Tempat Wisata di Brebes Yang Menantang Nyalimu

Tempat Wisata di Brebes Yang Menantang NyalimuRanto Canyon bukan tempat wisata santai ria sob. Itula kenapa sparklepush.com sajikan informasi tempat wisata di Brebes yang menantang Nyalimu. Rangkuman tempat wisata berikut bisa dibilang diperuntukkan bagi kamu yang suka hal-hal yang menantang seperti arung jeram, lompat dari ketinggian, treking, dan aktifitas lain yang lebih banyak menguras adrenalin dibanding sekedar duduk santai tertelan oleh perasaan. Jangan BAPER! Tempat wisata ini memang diperuntukkan bagi mereka yang suka petualangan dan pencari hal-hal baru yang bisa didapat selama hidupnya.

Ranto Canyon merupakan salah satu tempat atau objek wisata unggulan. Tempat ini berada di daerah Brebes Selatan yang memang memiliki bentuk lahan pegunungan. Wajar saja bila disini terdapat sebuah tempat wisata yang mirip dengan Green Canyon di Jawa Barat.

Terjun Bebas di Ranto Canyon
Ekspresi Pengunjung Ranto Canyon terjun dari tebing batu yang tinggi. Hanya yang punya nyali aja yang bisa melakukannya. Foto dari instagram Ranto_Canyon

Untuk menuju obyek wisata Ranto Canyon kamu harus menuju ke Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes. Dari Jantung Kabupaten Brebes kamu perlu menghabiskan waktu perjalanan hingga 2.5 Jam. Lama banget yah? Memang! Karena tidak ada jalan lain selain harus menempuh jalan Brebes – Purwokerto.

Gardu Pandang Ranto Canyon
Gardu Pandang. Spot Selfie Lovers yang difasilitasi oleh Karang Taruna Setempat. Foto dari Instagram Ranto_Canyon

Objek atau tempat wisata di Kabupaten Brebes berikutnya adalah Curug Putri. Meskipun hanya sebuah air terjun – curug bahasa lokal – tapi untuk menuju ke tempat ini butuh nyali juga.

Untuk menuju ke lokasi tempat wisata Curug Putri ini kamu harus lewat jalur jalan Tegal – Purwokerto. Sesampainya di POM Bensin SAKALIBEL berhentilah sejenak dan carilah pertigaan dekat Pom Bensin tersebut yang menuju ke arah desa Sirampog. Kamu bisa bertanya ke Tukang Ojek atau petugas SPBU. Jika sudah melanjutkan perjalanan ke Sirampog, sampailah diperempatan. Dari sini kamu bisa menanyakan dimana letak Curug Putri. Sayangnya untuk menuju ke Curug Putri harus ditempuh dengan jalan kaki sekitar setengah kilometer. Jadi disinilah nyali kamu diuji.

Tempat Wisata Curug Putri Sirampog Brebes
Curug Putri Sirampog Brebes. Sebuah Air Terjun yang konon menurut cerita rakyat jadi tempat nongkrongnya para Bidadari. Foto dari pmbsjaya.wordpress.com

Ngobrolin soal Tracking, masih ada nih tempat atau objek wisata yang menurut kamu nggak cuma santai ria saja. Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes. Inilah salah satu ekowisata yang jadi andalannya kabupaten Brebes yang pernah di kunjungi sama Pak. Mantan Menteri ESDM, Bpk. Sudirman Said yang ternyata orang mBrebes juga loh.

Kawasan hutan mangrove Kaliwlingi Brebes ini sebenarnya dulu adalah tambak milik warga yang terkena bencana abrasi. Ratusan hektare tambak ikan menghilang ditelan abrasi.

Tracking di Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes
Gerbang Masuk Tempat wisata di Brebes Hutan Mangrove Kaliwlingi. Foto dari seputarsemarang.com

Ditengah keputus-asaan para penduduk ini menggerakan hati Bpk Mashadi yang sangat cinta sekali dengan tanah kelahirannya itu. Alhirnya dibantu juga oleh lurah setempat, Mashadi berhasil menanam benih pohon bakau atau mangrove untuk dijadikan hutan mangrove dan sekaligus melindungi tambak dari serangan abrasi di kemudian hari.