Indonesia. Kawasan ini di dominasi dengan tutupan vegetasi hutan pegunungan seperti pinus merkusi (Pinus mercusii), akasia (Acasia auriculiformis) yang memiliki luas sebesar 250 hektar, padang alang alang yang luasnya mencapai 5.000 hektar, serta sisanya adalah hutan hutan muda. Kelestarian Hutan Raya tergantung kita semua. Jadi jika anda datang ke Tempat wisata Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan ini hendaknya berperilaku yang baik seperti tidak membuang sampah sembarangan atau membuang puntung rokok dalam keadaan masih membara.

Demikianlah 8 Tempat Wisata di Aceh Besar yang Wajib Dikunjungi. Happy Traveling and Happy Holiday.