Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Jawa. Selain memiliki berbagai macam komoditi hasil bumi yang ditawarkan oleh Jawa Tengah ini, ada juga komoditi-komoditi lain yang jadi primadona Provinsi ini. Salah satunya adalah Objek Wisata.

Diakui atau tidak, pariwisata ini menjadi salah satu roda penggerak ekonomi yang sekarang mulai digalakan di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Jawa Tengah. Untuk itu, kali ini sparklepush merangkum Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi di Jawa Tengah yang dapat kamu jadikan reverensi untuk liburan kamu minggu depan atau bahkan sekarang bila mungkin.

Borobudur merupakan salah satu destinasi tempat wisata nasional yang digandrungi oleh seluruh masyarakat Indonesia serta menjadai salah satu kebanggaan bangsa. Selain itu, Borobudur merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang jadi incaran para bule.

1. Candi Borobudur

Design Candi Borobudur yang sangat megah dan mewah ini menjadi icon Jawa Tengah bahkan icon pariwisata Nasional setelah Bali. Candi Borobudur merupakan tempat peribadahan pemeluk agama Budha. Sangkin megah dan mewahnya sehingga pantas apabila Candi Borobudur termasuk dalam 7 kejaiban dunia. Candi ini dinobatkan sebagai candi Budha terbesar di dunia sehingga mengundang para tourist baik domestic ataupun mancanegara untuk berkunjung ke Candi Borobudur. Karena nilai popularitas yang tinggi didukung dengan nilai-nilai sejarah dan budaya maka Candi Borobudur ini menjadi Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi di Jawa Tengah. Candi Borobudur berada di Magelang Jawa Tengah.

Di sekitar objek wisat Candi Borobudur terdapat banyak sekali akomodasi hotel dan resort, anda tinggal menggunakan smartphonemu untuk mencari di google atau tiket.com untuk mencari promo hotel terbaik jika anda tidak hanya ingin melihat-lihat Borobudur saja tapi sekaligus menikmati segala suasana yang ada di Candi Borobudur dan sekitarnya.

Kepulauan Karimun Jawa
Salah sata pemandangan yang sangat memukau dari kepulauan Karimun Jawa. Tentu, pemandangan seindah ini akan membuat anda betah berlama-lama disini

2. Kepulauan Karimunjawa

Sebagai pulau terluar dari Provinsi Jawa Tengah, Kepulauan Karimun Jawa memiliki nilai exotic yang tinggi. Pantai-pantai di pulau ini sangat indah dan memiliki ombak yang tenang. Uniknya pemandangan alam serta suasana yang tenang dan alam yang asri ini menjadikan Kepulauan Karimun Jawa sebagai Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Jawa Tengah.

Pengunjung yang ingin datang ke Kepulauan Karimun Jawa ini harus memperhatikan Jadwal kapal yang akan menuju ke kepulauan yang sangat indah di Jawa Tengah ini. Kapal yang datang untuk menjemput para penumpang tidak beroprasi setiap hari.

Selain menikmati pemandangan dan pantai pasir putih, kamu juga bisa menikmati indahnya kehidupan laut dengan diving dan snorkeling di sini. Jika Kabupaten Magelang Jawa Tengah memiliki icon Borobudur, maka Kabupaten Jepara punya icon Kepulauan Karimunjawa yang indah dan menawan bagi para pecinta wisata alam khususnya pantai dan laut.

Jangan khawatir soal ketersediaan kamar hotel. Banyak hotel di sekitar Karimunjawa sekarang. Untuk memperhemat biaya liburan, Anda bisa gunakan kesempatan promo hotel di beberapa hotel sekitarnya atau jika anda mau sempatkan beberapa waktu, coba kunjungi http://www.tiket.com/hotel banyak informasi promo hotel disini, anda tinggal cari saja.

Salah satu yang menarik di jogjakarta bukan hanya Gudeg dan budayanya saja. Candi Prambanan ini jadi salah satu tempat wisata budaya favorit para traveler lho.

3. Candi Prambanan

Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Jawa Tengah berikutnya adalah Candi Prambanan. Berbeda dengan design Candi Borobudur yang terdiri dari banyak stupa yang tersusun bertingkat tingkat serta memiliki stupa tertinggi dan terbesar pada bagian atas candi. Candi yang satu ini cenderung tidak memiliki stupa dan memiliki luasan yang lebih kecil namun tersusun meninggi.

Candi Prambanan berada diantara dua Provinsi yaitu Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ada Legenda yang menyertai didirikannya Candi Prambanan ini yaitu Legenda Roro Jonggrang.

Nah, selain Candi Prambanan ini merupakan salah satu Objek wisata paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah juga termasuk paling banyak hotel di sekitar candi. Ya, letaknya yang berbatasan dengan 2 provinsi ini membuatnya menjadi strategis, tak pelak jika banyak hotel yang menawarkan promo hotel mereka untuk mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Pemandian air panas Guci merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang letaknya ada di Kabupaten Tegal. Lokasinya yang berada di kaki gunung Slamet.

4. Taman Wisata Air Panas Guci

Tempat wisata alam pemandian air panas yang paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah adalah Taman Wisata Air Panas Guci.

Berada di Kabupaten Tegal yang lokasinya di bawah Gunung Tertinggi di Jawa Tengah ini menjadi Objek Wisata Paling Banyak dikunjungi di Jawa Tengah lantaran kesejukan dan keasrian alamnya serta mata air panas alami yang menjadi favorit bagi warga sekitar kabupaten Tegal dan daerah daerah lain di Indonesia. Berkunjung ke tempat wisata pemandian air panas ini tak lengkap rasanya jika tidak turut mandi di pemandian air panas terbuka. Selain pemandian air panas ada juga beberapa wahana yang bisa anda nikmati di sini.

Museum yang unik ini adalah tempatnya Kereta Api tua sejak masih menggunakan mesin uap. Bagi kamu yang suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan sejarah, tempat wisata Museum Kereta Api Ambarawa ini menjadi salah satu destinasi tempat wisata yang wajib anda kunjungi.

5. Museum Kereta Api Ambarawa

Anda pecinta Kereta Api? Kalau anda sudah pernah kesini, tak ada salahnya jika anda mengajak sanak saudara atau teman-teman se-hobby untuk berkunjung ke Museum Kereta Api di Ambarawa Jawa Tengah.Di zaman colonial, Stasiun Kereta Api di Ambarawa ini sangat popular. Seiring berkembangnya zaman, Stasiun ini kemudian tidak dipakai lagi alias tidak lagi beroperasi.

Karena memiliki nilai histories yang cukup tinggi akhirnya stasiun ini pun di museumkan. Di dalam museum ini terdapat berbagai koleksi unik yang berhubungan dengan kereta api, diantaranya adalah kereta uap yang digunakan zaman dulu, alat telegraph, telepon di era kolonial, perabot di era kolonial dan beberapa peralatan stasiun pada zaman itu. Tempat ini sangat cocok untuk berwisata keluarga dan dapat dijadikan untuk mengenalkan kepada anak kita tentang sejarah perkereta apian di Indonesia.

Akuarium Raksasa di Pantai Kartini Jawa Tengah. Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit para traveler. Akuarium Raksasa berbentuk kura-kura ini berada di Jepara Jawa Tengah.

6. Pantai Kartini

Pantai Kartini ini merupakan icon kedua Kabupaten Jepara setelah Kepulauan Karimunjawa-nya. Kekhasan atau keunikan pantai ini adalah adanya bangunan yang berbentuk Kura-kura Raksasa. Ini bukan sekedar bangunan monumental saja, ternyata didalam bangunan tersebut ada aquarium raksasa.

Fasilitas yang ada di pantai kartini antara lain, Penyewaan kapal motor untuk berkeliling sekitar pantai, kereta, area bermain dan beberapa permainan. Sebelum anda berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa, anda bisa datang kesini dulu sembari menanti keberangkatan Kapal yang akan menuju ke Kepulauan Karimunjawa.

Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang ini merupakan kebanggan seluruh umat islam yang ada di Jawa Tengah. Tempat ibadah umat Islam ini memiliki keunikan yaitu atapnya dapat dilipat seperti yang ada di masjid nabawi.

7. Masjid Agung Jawa Tengah

Desaign Masjid yang unik seperti koloseum namun bercampur dengan arsitektur arab serta tetap mempertahankan sisi ke-Jawa-annya Masjid Agung Jawa Tengah menjadi salah satu iconnya Kota Semarang yang jadi jantungnya Provinsi Jawa Tengah.

Keunikan lainnya adalah bangunan menaranya. Menara Masjid agung bukan sekedar menara biasa, didalamnya terdapat stasiun radio islam, museum, caffe dan teropong jarak jauh yang bisa kamu gunakan untuk melihat-lihat kota semarang dari ketinggian.

Keraton Surakarta merupakan salah satu pusat kenudayaan Jawa yang ada di Jawa Tengah. Keraton ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi karena berkaitan dengan kerajaan-kerajaan yang ada di Jawa Tengah.

8. Keraton Surakarta

Objek wisata budaya yang paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah berikutnya adalah Keraton Surakarta. Keraton ini merupakan sebuah peninggalan Kerajaan Mataram yang dahulu pernah memiliki kendali penuh di atas tanah Jawa.

Yang bisa dinikmati di objek wisata ini adalah pengenalan budaya Jawa disertai dengan beberapa peninggalan yang memiliki nilai sejarah pada masa kerajaan Mataram. Jika anda datang bertepatan pada bulan suro, anda bisa menikmati pemandangan acara suronan dan peringatan-peringatan hari besar Islam ala Jawa disini.

Grojogan Sewu adalah air terjun yang berada di Tawangmangu. Tempat wisata ini menjadi favorit para traveler karena keindahan yang sangat memukau

9. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Jawa Tengah.

Objek Wisata ala mini sejatinya sebuah Air Terjun yang tercurah dengan derasnya karena memiliki debit air yang sangat tinggi, itulah kenapa masyarakat sekitar menamainya dengan Grojogan bukan Curug seperti nama-nama air terjun yang ada di daerah-daerah bagian barat Provinsi Jawa Tengah.

Disini anda bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk dan asri. Eh, awas! Ternyata yang banyak berkunjung ke Objek Wisata Ala mini bukan hanya orang tapi ada juga kawanan kera liar yang berkeliaran disini. Hati-hati selama di Grojogan Sewu agar barang bawaan anda tidak dicuri oleh kera-kera ini.

Demikianlah rangkuman Objek Wisata Paling Banyak Dikunjungi Di Jawa Tengah pada pembahasan Jalan-Jalan kali ini. Sebenarnya masih banyak sekali objek wisata yang ada di Jawa Tengah yang belum ter-expos oleh media. Semoga rangkuman ini dapat membantu anda dalam memilih lokasi berlibur kali ini.