Bagi kamu yang suka dengan wisata petualangan alam seperti mendaki gunung dan arung jeram pasti sudah familiar di telinga kalian obyek wisata alam di Cisarua yang bernama Green Canyon. Green Canyon merupakan sebuah sungai yang memiliki tebing yang amat terjal dan hampir semuanya dikelilingi oleh bebatuan yang licin dan berlumut. Sejalan dengan letak dan kondisi wilayah yang berada di perbukitan dan diselimuti oleh tutupan lahan nan hijau membuat udara disekitar Green Canyon menjadi sejuk. Obyek Wisata seperti ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan kegiatan yang mengundang adrenalin dan ingin menghilangkan penat dengan kegiatan yang seru.

Sebenarnya masih ada lagi objek wisata seperti Green Canyon yaitu Cunca Wulang. Cunca wulang berada di Labuan Bajo. Objek Wisata ala mini juga menyajikan petualangan yang tidak kalah asyiknya dibanding dengan Green Canyon yang ada di Cisarua. Objek Wisata Cunca Wulang ini menurut penduduk sekitar lebih banyak dikunjungi oleh Wisatawan dari luar negeri. Mereka yang menuju ke Cunca Wulang rata-rata ingin mengobati rasa penasaran mereka akan kekayaan wasata alam yang ada di Indonesia.

Masih adakah di Indonesia objek wisata alam yang sejenis dengan Green Canyon dan Cunca Wulang selain di Cisarua dan Labuan Bajo?

Jawabannya adalah, ADA!

Dimana?

Di Brebes!

Ranto Canyon Brebes dan Air TerjunnyaObyek wisata alam seperti ini ternyata ada di Kabupaten Brebes lho, namanya RANTO CANYON. Enaknya sih kalo mau ke tempat ini bareng keluarga atau geng kamu biar liburan kamu jadi tambah seru. Nggak asik juga kan kalau berlibur seru Cuma sendirian.

Untuk menuju ke RANTO CANYON Jika kamu dari arah Jakarta, masuk aja ke tol Pejagan biar biar lebih cepat. Keluar Tol Pejagan ambil arah Purwokerto. Kalau dihitung-hitung, lama perjalanan dari Pintu Keluar Tol Pejagan (Ketanggungan) atau dari Pusat kabupaten Brebes bisa memakan waktu sampai 2.5 Jam perjalanan.

Lokasi Ranto Canyon tepatnya berada di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes. Sayangnya, untuk menuju ke lokasi kamu harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 200 meter  setelah menempuh perjalanan jauh dari pusat kabupaten brebes yang memakan waktu dua setengah jam tadi. Tapi semua penat dan lelah selama perjalanan kamu akan segera terobati oleh hijaunya pemandangan dan dinginnya air Ranto Canyon.

Untuk masuk ke area Ranto Canyon per orang dikenai biaya 40 ribu saja (Maret 2016) pada saat ke lokasi belum ada system ticketing yang memadai. Jadi dengan membayar 40.000 anda akan mendapatkan satu set peralatan seperti pelampung, helm dan pemandu wisata yang memberikan arahan dan petunjuk-petunjuk aman selama berwisata di Ranto Canyon.

Sayangnya untuk akomodasi seperti hotel ataupun penginapan di sekitar Ranto Canyon belum memadai. Lokasi hotel terdekat sejauh 39.3 km kea rah Kecamatan Bumiayu Brebes. Namun kamu nggak perlu khawatir, sebab menurut berita dinas Pemerintah Kabupaten Brebes sedang menggodog potensi wisata ini untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata yang yang akan dikelola secara professional. Jadi kedepannya kemungkinan untuk urusan hotel dan penginapan tidak perlu kamu khawatirkan.

“Pihak Pemkab saat ini tengah membuat MoU dengan Perum Perhutani karena lokasi berada di wilayah Perum Perhutani,” kata Supriyono yang kami kutip dari laman metrotvnews.

Ranto Canyon sebenarnya sebuah sungai yang bisa disebut dengan Leuwih Ranto oleh masyarakat setempat. Seperti yang disebutkan di awal, Ranto Canyon memiliki tepi sungai yang terjal bahkan ketinggiannya bisa mencapai 60 meter. Jalur tracking sepanjang 769 meter akar benar-benar menantang adrenalin dan nyalimu selama berwisata di tempat ini. Sepanjang tracking kamu juga akan menemui air terjun satinggi 10-20 meter yang airnya tercurah hingga membuyar menjadi butir-butir air seperti hujan dan kabut.

Jika kamu ada rencana untuk berlibur dalam waktu dekat, cobalah datang ke Ranto Canyon, Salem, Brebes. Tempat ini mungkin bisa “memuaskan” petualanganmu untuk menguji seberapa hebat nyalimu melewati tantangan yang memicu adrenalin.

Persiapkan segala sesuatunya seperti informasi promo hotel untuk bermalam dan segala keperluan yang yang mungkin kamu perlukan selama perjalanan dan atau yang mungkin tidak kamu dapatkan selama berada dilokasi wisata.

Untuk promo hotel, kamu bisa menggunakan aplikasi online seperti yang dimiliki tiket.com atau kamu bisa mengunjungi situs resminya di http://www.tiket.com/hotel. Disini kamu akan mendapatkan banyak informasi seputrar info promo hotel yang bisa kamu manfaatkan untuk memperhemat pengeluaran selama liburan.

Selamat berlibur dari nyonge.

Read more:
Ketahui Makanan Khas Aceh Ini Biar Kamu Tambah Kece

Kalau sudah jalan-jalan ke tempat wisata di Aceh, jangan lupa dong sama oleh-olehnya! Nah, bagi kamu yang sudah wara-wiri ke...

Masjid Al Mashun Medan
Masjid Mashun Medan Perpaduan Arsitek 2 Benua

Kegiatan wisata tidak melulu berkunjung ke tempat-tempat yang menawarkan pemandangan alam yang indah, atau tempat-tempat wahana permainan yg menguras adrenalin....

Close