Objek Wisata Ciung Wanara

By on January 25, 2017
Singgasana Raja Ciungwanara. Foto: @jelajahtasik

Situs Ciung Wanara – Satu lagi objek wisata di Jawa Barat yang kini banyak diminati oleh wisatawan dari segala penjuru adalah Objek Wisata Ciung Wanara atau biasa disebut sebagai objek wisata Karangkamulyan. Objek wisata ini merupakan peninggalan Kerajaan Galuh dan merupakan bagian dari cerita sejarah Ciung Wanara. Ciung Wanara merupakan adalah kisah kepahlawanan dari anak raja yang berjuang untuk meraih kembali haknya dan menjadi latar belakang dari kerajaan Galuh.

 Objek wisata Ciung Wanara terletak di Kabupaten Caimis tepatnya di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing. Objek wisata ini merupakan situs peninggalan yang terdapat di sebuah hutan dengan luas sekitar 25,5 hektar. Akan tetapi situs ini terletak di dekat jalan raya besar sehingga mudah dijangkau dari segala penjuru.

Objek Wisata Ciung Wanara 

Keunikan Objek Wisata Situs Ciung Wanara

Meskipun merupakan objek wisata sejarah, akan tetapi objek wisata Ciung Wanara merupakan objek wisata yang sudah tertata dengan rapi. Jika Anda berkunjung ke objek wisata ini maka di bagian depan Anda akan disambut dengan gerbang masuk Situs Ciung Wanara. Karena terletak di sekitar hutan maka tak heran jika objek wisata ini memiliki udara yang sejuk serta suasana yang asri sehingga memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Sebetulnya objek wisata ini memiliki beberapa objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat berkunjung ke Objek Wisata Situs Ciung Wanara ini. Objek wisata tersebut diantaranya Batu Pangcalikan, Leuwi Sipatahunan, Sanghyang Bedil dan Panabungan Hayam, Lambang Peribadatan, Cikahuripan, Batu Panyadandanan, Makam Sri Bhagawat Pohaci, Pamongkanan, Makam Adipati Panaekandan Fetur Parit serta benteng.

 Beberapa objek wisata tersebut dapat Anda temukan mulai dari pintu masuk menuju Situs Objek wisata Ciung Wanara. Setelah masuk pintu gerbang situs Anda akan menemukan lahan yang diberi pagar besi dan terdiri dari tiga halaman. Pada lahan tersebut terdapat batu berjajar sebanyak tiga buah batu datar yang merupakan batu andesit. Selain itu, terdapat batu Pangcalikan dan sekumpulan batu lainnya.

Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan melewati jalan tanah menuju ke arah timur maka Anda akan menemukan Leuwi Sipatuhanan, Panyabungan Hayam dan Situs Sanghayng Bedil. Leuwi Sioatuhanan tidak terdapat situs melainkan dianggap sebagai tempat ditemukannya bayi Ciungwanara. Situs Sanghyang Bedil juga merupakan susunan batu berbentuk sudut empat dan terdapat pula 2 batu panjang. Selain itu terdapat pula batu yang patah berbentuk senapan dan dinamakan sebagai Sangyang Bedil. Selain itu terdapat pula Panyabungan Hayam yang merupakan batu berbentuk melingkar.

Jika Anda melanjutkan perjalanan menuju jalan tanah ke arah utara dan belok ke timur maka Anda akan menemui batu peribadatan. Selain itu, menuju jalan tanah ke arah timur maka Anda akan menemukan Cikahuripan yang terdiri dari dua sungai kecil dan juga terdapat ruang mandi. Sebetulnya Situs Ciung Wanara Karangkamulyan dikelilingi oleh parit dan sebagian ditutup oleh semak. Selain itu, terdapat gundukan tanah yang juga merupakan benteng dan mengelilingi situs.

Fasilitas Yang Tersedia Di Situs Objek Wisata Ciung Wanara

Bagi Anda yang yang ingin mengunjungi objek wisata Situs Ciung Wanara ini maka tak perlu khawatir karena objek wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas yang masih tergolong lengkap. Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini diantaranya parkir yang luas, rumah makan yang menjajakan berbagai sajian kuliner lezat dan berjajar rapi di timur halaman parkir. Selain itu terdapat masjid yang cukup megah serta berbagai fasilitas penunjang lainnya sehingga membuat pengunjung semakin nyaman dan betah.

Itulah penjelasan mengenai berwisata budaya di Situs Ciung Wanara Karangkamulyan Ciamis. Penjelasan di atas diharapkan dapat memberikan informasi mengenai salah satu objek wisata menarik di Jawa Barat yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang berlibur ke Jawa Barat. Selain itu, objek wisata Situs Ciung Wanara ini merupakan wisata murah yang menyenangkan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Ingin Keindahan Pantai Terindah Di Jawa Barat? Jalan-jalan Ke Pantai Santolo Saja

Ingin Keindahan Pantai Terindah Di Jawa Barat? Jalan-jalan Ke Pantai Santolo Saja - Destinasi wisata Pantai Santolo merupakan pantai yang paling...

Menakjubkan, Eksotisnya Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang - Bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Jawa Barat maka jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah...

Close