7 Tempat Wisata Populer Semarang Selain Lawang Sewu

By on March 31, 2017

7 Tempat Wisata Populer Semarang Selain Lawang Sewu – Tempat wisata populer di Semarang memang sangat banyak. Yang paling sering disebut adala Lawang Sewu. Sebuah gedung peninggalan para penjajah yang pernah bercokol di Indonesia.

Selain Lawang Sewu yang merupakan tempat atau bangunan bersejarah juga terdapat tempat wisata lain yang popularitasnya sudah terlebih dulu ngetop. Sebut saja Simpang Lima Semarang, Museum, Komplek bangunan peninggalan Belanda.

Nah, berikut ini kami rangkum 7 tempat wisata populer yang perlu anda masukkan ke dalam daftar kunjungan anda selama liburan berlangsung sehingga memudahkan anda dalam perencanaan yang lain seperti budgeting dan akomodasi.

1. Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo merupakan objek wisata populer di Semarang. Candi ini adalah warisan atau peninggalan masyarakat di zaman dahulu ketika mayoritas penduduk semarang tempo dulu banyak menganut agama Hindu.

Candi Gedong Songo - 7 Tempat Wisata Populer Semarang Selain Lawang Sewu

Candi Gedong Songo – 7 Tempat Wisata Populer Semarang Selain Lawang Sewu. Gambar telusurindonesia.com

Candi Gedong Songo sendiri merupakan sebuah komplek candi yang mana ada 9 candi di sini. Wah, beda yah dengan candi Borobudur Magelang yang hanya terdiri dari 1 candi saja dan bangunannya lebih besar.

Candi Gedong Songo ini selain memiliki nilai sejarah juga memiliki settingan alam yang sangat indah. Letaknya yang berada di dataran tinggi Ungaran, Semarang menyajikan hawa sejuk pegunungan yang sangat cocok untuk dijadikan liburan keluarga.

Selain Candi Gedong Songo, disekitar komplek candi juga ada kepulan asam belerang, pemandian air panas belerang.
Hotel dan penginapan di sekitar candi pun sudah ada. Ya, walaupun hotel sekelas bintang 1, tapi fasilitasnya tidak begitu mengecewakan.

Tertarik berlibur ke Candi Gedong Songo? Segera rencanakan.

2. Klenteng Sam Po Kong
Klenteng Sam Po Kong sangat berkaitan dengan seorang tiongkok yang beragama islam yaitu Laksamana Cheng Ho.

Klenteng Sam Po Kong - 7 Tempat Wisata Populer Semarang Selain Lawang Sewu

Klenteng Sam Po Kong – 7 Tempat Wisata Populer Semarang Selain Lawang Sew. Foto lastrisulas.blogspot.com

Klenteng ini merupakan sebuah petilasan atau sebuah persinggahan Laksamana Cheng Ho yang beragama islam. Ciri yang paling menonjol dari keislaman tersebut yaitu dengan adanya tulisan yang berbunyi “Marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al-Qur’an”.

Untuk menuju ke Klenteng Sam Po Kong ini anda harus ke daerah Simongan, Semarang yang posisinya berada di sebelah barat daya Kota Semarng.

Mengapa Laksamana Zheng He / Cheng Ho bisa sampai semarang?
Konon, ceritanya, Sang Laksamana ini sedang barlayar dan melewati laut jawa. Sayangnya pada saat melintasi Laut Jawa ini, para ABK (Anak Buah Kapal) mengalami sakit.

Karena keadaan yang dirasa genting, akhirnya Laksamana Cheng Ho pun memerintah anak buahnya untuk merapat. Singgahlah mereka dan mendirikan sebuah masjid (sekarang jadi Klenteng).

Karena harus melanjutkan perjalanan, Laksamana Cheng Ho pun harus meninggalkan persinggahannya itu. Namun ada banyak awak kapal yang memutuskan untuk tinggal di Semarang dan menikahi orang pribumi.

Mungkin itulah yang menyebabkan Semarang memiliki budaya yang terdapat unsur etnis Tionghoa. Salah satu karya budaya percampuran ini adalah masakan / jajanan khas Semarang, Lunpia. Jadi selain Lawang Sewu, ini dia tempat wisata populer semarang yang perlu kamu tahu.

3. Goa Kreo Semarang
Goa Kreo merupakan salah satu kawasan wisata andalan Semarang dan juga salah satu dari 7 tempat wisata populer Semarang yang perlu kamu datangi.

Goa Kreo Semarang

Goa Kreo merupakan salah satu tempat wisata populer Semarang yang tidak boleh terlewatkan oleh anda. Foto pecintakaldera.blogspot.com

Lokasinya bisa ditempuh dari Tugu Muda menuju ke UNNES kampus Sekaran Gunungpati. Ya, bisa lewat sini. Lanjutlah perjalanan menuju Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri.

Sesampai di sana, anak tangga yang cukup banyak dan curam siap menantang stamina Anda.

Selain itu, ada “teman” lain yang bisa mendampingi anda. Ya, di sekitar Goa Kreo Semarang ini memang dipenuhi oleh kawanan kera. Inilah asyiknya. Anda bisa berbagi makanan bersama satwa yang relatif jinak ini.

Adanya kera atau monyet yang dianggap sebagai penunggu dan cerita tentang Sunan Kali Jaga (salah satu daru 9 Wali) membuat tempat wisata ini populer di Semarang. Inilah salah satu pilihan tempat liburan di semarang yang tidak boleh anda lewatkan.

4. Puri Maerokoco
Puri Maerokoco disebut-sebut juga sebagai tempat wisata populer semarang. Alasannya karena banyak yang menanggap tempat wisata ini sebagai TMII-nya Jawa Tengah.

Puri Maerokoco Semarang - 7 Tempat wisata populer Semarang selain Lawang Sewu

Puri Maerokoco Semarang – Sebuah destinasi tempat wisata populer di Semarang yang menampilkan wajah-wajah seluruh kabupten/kota Jawa Tengah. Foto jawarentcar.com

Lha, kok bisa?

Iya, karena disini terdapat “wajah” 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa tengah.

Selain difungsikan sebagai ajang promosi antar kabupaten/kota se Jawa Tengah, Tempat wisata populer Semarang ini juga seirng diadakan event dan juga sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata Puri Maerokoco? Anda bisa arahkan perjalanan menuju Tawangmas Semarang.

Nah, bagi kamu yang datang ke Semarang naik pesawat, tempat ini juga tidak terlalu jauh dari Bandara Ahmad Yani.

5. Taman Lele Semarang
Namanya unik, Taman Lele Semarang. Apakah memang terdapat banyak ikan lele di taman ini?

Datang saja kesini di Jalan Walisongo KM 10 Kecamatan Ngaliyan Semarang. Lokasi Taman Lele Semarang ini berada dekat dengan jalur Pantura sehingga mudah sekali ditemukan.

Kampung Wisata Taman Lele Semarang merupakan tempat wisata populer Semarang yang menjadi tempat wisata favorit. foto wisatajateng.com

Kampung Wisata Taman Lele Semarang merupakan tempat wisata populer Semarang yang menjadi tempat wisata favorit. foto wisatajateng.com

Apasajakah yang bisa anda nikmati disini?

Panorama alam yang asri bisa kamu nikmati disini. Meskipun ada danau-danauan (maksudnya danau buatan), cukup asyik dan menyenangkan juga jika anda ke tempat wisata ini bersama keluarga.

Ajak saja si kecil basah-basahan di kolam renang. Atau anda bisa asyik berpiknik ria di taman.

Anak-anak biasanya antusias dengan hal-hal baru seperti ingin mengetahui berbagai jenis binatang dan namanya. Nah, disini (Kampung Wisata Taman Lele Semarang) juga terdapat kebun binatang mini yang bisa memberikan edukasi kepada anak-anak anda tentang dunia binatang.

6. Wisata Eling Bening
Tempat wisata Eling Bening ini tergolong baru dibanding dengan Lawang Sewu, Klenteng Sam Po Kong bahkan Candi Gedong Songo.

Tempat Wisata Eling Bening Ambarawa Semarang Jawa Tengah - Selain pemandangan alam yang menawan, kamu juga bisa nikmati beberapa fasilitas lain di Eling Bening yang tidak membosankan. Foto smarttravelid.blogspot.co.id

Tempat Wisata Eling Bening Ambarawa Semarang Jawa Tengah – Selain pemandangan alam yang menawan, kamu juga bisa nikmati beberapa fasilitas lain di Eling Bening yang tidak membosankan. Foto smarttravelid.blogspot.co.id

Tempat wisata Eling Bening ini masih kinyis-kinyis (Bahasa Ngapak Brebes: benar-benar baru). Meskipun baru, tempat wisata yang menampilkan keindahan Rawa Pening ini popularitasnya bisa dibilang meroket.

Untuk menuju ke lokasi tempat wisata Eling Bening ini kamu harus menuju terminal Bawen terlebih dulu. Tetap lurus saja hingga anda jumpai lampu merah. Di sebelah kiri jalan tak jauh dari lampu pengatur lalu lintas ini ada jalan Kartini. Ikuti saja terus jalan Kartini ini sebab lokasi Wisata Eling bening ini tak jauh dari jalan karitini ini kok.

Beberapa fasilitas di Tempat Wisata Eling bening dapat kamu nikmati antara lain Restoran, Kolam Renang, Meeting Room, Tempat Outbound dan bumi perkemahan juga ada.

Bagi yang suka seru-seruan, kamu juga bisa nikmati tegangnya dan asyiknya bermain flying fox di sini, tracking area, children play ground pun sudah disediakan. Nikmat bukan?

7. Cimory Semarang
Cimory Farm Semarang sebenarnya letaknya berada di Jl. Soekarno Jatta KM 30 Bawen, Ungaran Kab. Semarang.

Tempat Wisata Cimory Semarang sangat populer dengan menyajikan berbagai olahan makanan yang berbahan dasar susu.

Tempat Wisata Cimory Semarang sangat populer dengan menyajikan berbagai olahan makanan yang berbahan dasar susu. Foto blog.mamikos.com

Ungaran memang dataran tingginya Semarang yang menawarkan keasrian alam dengan berbagai tipenya.

Salah satunya yang populer adalah Cimory Farm Ungaran ini.

Pesona alam Ungaran semarang memang tidak diragukan lagi. Apalagi ditambah dengan Cimory yang menyajikan berbagai masakan dan minuman olahan dari susu. Tentunya akan menambah nikmat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga disini.

Ini tentunya akan menjadi tempat yang asyik untuk piknik bareng keluarga yang perlu kamu masukkan ke daftar kunjungan kamu berikutnya.

Nah, demikianlah 7 tempat wisata populer Semarang yang bisa dijadikan rujukan untuk berwisata selain dari tempat-tempat yang sudah terpopuler seperti Lawang Sewu, Kota Lama dan yang lainnya yang tentunya masih ada yang perlu ditambahkan kedepannya.

Rangkuman 7 Tempat wisata populer Semarang ini bisa berubah sewaktu-waktu dan urutan nama tempat wisata yang disebutkan di atas tidak berkaitan dengan tingkat nilai popularitas suatu objek atau tempat wisata populer di Semarang.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Read more:
Pesona Keindahan Goa Buniayu Jawa Barat
Pesona Keindahan Goa Buniayu Jawa Barat

Pesona Keindahan Goa Buniayu, Jawa Barat - Apa yang terbesit dalam pikiran Anda saat mendengar kata ‘goa’? Apakah sebuah tempat besar...

3 Alasan Villa Umah Tampih Menjadi Recommended

Sebagai salah satu destinasi wisata primadona dunia, bali menawarkan berbagai hal yang memanjakan. Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya mengenai...

Close