Yuk Jelajah 9 Tempat Wisata Air Terjun di Aceh

By on October 11, 2016

Destinasi tempat wisata di Aceh memiliki segudang pesona alam yang bisa jadi anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang belum tahu betapa indahnya pemandangan alam Provinsi Aceh. Aceh dapat menjadi salah satu destinasi wisata untuk liburan seru bagi Anda dan keluarga atau teman-teman di akhir pekan atau pada saat liburan panjang. Nah, jika kali ini rencana destinasi tempat wisata anda bersama keluarga atau teman-teman anda saat ini ingin menikmati sejuknya air terjun di provinsi Aceh maka jawabannya adalah air terjun di Aceh lumayan banyak dan dapat dikatakan sangat mengagumkan dan merupakan bagian dari air terjun terindah di Indonesia, sangkin banyaknya maka tercetuslah rangkuman 9 tempat wisata air terjun di Aceh. Jelajah yuk…!

Air Terjun Akang Siwah

Destinasi tempat wisata untuk liburan seru-seruan yang satu ini masih sangat alami dan dapat menjadi tempat yang tepat untuk merasakan kesejukan dan ketenangan untuk menjauh dari hiruk-pikuk kota. Destinasi tempat wisata Air Terjun Akang Siwah ini sangat tepat bila tujuan anda mencari spot selfie yang bertema alam dan sekaligus menikmati kesejukan alamo yang menggiurkan. Ajaklah keluarga atau teman-teman anda ke tempat wisata Air Terjun Akang Siwah di Aceh ini dan share sebanyak-banyaknya foto anda agar masyarakat indonesia di seluruh penjuru dunia tahu, inilah surga tersembunyi yang ada di Aceh, Indonesia. Tempat wisata Air Terjun Akang Siwah mempunyai tiga tingkat; pertama 8 meter, kedua 14 meter dan ketiga adalah 40 meter.

Kesejukan udara serta deburan air yang jatuh benar-benar akan mengusir segala kepenatan Anda dari kesibukan sehari-hari seperti dikejar target penjualan-lah, pusing skripsi nggak kelar-kelar-lah dan sebagainya. Ibarat pepatah yang mengatakan berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian, demikian pulalah usaha untuk menuju tempat wisata Air Terjun Akang Siwah ini. Jadi tetap berhati-hati bila mendekat ke air terjunnya karena cukup licin. Tempat wisata Air Terjun Akang Siwah yang indah ini berada di kabupaten Aceh yang ibukotanya adalah Blangkejeren. Tempat wisata Air Terjun Akang Siwah ini termasuk tempat wisata yang dapat dijangkau dengan menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor. Meskipun mudah di jangkau oleh kendaraan darat, tapi tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan lupa gunakan helm standar dan sabuk pengaman yah.

Air Terjun Kuta Malaka

Lokasi tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka ini belum begitu viral dan hanya populer di kalangan penduduk setmpat namun tentunya tidak ada salahnya jika kita turut berperan aktif dalam mempromosikan tempat-tempat wisata indah di Indonesia demi majunya industri pariwisata negeri ini. Untuk menuju ke tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka pun harus ditempuh dengan perjuangan yang ekstra karena medannya cukup sulit dan belum diaspal, sayang sekali yah!?. Tapi sesampainya di tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka ini, Anda perjuangan berat anda akan terbayar dengan segala keindahan yang dapat menghipnotis mata anda hingga capek yang anda rasakan selama perjalanan berubah menjadi riang yang sangat dan anda mungkin akan enggan untuk berpulang ke rumah.

Oke, hal-hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk menuju tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka adalah persiapan fisik yang prima. Hal ini sangat penting karena anda akan melewati rintangan untuk mencapai ke tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka. Siapkan perbekalan karena anda akan mengeluarkan banyak energi tentunya anda akan membutuhkan asupan sumber energi untuk recharge energi anda yang dipergunakan untuk melewati bukit terjal yang akan anda lewati sebelum masuk ke area tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka. Bawa pula perlengkapan P3K, tentunya ini untuk tindakan pencegahan dasar dan awal bila anda terjatuh dan terluka atau semaput. Jangan lupa pula bawa kamera, disarankan bawa juga pelindung kamera yang tahan air agar anda tetap bisa mengabadikan moment indah meskipun cuaca sedang tidak bersahabat. Bawa pula jas hujan. Sesampainya di tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka bukan hanya spot air terjunnya saja yang bisa dinikmati, tapi bagian puncak Kuta Malaka pun seru juga untuk disambangi, namun bersiaplah menggempur jalan yang berliku-liku, menanjak dan licin pada musim hujan.

Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp 10 ribu. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk menikmati wisata air terjun atau mendatangi puncak Kuta Malaka yang berada tepat di bagian atas pegunungan Bukit Barisan, atau kedua-duanya.

Air Terjun Krueng Ayon

Inilah destinasi tempat wisata air terjun lainnya yang bisa anda masukkan ke daftar tempat wisata alam air terjun di Aceh. Tentunya membuat liburan Anda akan semakin lengkap dan inilah destinasi tempat wisata Air Terjun Krueng Ayon yang ketinggiannya hingga mencapai 30 meter. Seperti umumnya tempat wisata air terjun yang masih alami dan asrih. Tempat wisata Air Terjun Krueng Ayon juga “tersembunyi” dimana anda harus melewati hutan belantara serta perkebunan sawit di Gunung Idieng. Tentunya anda akan menilai bahwa akses menuju tempat wisata Air Terjun Krueng Ayon memang terbilang sulit dan untuk menuju ke air terjun ini Anda perlu menumpang truk sawit atau naik ojek.

Tempat wisata Air Terjun Krueng Ayon berada  di Desa Ayon Kec. Sampoiniet Kab. Aceh Jaya. di Kabupaten Aceh Jaya. Mengingat perjalanan yang jauh dan dan memakan waktu maka sangat disarankan jika anda membawa perbekalan selama perjalanan menuju tempat wisata Air Terjun Krueng Ayon.

Air Terjun Mengaya

Tempat wisata Air Terjun Mengaya ini sudah sangat terkenal di masyarakat pecinta tempat wisata Aceh. Ketenaran lokasi tempat wisata Air Terjun Mengaya ini karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dengan objek tempat wisata terkenal di Aceh yaitu Tempat Wisata Danau Laut Tawar. Nah, dari tempat wisata Danau Laut Tawar ini anda hanya perlu sedikit “bergeser ke arah desa Mengaya. Desa Mengaya ini berada di kecamatan Bintang kabupaten Aceh. Mungkin inilah sebabnya tempat wisata ini diberi nama Air Terjun Mengaya.

Untuk menuju ke tempat wisata Air Terjun Mengaya ini anda tidak perlu se-repot menuju tempat wisata Air Terjun Krueng Ayon yang harus melewati hutan belantara, kebun sawit dan nebeng truk sawit, lagi. Medan yang perlu dilewati untuk menuju ke tempat wisata Air Terjun Mengaya ini tidak ada yang perlu dicemaskan karena kondisi jalan sudah termasuk berkondisi baik dengan jalan beraspal sehingga wisatawan akan menikmati perjalanan yang nyaman dan tidak begitu melelahkan. Rasa capek selama perjalanan mungkin tidak bisa dihindari namun jangan khawatir, semua itu pasti akan hilang terhapus dengan puas dan segarnya suasana di tempat wisata Air Terjun Mengaya karena kesejukan hawa serta keasrian panorama hutan yang sangat indah.

Air Terjun Kedabuhan

Tempat Wisata Air Terjun Kedabuhan di Aceh juga tidak kalah indah dari yang sudah disebutkan sebelum-sebelumnya. Tempat Wisata Air Terjun Kedabuhan masih berada di area Kabupaten Aceh Singkil. Hampir seperti rata-rata lokasi air terjun di Aceh yang masih sangat alami, Tempat wisata Air Terjun Kedabuhan pun demikian.

Nah, jika anda ada rencana untuk berlibur atau menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman, anda hanya perlu menuju Kecamatan Penanggalan, carilah rute menuju Desa Lae Ikan. Jika Anda dari pusat kota Subulussalam, maka jarak yang harus ditempuh adalah hanya sekitar 7 kilometer. Ambil jalur barat untuk bisa tiba di tempat ini apabila Anda memutuskan untuk menuju Sumatra Utara dan air terjun ini bisa dilihat dari sisi kanan jalan.

Air Terjun Suhom

Nah, bila anda sedang berkunjung ke daerah Aceh besar, Destinasi tempat wisata Air Terjun Suhom wajib berada di daftar destinasi liburan jelajah Anda. Letaknya yang terbilang dekat dari ibukota Aceh, Banda Aceh, akan semakin memudahkan setiap pengunjung untuk menjangkau lokasi.

Kurang lebih Anda akan menempuh 1 jam perjalanan untuk dapat tiba di air terjun ini karena medan yang ditempuh pun sangat bagus sehingga tidak akan ada masalah selama dalam perjalanan. Air terjun satu ini cukup populer sehingga tidak heran bila setiap hari libur tempat ini dipenuhi wisatawan yang ingin berelaksasi untuk menghlangkan beban dan pikiran.

Air Terjun Gunung Pandan

Wisata air terjun lainnya yang wajib anda masukkan ke daftar wisata air terjun yang wajib anda kunjungi adalah Tempat wisata Air Terjun Gunung Pandan. Pastinya tempat wisata Air Terjun Gunung Pandan ini akan memanjakan Anda selama di jelajahi tempat wisata air terjun di Aceh Keunikan dari tempat wisata Air Terjun Gunung Pandan ini adalah Air Terjun Gunung Pandan dengan banyaknya tingkatan yang dimiliki. Inilah salah satu air terjun yang menawarkan tantangan bagi Anda yang tidak sekedar berlibur dan menikmati pemandangan alam saja tapi juga yang memicu adrenalin. Terletak di Kabupaten Aceh Tamiang, area air terjun ini sendiri tidaklah jauh dari kawasan parkir yang berada di bawah tempat pemandian Gunung Pandan.

Meski demikian, pastikan Anda dan keluarga atau teman-teman anda mempersiapkan fisik yang prima sebelum memutuskan untuk berangkat ke tempat Wisata Air Terjun Gunung Pandan. Alasannya, karena untuk dapat menjapai lokasi tempat wisata air terjun Gunung Pandan ini Anda perlu menempuh waktu sekitar 45 menit dengan berjalan kaki dari area parkir. Kegiatan trekking ini memberi pelajaran bagi anda dan keluarga bahwa untuk mencapai tujuan bukan hanya memerlukan kesiapan fisik tapi kesabar juga diperlukan, dan disarankan untuk mengolesi kaki dengan garam lebih dulu sebab selama perjalanan pasti akan menjumpai lintah.

Air Terjun Blang Kolam

Tempat wisata Air Terjun Blang Kolam terletak di Kabupaten Aceh Utara, air terjun satu ini bisa membuat mata Anda terpukau dan terpesona dengan segala keindahanya. Datanglah Kecamatan Kuta Makmur, tepatnya di Desa Sidomulyo untuk dapat menikmati panorama Tempat Wisata Air Terjun Blang Kolam yang berada sekitar 21 kilometer dari pusat kota Lhokseumawe. Dengan tingginya yang mencapai 75 meter, para wisatawan akan terkagum-kagum akan panorama serta atmosfer menyenangkan ala pedesaan yang bakal menghibur anda dan keluarga. Sayangnya, fasilitas di tempat wisata seindah ini tidak dibarengi dengan pengadaan fasilitas penunjang seperti toilet umum dan pembatas jalan sehingga anda harus ekstra hati-hati dan waspada. waspadalah… waspadalah…!.

Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 2 ribu per orang sebagai biaya kebersihan obyek wisata ini.

Pengunjung yang membawa kendaraan sendiri perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5 ribu sampai 10 ribu per kendaraan.

Air Terjun Terujak

Tempat wisata air terjun di aceh yang satu ini jangan sampai ketinggalan. Tempat wisata Air Terjun Terujak yang bisa dikunjungi Anda yang siap menjelajahi kawasan Kabupaten Aceh Timur. Tempat wisata Air Terjun Terujak ini terletak di Kecamatan Serbajadi, tepatnya di Desa Terujak, tempat wisata air terjun Terujak ini memberikan kesejukan yang luar biasa bagi setiap wisatawan. Pemandangan air terjun bukanlah satu-satunya daya tarik karena Anda pun akan terkagum dengan “hiasan” pemandangan hutan alamnya yang cantik. Untuk menuju ke tempat wisata air terjun Terujak ini, anda bisa menggunakan sepeda motor dan juga bisa menggunakan mobil pribadi. Di lereng gunungnya menuju tempat wisata air terjun Terujak ini Anda dapat sejenak beristirahat sepuas mungkin karena ada sebuah pemandian air panas dengan sumber belerang dan ada juga tempat pemandian air dingin yang bisa dicoba.

Itulah beberapa tempat wisata air terjun yang indah di Aceh yang bukan hanya layak untuk masuk dalam daftar destinasi tempat wisata jelajah bertema back to nature, melainkan sangat recommended juga untuk segera dikunjungi. Lokasi-lokasi tersebut akan sangat sayang jika sampai dilewatkan selama anda berada di Aceh ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Apakah Pepaya Tumbuhan Asli Indonesia?
Apakah Pepaya Tumbuhan Asli Indonesia?

Pepaya, buah yang satu ini sudah sangat akrab bagi masyarakat Indonesia. Buah yang kaya vitamin dan mineral ini sangat dibutuhkan...

Nikmati Wisata Lengkap dan Seru Hanya di Floating Market Lembang Bandung

Nikmati Wisata Lengkap dan Seru Hanya di Floating Market Lembang Bandung - Bandung merupakan sebuah destinasi wisata yang banyak diminati oleh...

Close