Green Canyon

Tahukah anda? Kini indonesia Memiliki Pesona Indah Grand Canyon Layaknya Di Amerika

Tahukah anda? Kini indonesia Memiliki Pesona Indah Grand Canyon Layaknya Di Amerika – Kalau berbicara mengenai eksotika alam wisata Grand Canyon yang ada di Amerika, pastinya akan membuat anda melongo.

Tapi kalau kamu melongo jangan sampai kelewat alay seperti gambar unik perpaduan dua binatang seperti di bawah ini ya… 😀

Lihat tuh, mlongonya kelewatan.

Mungkin seperti ini mlongonya klepusher alay. Image by brilio.net

Grand Canyon punya pesona yang terbentuk dari keindahan tebing serta jurang yang terjal.

Dan karena Keindahan inilah pemerintah Amerika Serikat menetapkan dan memutuskan Grand Canyon sebagai Taman Nasional.

Lihat aja gambar berikut ini. Keindahan alamnya akan menghipnotis setiap pengunjung yang datang ke lokasi tempat wisata ini.

Kalau diterjemahkan, Grand Canyon artinya Ngarai Besar. Sebenarnya ini adalah sungai Colorado yang ada di Arizona, Amerika Serikat. Image Source: Unsplash.com by Caleb Jones

Benarkah kini ada tempat wisata yang 11:12 dengan Grand Canyon di Indonesia? Coba lihat perbandingan dua gambar Green Canyon vs Grand Canyon di bawah ini.

Pesona Indah Green Canyon
Bandingkan foto berikut, jika terlihat mirip berarti kamu benar tapi jika dibilang sama, kayaknya kamu klepusher minim piknik. Image source: entertainmentgeek-jimmy.blogspot.co.id

Namun, bagi anda yang ingin menikmati keindahan yang semacam itu, kini saatnya anda tidak perlu lagi terbang ke Amerika Serikat, karena anda akan mendapati keindahan alam yang tidak kalah menarik di Green Canyon, Jawa Barat.

Dikenal dengan istilah Cukang Taneuh, Green Canyon yang ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ini merupakan lokasi wisata yang akan menyajikan pemandangan alam dengan air sungai yang jernih serta vegetasi di tebing yang sangat mengagumkan.

Lokasi wisata yang pada awalnya ditemukan oleh seorang turis Prancis pada tahun 1993 ini memiliki jarak setidaknya 31 km dari Kota Pangandaran. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh ini, maka Green Canyon telah banyak dijadikan sebagai destinasi wisata di wilayah Jawa Barat.

Rute Perjalanan ke Lokasi

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan lokasi wisata Green Canyon ini, maka anda bisa memulai perjalanan dari kota Bandung. Untuk pertama kalinya, anda bisa menaiki bus yang akan mengantarkan anda ke terminal Pangandaran. Setelah itu, dengan menggunakan mini bus, anda bisa pergi kea rah terminal Cijulang dan pada akhirnya, perjalanan ke lokasi wisata tersebut bisa anda lanjutkan dengan ojek ataupun mobil yang anda sewa.

Sedangkan untuk anda yang ingin menuju ke Green Canyon ini, maka perjalanan anda akan dilanjutkan dari dermaga Ciseureuh dengan perjalanan setidaknya selama 30-45 menit dengan memanfaatkan perahu kayu yang dikenal dengan sebutan Ketinting.

Untuk menaiki perahu ini, maka anda akan dikenakan biaya setidaknya Rp 75,000 dengan jumlah penumpang 5 orang dan jam pelayanan 07.30 hingga 16.00 WIB. Dengan memanfaatkan perahu ini, maka anda akan dibawa untuk mengagumi pesona alam keindahan tebing dengan vegetasinya yang sangat mempesona.

Ragam Aktivitas Di Lokasi Wisata Green Canyon

Saat anda telah berada di tempat wisata ini, maka ada banyak ragam kegiatan yang siap menanti anda. Selama perjalanan menyusuri sungai ini, pastikan anda membawa kamera yang anti air, pasalnya anda akan bersentuhan langsung dengan air sembari berfoto selfie. Tidak hanya itu saja, dengan pesona alam yang mengagumkan ini, anda juga bisa berenang sembari menikmati beragam jenis ikan yang berenang dengan bebas di bawah air yang sangat jernih.

serunya lompat dari ketinggian tebing di Green Canyon
Melompat dari ketinggian. Salah satu aktivitas yang paling seru di Green Canyon adalah lompat dari ketinggian tebing yang bervariasi. Hal ini tentunya harus didamping sama profesional yah biar tidak terjadi hal yang diluar keinginan. Foto: @hayatullah_khumaeni

Bahkan, lebih menarik lagi, selama di lokasi wisata Green Canyon ini, anda juga bisa mendapati keindahan stalagtit dan stalagmite yang menjulang  di pinggiran tebing dengan tetesan air yang abadi. Selain itu, anda juga bisa menjajal kegiatan yang memacu adrenalin anda seperti halnya panjat tebing batu dengan ketinggian yang mencapai 5 meter. Sedangkan untuk anda yang menyukai aktivitas memancing, anda bisa melakukannya di lokasi wisata Green Canyon ini dari atas Ketintang.

Body Rafting dan Selfi atau groufie adalah kegiatan paling banyak dilakukan oleh para pengunjung Tempat Wisata Alam Green Canyon
Body Rafting dan Selfi atau groufie adalah kegiatan paling banyak dilakukan oleh para pengunjung Tempat Wisata Alam Green Canyon. Foto: @purple_tri

Dari sekian banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di lokasi Green Canyon ini, hal unik dan menarik yang menjadi incaran wisatawan adalah body rafting. Kegiatan penelusuran aliran air ini akan memanjakan wisatawan dengan segarnya dan jernihnya air sungai yang diapit oleh tebing tersebut.  Namun, jangan lupa untuk merogoh uang sebesar Rp 150,000 – Rp 250,000 untuk merasakan sensasi body rafting ini. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba terjun dari ketinggian tebing 9 meter yang pastinya akan sangat menyenangkan.

Pesona indah Green Canyon di Jawa Barat merupakan destinasi wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Dengan aliran air yang jernih serta tebing tinggi yang dipenuhi dengan vegetasi serta ragam kegiatan yang sangat menantang adrenalin merupakan hal menarik yang patut untuk dicoba. Oleh sebab itu, segera kunjungi lokasi wisata tersebut dan rasakan sensasinya.