Pesona Keindahan Goa Buniayu, Jawa Barat – Apa yang terbesit dalam pikiran Anda saat mendengar kata ‘goa’? Apakah sebuah tempat besar berlubang dengan bahan seperti batu dan memiliki lorong? Ataukah justru Anda teringat dengan stalaktit dan stalakmit yang biasanya muncul dengan indah disertai dengan tetesan air? Atau justru sebuah tempat gelap, lembab, dan menyeramkan seperti pada film?

Ya, memang semua gambaran tersebut tak ada salahnya jika dikembalikan pada masing-masing diri Anda, sebagaimana persepsi yang dimiliki. Namun, belum tentu sebuah goa akan terasa sangat gelap dan menyeramkan, sehingga membuat Anda terpaksa untuk menghindari datang atau bahkan sebatas melihatnya melalui media secara tak langsung.

Sudah banyak goa yang dijadikan tempat wisata di berbagai wilayah Indonesia. Tak hanya itu, di luar negeri pun hal yang sama juga terjadi. Namun, kali ini kita akan menilik sejenak, membahas dan mengupas salah satu goa yang terdapat di daerah Jawa Barat. Tempat tersebut bernama Goa Buniayu. Penasaran dengan ulasannya? Mari kita bahas bersama-sama.

Pesona Keindahan Goa Buniayu Jawa Barat
Pesona Keindahan Goa Buniayu Jawa Barat

Lebih Dekat Goa Buniayu

Apakah Anda pernah mendengar apa pun yang berhubungan dengan Goa Buniayu? Tempat wisata ini terletak di Desa Kertangsana, Kecamatan Nyalindung, Jawa Barat. Tempat ini diberi nama Buniayu berdasarkan arti dari beberapa kata dalam Bahasa Suda. ‘Buni’ dan ‘ayu’ yang berarti ‘kecantikan yang tersembunyi’.

Mungkin Anda merasa penasaran mengapa tempat tersebut diberi nama Goa Buniayu. Padahal setiap goa memiliki ciri khas yang sama. Tak jauh berbeda antara satu dengan yang lain. Benar begitu, bukan?

Jika Anda penasaran dengan mengapa tempat ini diberi nama Goa Buniayu, jawabannya adalah karena untuk sampai ke sana, setiap orang harus menuruni medan vertikal sedalam 25 m dengan menggunakan tali dari mulut goa. Tak hanya itu, untuk mengunjungi goa terbesar di Jawa Barat ini Anda juga harus melewati 3 km goa secara horizontal.

Sampai sekarang, sudah ada beberapa goa yang berada di sekitar Goa Buniayu yang sudah berhasil dipetakan. Beberapa di antaranya yaitu Goa Kole, Goa Bibijilan, Goa Idnin, Goa Nyangkut Kubang Lanang, Goa Adni, Goa Gede, Goa Bisoro, Goa Tanpa Nama, Goa Karsim, serta Goa Cipicung.

 

Akomodasi Menuju Goa Buniayu

Anda tak perlu merasa khawatir dengan akomodasi yang ada di Goa Buniayu. Tempat ini telah menyediakan saung-saung kecil yang bisa dipergunakan untuk menginap. Tak hanya itu, juga terdapat saung dalam ukuran besar yang bisa memuat sekitar 20 orang. Di sana, juga disediakan toilet dan Musholla sebagai fasilitas pemenuh kebutuhan Anda.

Selain ketersediaan saung, jika Anda ingin lebih akrab dan dimanjakan oleh nuansa alam, di Goa Buniayu juga disediakan tenda-tenda kecil pada camp site yang telah disediakan. Untuk kebutuhan makan, Anda bisa memasak sendiri atau membeli masakan yang dibuat oleh penduduk sekitar untuk memenuhi kebutuhan sarapan dan makan siang.

 

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Goa Buniayu

Anda tak perlu merasa khawatir dengan kunjungan ke Goa Buniayu. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menikmati keindahan goa

Di bagian dalam Goa ini, terdapat pemandangan indah hasil bentukan alam yang dapat Anda nikmati. Ornamen-ornamen goa dapat membuat Anda kagum dengan hasil dari proses pembentukannya yang terjadi ribuan tahun lamanya.

  1. Gerbang vertikal

Dengan adanya gerbang vertikal pada tempat wisata ini, Anda dapat menikmati sensasi caving sepanjang 3 km. Sebab, jarang sekali goa di Indonesia yang memiliki gerbang vertikal. Sambil melakukan caving, Anda pun dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit seperti goa-goa pada umumnya.

Fewtured Image By @sukabumijourney

%d bloggers like this:
Read more:
Tomat itu buah atau sayur?
Tomat Itu Buah atau Sayur? KBBI Menjawab…!

Tomat itu buah atau sayuran? Nah berikut Artikel yang membahas pertanyaan apakah tomat itu buah atau sayuran.

Silakan Pilih 3 Cara Mendapatkan Hotel dengan Harga yang Murah

Banyak sekali hotel yang dibangun di sekitar tempat wisata. Sayangnya, semakin banyak hotel, kita sebagai konsumen semakin bingung mencari mana...

Close