Situ Lengkong Panjalu Ciamis dan Keistimewaannya

Situ Lengkong Panjalu Ciamis dan Keistimewaannya – Jawa Barat merupakan sebuah provinsi yang memiliki banyak objek wisata menarik salah satunya yang terletak di Ciamis. Objek wisata yang terletak di Ciamis ini adalah Situ Lengkong Panjalu. Situ Lengkong Panjalu Ciamis ini tepatnya berada di perbatasan Kabupaten Majalengka  dengan Kuningan. Situ Lengkong Panjalu Ciamis ini juga ditetapkan sebagai cagar alam sesuai Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

 Keistimewaan yang Dimiliki Situ Lengkong Panjalu Ciamis

Situ Lengkong Panjalu ini merupakan salah satu wisata alam yang banyak diminati oleh wisatawan yang berasal dari Ciamis maupun wilayah lainnya. Luas danau ini sekitar 9,25 hektar dan terdapat pulau kecil di tengah danau. Pulau di tengah Situ Lekong Panjalu ini disebut sebagai Nusa Larang.

Danau ini terletak di wilayah perbukitan yang dijamin akan membuat wisatawan merasakan sensasi alam yang sejuk dan asri. Selain itu, Danau ini juga terletak dekat dengan makam anak Borosngora atau biasa disebut sebagai Prabu Hariang Kancana.

Situ Lengkong Panjalu Ciamis
Keindahan Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Destinasi tempat wisata yang populer di Jawa Barat.

Jika dilihat dari letaknya, Situ Lengkong Panjalu terletak di ketinggian 70 meter dpl. Objek wisata ini merupakan wisata alam yang dipadukan dengan wisata sejarah. Tiba di Situ Lengkong Panjalu Ciamis ini Anda akan dimanjakan  oleh pemandangan alam yang sangat indah karena terdapat pepohonan yang rindang dan sejuk. Untuk menikmati keindahan alam ini wisatawan dapat berkeliling sambil menaiki perahu yang disediakan oleh para pengelola wisata Situ Lengkong Panjalu.

Selain bisa menikmati keindahan danau dari atas perahu, wisatawan juga diajak untuk mengelilingi pula Nusa Larang yang terapat di tengah danau. Udara di sekitar danau juga sangat sejuk khas pegunungan yang membuat wisatawan bisa merasa lebih tenang dan bisa melepas penat. Tentu saja hal ini sangat banyak dicari oleh wisatawan yang ingin terbebas sejenak dari rutinitas pekerjaan dan polusi udara di kota. Dengan kondisi alam inilah maka banyak wisatawan yang merasa betah dan nyaman berlama-lama di Situ Lengkong Panjalu Ciamis.

Selain berwisata alam menikmati keindahan danau, wisatawan juga bisa berwisata sejarah dengan berziarah ke makam Prabu Hariang Kancana. Makam tersebut terletak di Nusa Larang sehingga wisatawan bisa datang ke makam dengan menyeberangi danau terlebih dahulu. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati wisata sejarah sambil mengunjungi Musium Bumi Alit. Musium ini menyimpan benda-benda purbakala serta berisi benda peninggalan Raja Panjalu terdahulu.

 Mitos Situ Lengkong Panjalu

Selain memiliki pesona keindahan alam dan tempat ziarah yang menarik wisatawan, danau ini memiliki mitos yang membuat banyak orang semakin penasaran dengan kebenaran mitos tersebut. Mitos yang berkembang di objek wisata ini adalah konon air danau ini berasal dari tetesan air zam-zam yang dibawa oleh anak Raja Panjalu. Anak Raja Panjalu ini menuntut ilmu di Mekkah kemudian diminta oleh gurunya untuk membawa air zam-zam dengan keranjang yang berlubang.

Setelah sampai di Panjalu, kemudian air zam-zam tersebut harus ditumpahkan ke sebuah lembah yang disebut sebagai Lembah Pasir. Dari situlah maka tiba-tiba air tersebut berubah menjadi banyak hingga membentuk sebuah danau yaitu Situ Lengkong Panjalu Ciamis.

Fasilitas Situ Lengkong

Jika Anda berminat berkunjung ke objek wisata Situ Lengkong Panjalu Ciamis maka tak perlu khawatir karena objek wisata ini telah memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas tersebut diantara tempat parkir yang luas, toilet bersih, perahu, masjid, serta banyak kios yang menjual aneka oleh-oleh dan souvenir khas Situ Lengkong Panjalu Ciamis.

Itulah penjelasan mengenai wisata alam sambil berziarah di Situ Lengkong Panjalu Ciamis. Berdasarkan penjelasan di atas kini Anda bisa menjadikan Situ Lengkong Panjalu Ciamis sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Barat. Dengan keindahan alam dan fasilitas yang disediakan maka objek wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi untuk mengisi waktu berlibur Anda bersama keluarga maupun rekan Anda.